Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Pembicara: Pdt. Dadang
Mazmur 103: 8-10
103:8 TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabardan berlimpah kasih setia.
103:9 Tidak selalu Ia menuntut, dan tidak untuk selama-lamanya Ia mendendam.
103:10 Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita,

TUHAN ADALAH PANJANG SABAR DAN MURAH HATI. 

2 Petrus 3: 9
3:9. Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Maksud dari panjang sabar kemurahan Tuhan adalahTuhan menghendaki supaya jangan ada yang binasa melainkan semua orang berbalik dan bertobat sehingga terbebas dari hukuman.

Amos 3: 7
3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.

Bukti Tuhan berikan panjang sabar bagi kita yaituTuhan selalu menyatakan keputusanNya kepada hamba-hambaNya yaitu kepada para nabi terlebih dahulu sebelum Tuhan berbuat sesuatu (menghukum) kepada manusia berdosa.

Nabi itu menunjuk nubuat. Artinya adalah panjang sabar Tuhan sekarang adalah lewat Firman nubuat (Firman yang dibukakan rahasianya untuk menyatakan kesalahan, menegor dan menasihati kita).

Jadi, kalau firman menegor kita artinya panjang sabar kemurahan Tuhan masih berlaku atas kehidupan kita.

Ibrani 12: 5-8
12:5 Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;
12:6 karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."
12:7 Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?
12:8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.

Kita tidak boleh marah, putus asa, bersungut-sungut bila kita ditegor oleh firman melainkan kita harus bersyukur, sebab kalau kita ditegor oleh firman, berarti kita dikasihi oleh Tuhan.

Roma 2: 4-5
2:4 Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?
2:5 Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murkadan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.

Panjang sabar kemurahan Tuhan itu ada batas waktunya. Bila kita tidak menghargainya atau menolaknya, maka panjang sabar Tuhan akan habis, sehingga yang datang adalah hukuman dan kebinasaan selama-lamanaya.

Wahyu 3: 19-20
3:19 Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!
3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

Jemaat Laodikia yang merupakan gambaran jemaat Tuhan di akhir jaman yang suam-suam kuku sehingga perlu ditegor oleh Tuhan.

Saat firman menegor dan menyatakan kesalahan kita= Tuhan sedang mengetuk pintu hati kita. Mengetuk pintu hati itu di ulang-ulang bagaikan firman pengajaran yang diulang-ulang terus.

Kidung Agung 5: 2-3
5:2. Aku tidur, tetapi hatiku bangun. Dengarlah, kekasihku mengetuk. "Bukalah pintu, dinda, manisku, merpatiku, idam-idamanku, karena kepalaku penuh embun, dan rambutku penuh tetesan embun malam!"
5:3 "Bajuku telah kutanggalkan, apakah aku akan mengenakannya lagi? Kakiku telah kubasuh, apakah aku akan mengotorkannya pula?"

SIKAP NEGATIFsaat Tuhan mengetuk pintu hati kita, yaitu menggunakan kebenaran sendiri.
Contohnya: merasa sudah meninggalkan hidup yang lama, merasa perbuatannya sudah bersih, melupakan dosa-dosa yang lama tanpa diakui.

Jadi apapun dosa kita, bila belum diakui dan dibereskan, berarti dosa itu masih tercatat dan kita belum diampuni.

Kidung agung 5: 5-7
5:5 Aku bangun untuk membuka pintu bagi kekasihku, tanganku bertetesan mur; bertetesan cairan mur jari-jariku pada pegangan kancing pintu.
5:6 Kekasihku kubukakan pintu, tetapi kekasihku sudah pergi, lenyap. Seperti pingsan aku ketika ia menghilang. Kucari dia, tetapi tak kutemui, kupanggil, tetapi tak disahutnya.
5:7 Aku ditemui peronda-peronda kota, dipukulinya aku, dilukainya, selendangku dirampas oleh penjaga-penjaga tembok.

