Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat mendengarkan firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dilimpahkan Tuhan di tengah-tengah kita.

Wahyu 21: 1-8 terbagi dalam tiga bagian:

  1. Ayat 1= langit yang baru dan bumi yang baru (diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya, 29 Oktober 2023sampai Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 16 November 2023). Tidak boleh ada hati bimbang. Ini menunjuk pada pembaharuan perhatian.

  2. Ayat 2-3= manusia baru (diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya, 19 November 2023) sampai Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 07 Desember 2023), yaitu mempelai wanita yang berdandan untuk suaminya dan Tabernakel yang permanen di sorga.
    Ini menunjuk pada pembaharuan hati menjadi hati taat dengar-dengaran.

  3. Ayat 4-8= suasana baru (diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya, 13 Desember 2023).

AD. 3
Wahyu 21: 4
21:4.Dan Ia akan menghapus segala air mata dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu."

Suasana baru adalah suasana tanpa maut; sama dengan suasana tanpa ratap tangis atau perkabungan.
Ratap tangis di dunia adalah letih lesu, beban berat, dan susah payah, yang mengakibatkan air mata.
Kalau dibiarkan akan menjadi ratap tangis selamanya di neraka; binasa selamanya.

Karena itu Tuhan memberikan contoh ratap tangis yang benar.
Ibrani 5: 7
5:7.Dalam hidup-Nya sebagai manusia, Ia telah mempersembahkan doa dan permohonan dengan ratap tangisdan keluhan kepada Dia, yang sanggup menyelamatkan-Nya dari maut, dan karena kesalehan-Nya Ia telah didengarkan.

Kita harus meneladani Yesus untuk meratap dalam doa penyembahan sampai hancur hati.

Ada tiga macam ratap tangis dalam doa penyembahan:

  1. Ratapan 2: 18-19
    2:18.Berteriaklah kepada Tuhan dengan nyaring, hai, puteri Sion, cucurkanlah air matabagaikan sungai siang dan malam; janganlah kauberikan dirimu istirahat, janganlah matamu tenang!
    2:19.Bangunlah, mengeranglah pada malam hari, pada permulaan giliran jaga malam; curahkanlah isi hatimubagaikan air di hadapan Tuhan, angkatlah tanganmu kepada-Nya demi hidup anak-anakmu, yang jatuh pingsan karena lapar di ujung-ujung jalan!

    Yang pertama: ratap tangis dalam doa semalam suntuk, supaya tidak masuk dalam kelaparan rohani, yaitu kelaparan akan firman Allah.

    Kalau lapar rohani akan firman, akan masuk dalam lapar rohani pada masa Antikris berkuasa di bumi.
    Ini perjuangan kita di dunia. Banyak perjuangan kita dunia, tetapi jangan sampai lapar rohani/kering rohani karena tidak makan firman.

    Wahyu 5: 4-5
    5:4.Maka menangislah aku dengan amat sedihnya, karena tidak ada seorangpun yang dianggap layak untuk membuka gulungan kitabitu ataupun melihat sebelah dalamnya.
    5:5. Lalu berkatalah seorang dari tua-tua itu kepadaku: "Jangan engkau menangis! Sesungguhnya, singa dari suku Yehuda, yaitu tunas Daud, telah menang, sehingga Ia dapat membuka gulungan kitab itu dan membuka ketujuh meterainya."


    Rasul Yohanes menangis untuk pembukaan firman, sehingga firman dibukakan rahasianya oleh Yesus.
    Jadi, kita harus banyak meratap dan menangis untuk mendapatkan firman pengajaran yang benar--mendengar dan dengar-dengaran pada firman pengajaran yang benar, sehingga kita disucikan:

    • Mulai dari hati dan pikiran yang berisi keinginan jahat, sehingga bisa lebih bahagia memberi daripada menerima.
      Kemudian disucikan dari keinginan najis--dosa kenajisan dan nikah yang salah.

    • Perbuatan dosa dan puncaknya dosa disucikan sehingga menjadi perbuatan suci.
    • Perkataan dosa disucikan menjadi perkataan suci.

    Kalau hati, perbuatan, dan perkataan suci, kita akan hidup dalam ketenangan.
    Keluaran 29: 1a
    29:1a."Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka, untuk menguduskanmereka, supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku:

    Kalau sudah hidup dalam kesucian, kita akan diangkat menjadi imam-imam dan raja-raja, sehingga bisa beribadah melayani Tuhan sesuai dengan jabatan pelayanan yang Tuhan percayakan kepada kita.

