Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Kita masih memperingati kenaikan Yesus ke sorga.

Kegunaan Yesus naik ke sorga:

  1. Untuk menyediakan tempat bagi kita sorga; Yerusalem baru selamanya.
    Yohanes 14: 1-2

    14:1."Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
    14:2.Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.


  2. Untuk mengangkat kita semua masuk ke dalam kerajaan sorga, sehingga di mana Yesus berada di situpun kita berada.
    Yohanes 14: 3
    14:3.Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

Istilah mengangkat ke sorga artinya mulai sekarang Yesus berusaha untuk mengangkat kehidupan kita baik secara jasmani terutama secara rohani sampai nanti terangkat ke sorga pada saat Dia datang kembali kedua kali.

Tetapi waspada!Justru ada kehidupan yang tidak terangkat saat Yesus datang kedua kali atau tenggelam dalam lautan api belerang--binasa selamanya di neraka--seperti Yudas Iskariot yang mengkhianati Yesus.

Yudas adalah rasul yang hebat--kepercayaan Tuhan sebagai bendahara--tetapi bisa tidak terangkat, bahkan tenggelam di lautan api dan belerang. Gagal total baik jasmani maupun rohani!
Karena itu kita harus berkaca, siapa kita dibandingkan dengan Yudas. Harus berjaga-jaga!

Lukas 22: 3-6=> Yudas mengkhianati Yesus
22:3.Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas, yang bernama Iskariot, seorang dari kedua belas murid itu.
22:4.Lalu pergilah Yudas kepada imam-imam kepala dan kepala-kepala pengawal Bait Allahdan berunding dengan mereka, bagaimana ia dapat menyerahkan Yesus kepada mereka.
22:5.Mereka sangat gembira dan bermupakat untuk memberikan sejumlah uang kepadanya.
22:6.Ia menyetujuinya, dan mulai dari waktu itu ia mencari kesempatan yang baik untuk menyerahkan Yesus kepada mereka tanpa setahu orang banyak.

MengapaYudas Iskariot mengkhianati Yesus?

  1. Karena ia masuk dalam persekutuan yang tidak benar, yaitu persekutuan dengan imam kepala dan kepala pengawal istana yang selalu memusuhi Yesus yang benar (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 27 April 2024).
    Memusuhi orang benar berarti ia tidak benar.

  2. Karena ia tidak mau menyerah pada Yesus, tetapi tetap mempertahankan dosa kejahatan, sehingga ia menjual Yesus (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 04 Mei 2024).

    Kalau menyerahkan dosa, kita akan bisa mengikut Yesus.

  3. Karena ia mempunyai tabiat daging yang tidak baik.

AD. 3
Tabiat daging Yudas Iskariot yang tidak baik:

  1. Markus 3: 16-19
    3:16.Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus,
    3:17.Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh,
    3:18.selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot,
    3:19.dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

    Yang pertama: nama Yudas ditulis paling belakang dan diberi gelar pengkhianat.

    1 Yohanes 2: 18-19
    2:18.Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
    2:19.Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

    Yudas berasal dari dua belas murid tetapi tidak sungguh-sungguh. Itu sebabnya namanya ditulis paling belakang dan diberi gelar pengkhianat.
    Tidak sungguh-sungguh dalam ibadah pelayanan= tidak menghargai ibadah pelayanan.

    Praktiknya:

    • Sering terlambat datang ibadah sekalipun bisa tidak terlambat.
    • Datang ibadah tetapi sering keluar dari ibadah pelayanan.
    • Tidak setia; sering tidak masuk ibadah pelayanan. Ini adalah puncak dari tabiat yang tidak baik.

    Maleakhi 2: 15-16
    2:15.Bukankah Allah yang Esa menjadikan mereka daging dan roh? Dan apakah yang dikehendaki kesatuan itu? Keturunan ilahi! Jadi jagalah dirimu! Dan janganlah orang tidak setiaterhadap isteri dari masa mudanya.
    2:16.Sebab Aku membenci perceraian, firman TUHAN, Allah Israel--juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

    Tidak setia sama dengan pengkhianat.
    Tidak setia dalam nikah rumah tangga sama dengan berkhianat dalam rumah tangga.
    Tidak setia dalam ibadah pelayanan sama dengan berkhianat.

