Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 19: 1-7= tentang Zakheus. Dalam susunan Tabernakel bicara soal tahbisan.
Lukas 19: 1-2, 9
19:1.Yesus masuk ke kota Yerikho dan berjalan terus melintasi kota itu.
19:2.Di situ ada seorang bernama Zakheus, kepala pemungut cukai, dan ia seorang yang kaya.
19:9.Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham.

Zakheus adalah keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub secara jasmani, berarti ia anak sulung Allah.
Keluaran 4: 22-23
4:22.Maka engkau harus berkata kepada Firaun: Beginilah firman TUHAN: Israel ialah anak-Ku, anak-Ku yang sulung;
4:23.sebab itu Aku berfirman kepadamu: Biarkanlah anak-Ku itu pergi, supaya ia beribadah kepada-Ku; tetapi jika engkau menolak membiarkannya pergi, maka Aku akan membunuh anakmu, anakmu yang sulung."

Tuhan memperjuangkan Israel untuk terlepas dari Mesir dan Firaun lewat sepuluh tulah, sehingga bisa beribadah melayani Dia.

Bagaimana dengan bangsa kafir--keturunan Abraham secara rohani--?
Ibrani 9: 14
9:14.betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diri-Nya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat, akan menyucikan hati nurani kitadari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup.

Tuhan juga sudah memperjuangkan ibadah pelayanan bangsa kafir lewat berkorban nyawa di kayu salib.

Jadi, Zakkeus dan bangsa kafir seharusnya berada di rumah Tuhan untuk beribadah melayani Tuhan--menjadi imam-imam.
Tetapi Zakheus dan bangsa kafir justru berada di rumah cukai. Artinya: kita seringkali kembali pada perbudakan, yaitu:

  1. Berada di Yerikho.
    Yerikho artinya lembah bunga--gambaran dunia dengan segala pengaruhnyayang mengikat imam-imam.
    Yakobus 4: 4
    4:4.Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan duniaadalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah.

    Dunia dengan segala pengaruhnya: kesibukan, pergaulan, kesukaan, kesusahan dan sebagainya yang mengikat kita, sehingga kita tidak setia dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.

    Ibrani 10: 25
    10:25.Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadahkita, seperti dibiasakanoleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

    Tidak setia sama dengan menjauhkan diri dari ibadah. Ini sama dengan dosa kebiasaan--tidak menyesal saat tidak bisa beribadah--, dan dekat dengan neraka.

  2. Kepala pemungut cukai, seorang yang kaya= cinta akan uang, sehingga tidak mengasihi Tuhan; berarti terikat pada keinginan akan uang.
    Uang dianggap sebagai kepala dalam hidupnya, lebih dari pada Tuhan. Semua diukur dengan uang

    Akibatnya: tidak menjadikan Yesus sebagai kepala; tidak ada hubungan dengan Tuhan, sehingga tidak mau beribadah melayani dan menyembah Tuhan sekalipun ada fasilitas dan kesempatan. Ini sudah merupakan dosa sengajayang tidak terampunkan tetapi harus dihukum dalam api neraka.

    Ibrani 10: 26-27
    10:26.Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.
    10:27. Tetapi
    yang ada ialah kematian yang mengerikanakan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.

Bagaimana cara Yesus menolong?
Lukas 19: 1, 5-6
19:1.Yesus masuk ke kota Yerikhodan berjalan terus melintasi kota itu.
19:5. Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "
Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu."
19:6. Lalu
Zakheus segera turundan menerima Yesus dengan sukacita.

  1. Yesus lewat di Yerikho, tempatnya Zakheus.
  2. Ayat 5-6= Yesus menyampaikan firman pengajaran yang benar, yang lebih tajam dari pedang bermata dua untuk melepaskan Zakheus termasuk bangsa kafir dari ikatan-ikatan dunia dan uang.

Sikap seorang imam: mendengar firman, mengerti, percaya, dan taat dengar-dengaran--praktik firman.
Ini sama dengan mengulurkan tangan iman kepada Tuhan.