    Kalau ada pembukaan firman dan kita mengutamakan ibadah pelayanan, pintu pelayanan akan terbuka; pintu di dunia bahkan pintu sorga pun pasti akan terbuka.

  2. Kisah Rasul 20: 19-20, 24
    20:19.dengan segala rendah hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air matadan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku.
    20:20.Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikanapa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu;
    20:24. Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikitpun, asal saja aku dapat mencapai garis akhirdan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk memberi kesaksian tentang Injil kasih karunia Allah.

    2 Korintus 6: 4-6
    6:4. Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran,
    6:5. dalam menanggung dera, dalam penjara dan kerusuhan, dalam berjerih payah, dalam berjaga-jaga dan berpuasa;
    6:6. dalam kemurnian hati, pengetahuan, kesabaran, dan kemurahan hati; dalam Roh Kudus dan kasih yang tidak munafik;


    Yang kedua: ratap tangis untuk ibadah pelayanan kepada Tuhan; sama dengan ratap tangis dalam doa puasa, supaya

    • Kita bertahan untuk beribadah pelayanan dengan setia berkobar-kobar--tidak lalai--sampai garis akhir/Tuhan datang kembali.

    • Kita tetap menjadi bintang-bintang bercahaya di tengah kegelapan dunia. Kita bisa menjadi saksi Tuhan.

    Posisi bintang: di tangan kanan Tuhan.
    Wahyu 1: 20a
    1:20a. Dan rahasia ketujuh bintangyang telah kaulihat pada tangan kanan-Ku

    Kita selalu dilindungi, dipelihara, dan dibela oleh Tuhan untuk menghadapi segala tantangan dan rintangan sampai Antikris berkuasa di bumi, penghukuman Tuhan, bahkan kiamat. Kita dipelihara sampai hidup kekal.

    Ini urusan kita, yaitu meratap untuk pembukaan firman, supaya kita bisa mendengar dan dengar-dengaran, sehingga mengalami penyucian dan beribadah melayani Tuhan. Pintu pelayanan terbuka, pintu di dunia sampai pintu sorga akan terbuka bagi kita.

    Kemudian, setelah melayani, jangan main-main. Harus sungguh-sungguh lewat doa puasa, supaya tetap setia berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan sampai Tuhan datang kembali. Kita menjadi bintang bercahaya yang ada di tangan kanan Tuhan.

  3. Zakharia 12: 10-11
    12:10."Aku akan mencurahkan roh pengasihandan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi diaseperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.
    12:11.Pada waktu itu ratapan di Yerusalemakan sama besarnya dengan ratapan atas Hadad-Rimon di lembah Megido.

    Yang ketiga: ratap tangis dalam doa penyembahan: secara pribadi atau bersama keluarga/berjemaah untuk melihat lambung Yesus yang tertikam, sehingga mengalir ke luar darah dan air--luka kelima; yang terbesar dan terdalam untuk menyelamatkan bangsa kafir.

    Kalau bisa melihat dan meratapi lambung Yesus yang tertikam, kita akan bisa bertobat--tanda darah. Berusaha untuk melawan dosa! Kalau mau berbuat dosa, lihat lambung Yesus yang tertikam dan berhenti! Bertobat dari pandangan, pikiran, dan perbuatan dosa! Bertobat dari mendengar ajaran palsu termasuk gosip!

    Kemudian dari lambung Yesus keluar air, artinya lahir baru lewat baptisan air, sehingga bisa hidup dalam kebenaran.

    Kalau bangsa kafir bisa memandang lambung Yesus yang tertikam tombak--bertobat dan hidup benar--, bangsa kafir akan bisa menyembah Tuhan dengan hancur hati. Hancur hati artinya kita menyerahkan segala kekurangan dan kelemahan kepada Tuhan. Dan Roh Kudus akan dicurahkan atas hidup kita.

    Kegunaan Roh Kudus:

    • Titus 3: 5
      3:5.pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

      Hasil pertama: Roh Kudus membaharui kitadari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus, yaitu jujur dan taat.

      Jujur dan taat sama dengan menjadi rumah doa.

    • Keluaran 14: 21
      14:21.Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timuryang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu.

      'angin timur'= Roh Kudus.

      Hasil kedua: Roh Kudus sanggup membelah laut Kolsom.
      Artinya Roh Kudus menyelesaikan semua masalah; memberi masa depan berhasil dan indah; memelihara kita sampai berkelimpahan--selalu mengucap syukur, menjadi berkat bagi orang lain, bahkan sampai hidup kekal.