Akibatnya:
  • ay. 6= 'kekasihku sudah pergi, lenyap'= terlambat= sudah habis panjang sabar Tuhan. Untuk itu jangan menunda-nunda, melainkan saat firman menunjuk dosa kita, maka saat itu juga harus bertobat.
  • ay. 6= 'pingsan'= setengah mati= menyesal, tetapi sudah tidak ada kesempatan lagi.
  • ay. 7= binasa untuk selama-lamanya.
SIKAP YANG POSITIFsaat Tuhan mengetuk pintu hatikita, yaitu segera membuka pintu hati bagi Tuhan.
Praktiknya:
  • sadar dan menyesali kesalahan kita= bertobat dari dosa-dosa dan tidak berbuat dosa itu lagi.
  • memberi kesempatan seluas-luasnya bagi Firman pengajaran yang benaruntuk terus menyucikan kita dari dosa-dosa, terutama dosa yang masih banyak tersembunyi di dalam hati.
Wahyu 3: 20
3:20 Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-samadengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

Kalau sikap kita benar, hasilnya: ada persekutuan antara kita dengan Tuhan('makan bersama'). Artinya:
  1. kita dekat dengan Tuhan. Kalau Tuhan mengetuk kita, berarti jarak kita dekat dengan Tuhan. Dalam 1 Samuel 20,jarak kita dengan Tuhan hanya satu hasta/satu langkah saja. Demikian juga jarak kita dengan maut. Artinya, bila sedikit saja kita lepas dari Tuhan maka kita sudah dekat dengan maut.

    Mazmur 62: 2
    62:2. Hanya dekat Allahsaja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku.
    62:3. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah.


    Bila kita dekat dengan Tuhan, maka ada ketenangan, pemeliharaan, dan perlindungan dari Tuhan.

  2. kita bisa menyembah kepada Tuhan tanpa dibebani dosa. Penyembahan itu bagaikan leher yang menghubungkan kepala dengan tubuh Tubuh itu istri (mempelai wanita Tuhan). Kepala itu suami (Tuhan Yesus sebagai Mempelai Pria surga).
    Sampai nanti kita tidak terpisah lagi dengan Tuhan dan kita menjadi mempelai wanita Tuhan.

  3. hidup kita bersama dengan Tuhan dan Tuhan bersama dengan kita.
Lukas 5: 3-6
5:3 Ia naik ke dalam salah satu perahu itu, yaitu perahu Simon, dan menyuruh dia supaya menolakkan perahunya sedikit jauh dari pantai. Lalu Ia duduk dan mengajar orang banyak dari atas perahu.
5:5 Simon menjawab: "Guru, telah sepanjang malam kami bekerja keras dan kami tidak menangkap apa-apa, tetapi karena Engkau menyuruhnya, aku akan menebarkan jala juga."
5:6 Dan setelah mereka melakukannya, mereka menangkap sejumlah besar ikan, sehingga jala mereka mulai koyak.

Bila kita tidak bersama Tuhan, maka kita mengandalkan kekuatan dan kepandaian sendiri, sehingga kita tidak menangkap apa-apa (tidak bisa apa-apa).

Begitu bersama dengan Tuhan(begitu Yesus masuk dalam perahu nikah kita), maka terjadi mujizat dari tidak ada ikan menjadi ada ikan.

Kalau kita bersama Tuhan dan Tuhan bersama kita, maka Tuhanlah yang bertanggung jawab atas hidup kita.

Markus 4: 37, 39
4:37. Lalu mengamuklah taufan yang sangat dahsyat dan ombak menyembur masuk ke dalam perahu, sehingga perahu itu mulai penuh dengan air.
4:39. Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu
angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.

= kalau bersama Tuhan, Tuhan memberikan ketenangan dan kedamaian di dalam kehidupan kita, sekalipun perahu kehidupan kita banyak menghadapi gelombang badai.