    Akibat tidak setia: kehilangan urapan Roh Kudus. Salah satu buah Roh adalah kesetiaan.
    Kalau urapan Roh Kudus hilang, Iblis yang akan masuk.

    Lukas 22: 3
    22:3.Maka masuklah Iblis ke dalam Yudas,yang bernama Iskariot, seorang dari kedua belas murid itu.

    Kalau roh Iblis yang masuk, akan susah untuk kembali setia. Kalau masih ada yang mengingatkan atau mendoakan, bersyukur. Kalau tidak, akan hilang seperti Yudas.

  2. Matius 26: 23-25
    26:23.Ia menjawab: "Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku.
    26:24.Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan."
    26:25.Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: "Bukan aku, ya Rabi?" Kata Yesus kepadanya: "Engkau telah mengatakannya."

    Ayat 23= firman pengajaran sudah menunjukkan kesalahan Yudas dan akibat-akibatnya, tetapi ia mengelak. Seharusnya kita bersyukur kalau firman diulang-ulang. Kita sungguh-sungguh minta ampun sampai satu waktu bisa terlepas.

    Yang kedua: selalu mengelak dari firman pengajaran yang benar, yang menunjukkan dosa-dosa.
    Buktinya: menyalahkan orang lain atau Tuhan.

    Kalau terus mengelak, sebentar lagi akan menolak; sama dengan tidak taatdengar-dengaran pada firman pengajaran yang benar.
    Tidak taat pada firman sama dengan berkhianat pada Tuhan.

    Akibatnya: kehilangan urapan Roh Kudus, sehingga Iblis yang masuk ke dalam dirinya.

Jadi, Yudas Iskariot adalah pelayan Tuhan yang tidak taat dan tidak setia--pengkhianat--, sehingga Iblis yang menguasainya dan ia menjadi sama dengan Antikris yang akan dibinasakan selamanya bersama dengan Setan tritunggal--tenggelam di lautan api dan belerang selamanya. Benar-benar gagal total!

Wahyu 20: 10
20:10.dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatangdan nabi palsuitu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.

'binatang'= Antikris.

Oleh sebab itu kita harus berusaha menjadi pelayan Tuhan yang taat dan setia sampai garis akhir--sampai meninggal dunia atau Yesus datang.

Dari manakita bisa mendapatkan tabiat taat dan setia? Lewat baptisan air yang benar.

Sejak zaman Nuh, manusia tidak taat, sehingga dibinasakan oleh Tuhan kecuali Nuh sekeluarga. Sekarang kita harus masuk baptisan air yang benar.
Roma 6: 2, 4
6:2.Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?
6:4.Dengan demikian kita telah dikuburkanbersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkandari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Syaratbaptisan air yang benar: percaya Yesus sebagai satu-satunya Juruselamat dan bertobat--mati terhadap dosa.
Pelaksanaanbaptisan air yang benar adalah orang yang sudah percaya Yesus dan bertobat--mati terhadap dosa--harus dikuburkan dalam air bersama Yesus dan bangkit--keluar dari dalam air--bersama Yesus sehingga mendapatkan hidup baru/hidup sorgawi yaitu mengalami pembaharuan dari hati nurani yang cenderung jahat menjadi hati nurani yang baik.

1 Petrus 3: 20-21
3:20.yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuhsedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu.
3:21.Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan--maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baikkepada Allah--oleh kebangkitan Yesus Kristus,

Hati nurani yang baik= tabiat daging yang baik, yaitu taat dan setia.

Roma 8: 15
8:15.Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Rohitu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

Taat sama dengan diurapi Roh Kudus. Kita hanya berkata: Ya Abba, ya Bapa!
Kita taat pada orang tua, gembala, dan Tuhan. Jangan melawan orang tua! Melawan orang tua sama dengan memedihkan hati orang tua; melawan gembala akan membuat gembala berkeluh kesah; melawan Tuhan akan memilukan hati Tuhan. Ini berarti benar-benar sama seperti Iblis.

