Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 19: 1-7= tentang Zakheus. Dalam susunan Tabernakel bicara soal tahbisan.
Lukas 19: 1-2, 9
19:1.Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu.
19:2.Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya.
19:9.Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham.

Zakheus adalah keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub secara jasmani, berarti ia anak sulung Allah.
Keluaran 4: 22-23
4:22.Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman TUHAN: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung;
4:23.sebab itu Aku berfirman kepadamu: Biarkanlah anak-Ku itu pergi, supaya ia beribadah kepada-Ku; tetapi jika engkau menolak membiarkannya pergi, maka Aku akan membunuh anakmu, anakmu yang sulung."

Tuhan memperjuangkan Israel untuk terlepas dari Mesir dan Firaun lewat sepuluh tulah, sehingga bisa beribadah melayani Dia.

Bagaimana dengan bangsa kafir--keturunan Abraham secara rohani--?
Ibrani 9: 14
9:14.betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kitadari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Tuhan juga sudah memperjuangkan ibadah pelayanan bangsa kafir lewat berkorban nyawa di kayu salib.

Jadi, Zakkeus dan bangsa kafir seharusnya berada di rumah Tuhan untuk beribadah melayani Tuhan--menjadi imam-imam.
Tetapi Zakheus dan bangsa kafir justru berada di rumah cukai. Artinya: kita seringkali kembali pada perbudakan, yaitu:

  1. Berada di Yerikho.
    Yerikho artinya lembah bunga--gambaran dunia dengan segala pengaruhnyayang mengikat imam-imam.
    Yakobus 4: 4
    4:4.Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan duniaadalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

    Dunia dengan segala pengaruhnya: kesibukan, pergaulan, kesukaan, kesusahan dan sebagainya yang mengikat kita, sehingga kita tidak setia dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.

    Ibrani 10: 25
    10:25.Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadahkita, seperti dibiasakanoleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

    Tidak setia sama dengan menjauhkan diri dari ibadah. Ini sama dengan dosa kebiasaan--tidak menyesal saat tidak bisa beribadah--, dan dekat dengan neraka.

  2. Kepala pemungut cukai, seorang yang kaya= cinta akan uang, sehingga tidak mengasihi Tuhan; berarti terikat pada keinginan akan uang.
    Uang dianggap sebagai kepala dalam hidupnya, lebih dari pada Tuhan. Semua diukur dengan uang

    Akibatnya: tidak menjadikan Yesus sebagai kepala; tidak ada hubungan dengan Tuhan, sehingga tidak mau beribadah melayani dan menyembah Tuhan sekalipun ada fasilitas dan kesempatan. Ini sudah merupakan dosa sengajayang tidak terampunkan tetapi harus dihukum dalam api neraka.

    Ibrani 10: 26-27
    10:26.Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.
    10:27. Tetapi
    yang ada ialah kematian yang mengerikanakan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.

Bagaimana cara Yesus menolong?
Lukas 19: 1, 5-6
19:1.Yesus masuk ke kota Yerikhodan berjalan terus melintasi kota itu.
19:5. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "
Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu."
19:6. Lalu
Zakheus segera turundan menerima Yesus dengan sukacita.

  1. Yesus lewat di Yerikho, tempatnya Zakheus.
  2. Ayat 5-6= Yesus menyampaikan firman pengajaran yang benar, yang lebih tajam dari pedang bermata dua untuk melepaskan Zakheus termasuk bangsa kafir dari ikatan-ikatan dunia dan uang.

Sikap seorang imam: mendengar firman, mengerti, percaya, dan taat dengar-dengaran--praktik firman.
Ini sama dengan mengulurkan tangan iman kepada Tuhan.

Hasil dari praktik firman:

  1. Lukas 19: 8
    19:8.Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."

    Hasil pertama: Tuhan mengulurkan tangan belas kasih untuk menyucikan kita dari ikatan dosa dan mengubahkan kita, sehingga kita bisa mengaku dosa kepada Tuhan dan sesama. Ini adalah mujizat terbesar. Jika diampuni jangan berbuat dosa lagi. Kita bertobat dan hidup dalam kebenaran dan kesucian.

  2. Keluaran 29: 1
    29:1."Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka, untuk menguduskan mereka, supaya mereka memegang jabatan imambagi-Ku: Ambillah seekor lembu jantan muda dan dua ekor domba jantan yang tidak bercela,

    Hasil kedua: Tuhan mengulurkan tangan belas kasih-Nya untuk mentahbiskan kita menjadi imam-imam yang setia berkobar-kobardalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.
    Kita disucikan lebih dulu, baru bisa ditahbiskan oleh Tuhan.

    Kalau digabung: pelayan Tuhan yang suci dan setia berkobar-kobar sama dengan pelayan bagaikan nyala api.
    Ibrani 1: 7
    1:7.Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."

    Wahyu 1: 14
    1:14.Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.

    Imam yang suci dan setia berkobar adalah biji mata Tuhan sendiri.
    Artinya: tangan belas kasih Tuhan diulurkan untuk melindungi dan memelihara kitayang kecil tak berdaya di tengah krisis dunia akhir zaman sampai Antikris berkuasa di bumi. Kita disingkirkan ke padang gurun dan dipelihara Tuhan lewat firman dan perjamuan suci.