Yang membuat hidup kita bisa tenang dan damai adalah kalau ada Yesus bersama kita dan kita bersama Yesus.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 15 Juni 2010 (Selasa Pagi)
    ... domba jantan yang lain lalu haruslah Harun dan anak-anaknya meletakkan tangannya ke atas kepala domba jantan itu. Haruslah kausembelih domba jantan itu kauambillah sedikit dari darahnya dan kaububuh pada cuping telinga kanan Harun dan pada cuping telinga kanan anak-anaknya pada ibu jari tangan kanan dan pada ibu jari kaki kanan ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 21 Juni 2017 (Rabu Malam)
    ... pemerasan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya--seperti Yesus berdoa di taman Getsemani seperti buah zaitun yang diperas sehingga menghasilkan minyak urapan Roh Kudus. Di sinilah kuncinya. Roh Kudus inilah yang memberikan kekuatan ekstra untuk menghadapi kelemahan daging. Banyak kelemahan daging kita karena itu kita harus banyak menyembah Tuhan supaya daging diperas ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 23 Oktober 2013 (Rabu Sore)
    ... kepada murid-murid-Nya untuk dibagi-bagikan dan mereka memberikannya kepada orang banyak. Mereka juga mempunyai beberapa ikan dan sesudah mengucap berkat atasnya Ia menyuruh supaya ikan itu juga dibagi-bagikan. Dan mereka makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa sebanyak tujuh bakul. Yang pertama adalah pemecahan roti yang kedua itulah tujuh ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 01 Mei 2021 (Sabtu Sore)
    ... saja yang disukai mereka. . Berfirmanlah TUHAN Roh-Ku tidak akan selama-lamanya tinggal di dalam manusia karena manusia itu adalah daging tetapi umurnya akan seratus dua puluh tahun saja. . Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi dan juga pada waktu sesudahnya ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia dan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 19 Februari 2011 (Sabtu Sore)
    ... mulai tidak berharga saat menjadi tua sakit terlebih lagi saat sudah mati. Tetapi Yesus selalu berarti dalam kehidupan kita sekalipun Ia sudah mati. Demikian juga dengan kehidupan kita yang berada di dalam Yesus kita yang dahulu tidak berharga sampai matipun kita menjadi berharga di dalam Yesus. Jika kita sudah berarti di ...
  • Ibadah Raya Malang, 12 Juni 2011 (Minggu Pagi)
    ... Tuhan Firman Tuhan melawan Tuhan. Yesus taat sampai mati sedangkan antikris tidak taat sama sekali melawan Tuhan . Saat kita tidak taat pada nasehat orang tua gembala nasehat yang sesuai Firman Tuhan kita bukan melawan manusia tetapi melawan Tuhan. Semakin melayani semakin banyak berkorban tetapi kalau tidak taat melawan Tuhan maka makin cepat ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 11 Desember 2013 (Rabu Sore)
    ... emas . Bagi kita sekarang kita berpuasa tidak usah dibuang ke Pulau Patmos. BERPUASA sengsara daging karena firman Allah meja roti sajian dan karena Roh Kudus pelita emas sengsara daging untuk mengalami penyucian hati dan pikiran oleh pekerjaan firman Allah dalam urapan Roh Kudus firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua ...
  • Ibadah Doa Malang, 17 Januari 2017 (Selasa Sore)
    ... panji-panji suku Ruben Bilangan . Kegiatan administrasi surat menyurat ditunjukkan oleh makhluk seperti manusia di bawah panji-panji suku Efraim Bilangan . Kegiatan imamat ibadah pelayanan ditunjukkan oleh makhluk seperti burung nasar di bawah panji-panji suku Dan Bilangan . Kegiatan penyembahan. Wahyu maka tersungkurlah kedua puluh empat tua-tua itu di hadapan Dia yang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 04 September 2013 (Rabu Sore)
    ... selalu bersekutu bergaul erat dengan Yesus sebagai mempelai pria surga. Pengertian rohani bingkai emas adalah Amsal karena orang yang sesat adalah kekejian bagi TUHAN tetapi dengan orang jujur Ia bergaul erat. Arti yang pertama adalah kejujuran. Kejujuran artinya kalau ya katakan ya jika tidak katakan tidak. Kalau benar katakan benar jika tidak ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 25 Agustus 2018 (Sabtu Sore)
    ... oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk memberikan makanan kepada mereka pada waktunya . Aku berkata kepadamu Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. Hasil kedua diangkat menjadi pengawas milik Tuhan. Ada tiga milik Tuhan yang tidak bisa diganggu gugat Persepuluhan dan persembahan khusus. sudah diterangkan pada Ibadah ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.