Kalau taat pada orang tua akan membuat orang tua gembira; taat pada gembala akan membuat gembala semangat menaikkan doa penyahutan; taat pada Tuhan akan membuat Tuhan mengadakan mujizat bagi kita.

Mohon Roh Kudus malam ini! Tuhan tahu kita lemah, karena itu Ia janjikan Roh Kudus kepada kita.

Roma 12: 11
12:11.Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

Setia sama dengan diurapi Roh Kudus.
Kalau tidak setia, akan dekat dengan api dunia sampai menyangkal Tuhan.

Daging sulit untuk setia, tetapi kalau ada Roh Kudus, tidak akan ada yang mustahil. Tanpa Roh Kudus tidak mungkin setia.
Kalau ada Roh Kudus kita akan tetap setia dan terus naik. Tangan Roh Kudus yang bekerja bagi kita; kita mengalami kuasa pengangkatan.

Jadi, Roh Kudus adalah tangan Tuhan yang mengangkat kita.
Taat dan setia adalah landasan yang kuat untuk menerima Roh Kudus dan uluran tangan Tuhan untuk mengangkat kitamulai sekarang sampai ke awan-awan yang permai.

Sekalipun kita tidak punya apa-apa tetapi kalau taat dan setia, kita akan menerima Roh Kudus dan tangan Tuhan yang mengangkat kita. Tangan Tuhan lebih dari apapun.
Tidak taat dan tidak setia pasti akan gagal total.

Kegunaan Roh Kudus:

  1. Roma 15: 16
    15:16.yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

    Bangsa kafir hanya senilai anjing dan babi.
    Anjing= perkataan sia-sia.
    Babi= perbuatan dosa dan puncaknya dosa.
    Tetapi kalau ada Roh Kudus, kita akan jadi bau harum di hadapan Tuhan.
    Anjing muntah dijilat kembali; babi mandi kembali lagi ke kubangan, berarti tidak teguh.

    Yang pertama: Roh Kudus sanggup menyucikan dan mengubahkankita, mulai dari kuat teguh hati.

    Artinya: tidak kecewa, putus asa, bangga, dan tinggalkan Tuhan apapun yang terjadi dalam hidup kita tetapi kita tetap taat dengar-dengaran pada firman pengajaran yang benar; kita tidak berbuat dan berkata dosa--tetap hidup benar dan suci.

    Hidup kita berkenan dan berbau harum di hadapan Tuhan.
    Kita tetap setia berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan sampai Tuhan datang kembali. Minta Roh Kudus supaya kita tetap setia!
    Kita tetap percaya dan berharap Tuhan; tetap menyembah Tuhan. Kita hanya berusaha, tetapi sepenuhnya kita serahkan pada Tuhan. Tangan Roh Kudus lebih berkuasa dari apapun.

  2. Zakharia 4: 6-9
    4:6.Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
    4:7.Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"
    4:8.Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:
    4:9."Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

    Yang kedua: Roh Kudus sanggup meratakan gunung-gunung.
    Artinya: menghancurkan kekerasan hati kita, sehingga bisa melembut.

    Melembut artinya bisa menerima/melihat dan berseru pada Tuhan; kita bisa melihat sesama mulai dari orang tua dalam kesusahan supaya didoakan dan ditolong sehingga mereka bahagia. Kita melihat orang lain dalam kebutuhan sehingga bisa memberi nasihat dan sebagainya.

    Roh Kudus juga menghancurkan dosa-dosa dan puncaknya dosa, sehingga kita hidup suci.
    Kalau hidup suci, kita akan diperlengkapi dengan jabatan pelayanan untuk dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna; kita menerima jubah indah.

    Masalah-masalah yang mustahil diselesaikan oleh Roh Kudus. Kalau yang rohani sudah diubahkan, mujizat jasmani pasti akan mengikuti. Roh Kudus memberikan masa depan berhasil dan indah pada waktunya.

    Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita masuk Yerusalem baru selamanya--di mana Yesus berada, di sana kita berada termasuk keluarga kita.