    Zakharia 2: 7-8
    2:7.Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!
    2:8.Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu--sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya--:

    Biji mata Tuhan adalah kehidupan yang dilepaskan dari Babel--dosa makan minum dan kawin mengawinkan--, sehingga bisa dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, mulai dari nikah sampai Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna.

  3. Lukas 19: 9-10
    19:9.Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham.
    19:10.Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

    Hasil ketiga: Tuhan mengulurkan tangan belas kasih-Nya untuk menyelamatkan kita sekeluarga.

    Secara jasmani: menolong kita menghadapi masalah yang mustahil, menyembuhkan kita, dan melakukan apa saja yang tidak bisa kita pikirkan dan lakukan.

    Secara rohani: kita tidak dihukum.
    Ibrani 9: 28
    9:28.demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

    Jika Yesus datang kembali, kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai--keselamatan penuh. Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yerusalem baru.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 23 Juni 2016 (Kamis Sore)
    ... tangan-Ku ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi melainkan percayalah. Tomas menjawab Dia Ya Tuhanku dan Allahku Kata Yesus kepadanya Karena engkau telah melihat Aku maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat namun percaya. Waspada ada iman yang tidak sehat iman karena melihat ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 07 November 2010 (Minggu Sore)
    ... benar seperti carang melekat pada Pokok Anggur yang benar. gembala dan domba-domba HARUS berada di kandang penggembalaan. Kandang penggembalaan ruangan suci dengan macam alat pelita emas https www. gptkk. org tabernakel pelita emas. html ketekunan dalam ibadah raya meja roti sajian https www. gptkk. org tabernakel meja roti sajian. html ketekunan dalam ibadah pendalaman Alkitab dan perjamuan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 16 Juni 2020 (Selasa Sore)
    ... uang kita akan mengasihi uang dan tidak ada kasih kepada Tuhan. Dulu saat Israel mau keluar dari Mesir yang terakhir adalah diperbolehkan keluar tetapi ternaknya tidak boleh. Ternak adalah gambaran dari kekayaan. Kita harus terlepas dulu dari uang baru kita bisa terlepas dari dunia dan terangkat di awan-awan. Supaya kita mendapatkan makanan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 15 September 2020 (Selasa Sore)
    ... Allah di bumi yaitu tubuh kita dan tempat kita beribadah melayani. Sekarang Tabut Perjanjian masih dalam bentuk kabarnya yaitu Kabar Mempelai firman pengajaran yang lebih tajam dari bermata dua. Kita harus mengutamakan Kabar Mempelai setiap kali kita beribadah melayani sehingga tubuh jiwa dan roh kita diisi oleh Kabar Mempelai. Oleh sebab itu tujuan ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 17 Juni 2015 (Rabu Malam)
    ... dipercayakan oleh TUHAN. Minyak persediaan gadis yang pandai membawa minyak persediaan dan gadis bodoh tidak membawa persediaan. Minyak persediaan sama dengan minyak yang berlimpah meluap-luap dalam Roh Kudus. Minyak persediaan artinya bagi kita sekarang yaitu aktifitas Roh Kudus Yesaya - Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai dan taruk yang akan tumbuh ...
  • Ibadah Persekutuan Medan III, 12 Oktober 2022 (Rabu Sore)
    ... Allah. Loh batu pertama mengasihi Tuhan lebih dari semua. Loh batu kedua mengasihi sesama seperti diri sendiri. Jadi dua loh batu berisi kasih Allah sehingga kita bisa mengasihi Tuhan lebih dari semua dan mengasihi sesama seperti diri sendiri bahkan mengasihi orang yang memusuhi kita. Kita akan mengalami kebahagiaan Sorga. Kalau kita membenci orang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 08 Desember 2010 (Rabu Sore)
    ... sekarang telah menjadi umat-Nya yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan. Kita yang dulu bukan umat Allah tapi kalau kita dipanggil dan dipilih oleh Tuhan itu adalah kemurahan Tuhan pada kita. Jadi menyuruh orang lain memanggil Yesus sama dengan tidak menghargai panggilan Tuhan tidak menghargai korban Kristus sebab ...
  • Ibadah Paskah Kaum Muda Remaja Malang, 11 April 2015 (Sabtu Sore)
    ... telah disembelih yaitu Kristus. Karena itu marilah kita berpesta bukan dengan ragi yang lama bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan tetapi dengan roti yang tidak beragi yaitu kemurnian dan kebenaran. Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah supaya kamu jangan bergaul dengan orang yang sekalipun menyebut dirinya saudara adalah orang ...
  • Ibadah Paskah Kaum Muda Malang, 22 April 2017 (Sabtu Sore)
    ... jahat keluar dari manusia iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian dan karena ia tidak mendapatnya ia berkata Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Rumah yang bersih tersapu dan rapi teratur. Lukas - Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu bersih tersapu dan rapih teratur. Lalu ia ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 05 Mei 2011 (Kamis Sore)
    ... kita Matius . Sama dengan mengalami penyucian dari roh jahat serigala dan roh najis burung yang bercokol berdiam dan bersembunyi didalam hati dan pikiran. Wahyu Dan ia berseru dengan suara yang kuat katanya Sudah rubuh sudah rubuh Babel kota besar itu dan ia telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan tempat bersembunyi ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.