      Roh Kudus memberikan karunia-karunia-Nya, sehingga kita dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna; mempelai wanita sorga yang siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yerusalem baru. Tidak ada lagi maut dan setetespun air mata.

Akuilah dosa kita, supaya bisa melayani Tuhan!
Kemudian melayani dengan setia dan berkobar-kobar.
Terakhir, kita akui banyak kelemahan dan kekurangan kita, sehingga Roh Kudus menolong kita.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malang, 16 Februari 2016 (Selasa Sore)
    ... tangan dan kaki dengan air supaya mereka jangan mati. Demikian juga apabila mereka datang ke mezbah itu untuk menyelenggarakan kebaktian dan untuk membakar korban api-apian bagi TUHAN Baptisan air yang benar adalah dasar untuk kita melayani Tuhan. Oleh sebab itu sebelum melayani Tuhan harus lebih dahulu masuk dalam baptisan air ...
  • Ibadah Doa Malang, 25 Oktober 2011 (Selasa Sore)
    ... mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup. Aku berkata kepadamu Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah dan mereka yang mendengarnya akan hidup. Contoh Lazarus yang sudah mati dan busuk masih ...
  • Ibadah Doa Puasa Session I Malang, 17 Mei 2011 (Selasa Pagi)
    ... senjata kelaliman tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang yang dahulu mati tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. Setelah bebas dari hidup lama kita bisa hidup dalam kebenaran dan bebas melayani Tuhan. Bangsa Mesir juga adalah gambaran baptisan air yang tidak benar ...
  • Ibadah Raya Malang, 06 Oktober 2013 (Minggu Pagi)
    ... dari pedang bermata dua yang mampu menyucikan dan memotong dosa-dosa. Firman itu juga yang akan mengubahkan kita sedikit demi sedikit untuk menjadi manusia rohani seperti Yesus. Keubahan hidup dimulai dari mulut panca indra yang tidak berkata dusta. Jika ya katakan ya jika tidak katakan tidak . Kehidupan yang dewasa rohani ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 18 November 2010 (Kamis Sore)
    ... telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. Hari-hari ini kita harus berjuang supaya berada di posisi domba di sebelah kanan memiliki hikmat Sorgawi. Nilai hikmat Sorgawi. Amsal - Terimalah didikanku lebih dari pada perak dan pengetahuan lebih dari pada emas pilihan. Karena hikmat lebih berharga dari pada permata apapun yang diinginkan orang ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 25 Mei 2014 (Minggu Sore)
    ... bukan hanya teori tetapi suatu praktik dalam kehidupan kita. Kalau Dia menang atas maut maka kita juga harus menang atas maut. Maut dosa itu membinasakan tidak membahagiakan . Oleh sebab itu kita harus lepas atas maut. Misalnya jika ada orang bilang narkoba itu enak ini tidak benar dan hanya tipuan ...
  • Ibadah Kenaikan Tuhan Surabaya, 09 Mei 2013 (Kamis Pagi)
    ... rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah. Yang layak untuk masuk pembangunan bait Allah rohani tubuh Kristus adalah imam-imam dan raja-raja batu hidup . Keluaran . Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Inilah semuanya firman yang harus kaukatakan kepada orang Israel. Sebenarnya imam dan raja adalah umat ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 15 Februari 2022 (Selasa Sore)
    ... Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia laki-laki dan perempuan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 25 Januari 2017 (Rabu Sore)
    ... boleh dimakan bebas kecuali satu. Tetapi diputar balik oleh ular sehingga Hawa menjadi bimbang dan berbuat dosa tidak lagi mengikuti perintah TUHAN ikut suara ular. Angin--pengajaran palsu--ini semakin merebak dengan berbagai cara. Pakai ayat-ayat alkitab tetapi sudah diputar balik tidak sesuai lagi dengan kebenaran. Hati-hati Memang ini harus kita hadapi. Gelombang ...
  • Ibadah Persekutuan Tubuh Kristus Medan I, 26 Oktober 2010 (Selasa Pagi)
    ... hasil pekerjaannya. Roma . seperti ada tertulis Tidak ada yang benar seorangpun tidak. . Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah Tetapi kenyataan yang kita hadapi tidak ada orang benar yang ada manusia yang berdosa. Segala kekayaan dan kedudukan di dunia tidak bisa membenarkan manusia berdosa. Oleh sebab ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.