Kita banyak kelemahan yang hanya bisa ditolong oleh Roh Kudus. Biar Roh Kudus memberikan tabiat taat dan setia.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malang, 12 Maret 2013 (Selasa Sore)
    ... peperangan dan di atas kepala mereka ada sesuatu yang menyerupai mahkota emas dan muka mereka sama seperti muka manusia Di akhir zaman akan terjadi peperangan antar bangsa antar suku sampai peperangan paling besar adalah peperangan di dalam rumah tangga termasuk peperangan di dalam penggembalaan. Supaya tidak berperang kita harus menjaga ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 05 Maret 2012 (Senin Sore)
    ... ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. . Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia katanya Tuhan kiranya Allah menjauhkan hal itu Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau. . Maka Yesus berpaling dan berkata ...
  • Ibadah Raya Malang, 19 Januari 2020 (Minggu Pagi)
    ... tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerusalem. Sesudah Yesus masuk ke Bait Allah mulailah Ia mengusir orang-orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dibalikkan-Nya Lalu Ia mengajar mereka kata-Nya Bukankah ada tertulis Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa Tetapi kamu ini ...
  • Ibadah Doa Malang, 25 Januari 2011 (Selasa Sore)
    ... sering melihat kesalahan orang lain tetapi tidak bisa melihat kesalahan sendiri BUTA di hadapan Tuhan. Merasa berjasa karena telah berdoa beribadah melayani memberi perpuluhan dll merasa lebih dari orang lain sehingga bisa menghakimi sesama. Lukas - . Dan kepada beberapa orang yang menganggap dirinya benar dan memandang rendah semua orang lain ...
  • Ibadah Doa Malang, 30 Juli 2013 (Selasa Sore)
    ... dalam hati. Bukti mempunyai iman yang benar Mulut bisa mengaku Yesus dimulai dari bisa mengaku dosa kepada Tuhan dan sesama. Jika diampuni jangan berbuat lagi. Roma Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Ini sama dengan bertobat berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan. ...
  • Ibadah Kunjungan Ciawi II, 28 Juli 2010 (Rabu Pagi)
    ... LAGI artinya tidak ada lagi kegelapan dosa sampai puncaknya dosa tidak ada lagi buta rohani. Hamba Tuhan anak Tuhan yang hidup dalam kegelapan dosa hamba Tuhan anak Tuhan yang buta rohani. Pengertian dan penyebab buta rohani Tidak bisa melihat cahaya Injil kemuliaan Kristus yang adalah wujud Allah tidak mau mengerti menolak ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 27 Maret 2011 (Minggu Sore)
    ... raja seorang yang beribadah dan melayani Tuhan. Kalau manusia bisa lepas dari dosa apalagi bisa menjadi imam dan raja itu suatu KEAJAIBAN. Untuk keajaiban inipun setan tidak bisa melakukan. Kalau hanya sekadar sakit menjadi sembuh setan masih bisa melakukan. ay. sebenarnya imam dan raja adalah bangsa Israel dan keturunannya. Sedangkan bangsa kafir ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 07 Desember 2009 (Senin Sore)
    ... babel kenajisan . Jabatan pelayanan juga menyangkut tempat kita dibumi ini. Dan ada kaitan dengan tempat di Surga. Yohanes 'banyak tempat' supaya kita tidak berebut dalam pelayanan menyangkut tempatnya atau lainnya. Yang penting jangan sampai tersandung dalam pelayanan. Itu sama dengan kehilangan tempat dalam tubuh Kristus kehilangan tempat di Surga. ...
  • Ibadah Raya Malang, 07 April 2013 (Minggu Pagi)
    ... tubuh Kristus yang sempurna disucikan dan disempurnakan menjadi mempelai wanita Tuhan yang siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Proses untuk mencapai kesempurnaan adalah Penyucian hati dan pikiran yang adalah gudangnya dosa. Ibrani - Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 06 Agustus 2011 (Sabtu Sore)
    ... hati ia menolak membiarkan bangsa itu pergi. Dan katakanlah kepadanya TUHAN Allah orang Ibrani telah mengutus aku kepadamu untuk mengatakan Biarkanlah umat-Ku pergi supaya mereka beribadah kepada-Ku di padang gurun meskipun begitu sampai sekarang engkau tidak mau mendengarkan. Orang keras hati ini juga tidak mau beribadah kepada Tuhan atau tidak ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.