Hasil dari praktik firman:

  1. Lukas 19: 8
    19:8.Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: "Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat."

    Hasil pertama: Tuhan mengulurkan tangan belas kasih untuk menyucikan kita dari ikatan dosa dan mengubahkan kita, sehingga kita bisa mengaku dosa kepada Tuhan dan sesama. Ini adalah mujizat terbesar. Jika diampuni jangan berbuat dosa lagi. Kita bertobat dan hidup dalam kebenaran dan kesucian.

  2. Keluaran 29: 1
    29:1."Inilah yang harus kaulakukan kepada mereka, untuk menguduskan mereka, supaya mereka memegang jabatan imambagi-Ku: Ambillah seekor lembu jantan muda dan dua ekor domba jantan yang tidak bercela,

    Hasil kedua: Tuhan mengulurkan tangan belas kasih-Nya untuk mentahbiskan kita menjadi imam-imam yang setia berkobar-kobardalam ibadah pelayanan kepada Tuhan.
    Kita disucikan lebih dulu, baru bisa ditahbiskan oleh Tuhan.

    Kalau digabung: pelayan Tuhan yang suci dan setia berkobar-kobar sama dengan pelayan bagaikan nyala api.
    Ibrani 1: 7
    1:7.Dan tentang malaikat-malaikat Ia berkata: "Yang membuat malaikat-malaikat-Nya menjadi badai dan pelayan-pelayan-Nya menjadi nyala api."

    Wahyu 1: 14
    1:14.Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api.

    Imam yang suci dan setia berkobar adalah biji mata Tuhan sendiri.
    Artinya: tangan belas kasih Tuhan diulurkan untuk melindungi dan memelihara kitayang kecil tak berdaya di tengah krisis dunia akhir zaman sampai Antikris berkuasa di bumi. Kita disingkirkan ke padang gurun dan dipelihara Tuhan lewat firman dan perjamuan suci.

    Zakharia 2: 7-8
    2:7.Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel!
    2:8.Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu--sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya--:

    Biji mata Tuhan adalah kehidupan yang dilepaskan dari Babel--dosa makan minum dan kawin mengawinkan--, sehingga bisa dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, mulai dari nikah sampai Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna.

  3. Lukas 19: 9-10
    19:9.Kata Yesus kepadanya: "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham.
    19:10.Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."

    Hasil ketiga: Tuhan mengulurkan tangan belas kasih-Nya untuk menyelamatkan kita sekeluarga.

    Secara jasmani: menolong kita menghadapi masalah yang mustahil, menyembuhkan kita, dan melakukan apa saja yang tidak bisa kita pikirkan dan lakukan.

    Secara rohani: kita tidak dihukum.
    Ibrani 9: 28
    9:28.demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia.

    Jika Yesus datang kembali, kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai--keselamatan penuh. Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yerusalem baru.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session II, 12 Mei 2009 (Selasa Siang)
    ... bulan adalah hari raya Roti tidak beragi. Pada tanggal bulan sampai di Gunung Sinai. Jadi total hari jika dihitung sejak tanggal bulan maka ada hari. Ada angka dan ini adalah angka penyembahan. Artinya untuk dapat bertemu Tuhan dalam penyembahan maka kita harus mengalami perobekan daging angka tetapi harus dalam urapan Roh Kudus angka Pentakosta ...
  • Ibadah Persekutuan Tubuh Kristus di Palangkaraya, 23 September 2011 (Jumat Sore)
    ... yang sudah kita terima. Kita tidak akan pernah keluar terhilang dari kemurahan Tuhan. Siapa yang harus tergembala Mulai dari seorang gembala guru penginjil nabi rasul setiap pelayan Tuhan domba-domba SEMUA HARUS TERGEMBALA. Di mana kita harus tergembala Kita harus tergembala pada Firman Pengajaran benar pribadi Yesus seperti carang melekat pada pokok anggur yang ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 29 Mei 2022 (Minggu Siang)
    ... matahari dan kepadanya diberi kuasa untuk menghanguskan manusia dengan apiCAWAN KEEMPAT ditumpahkan ke atas MATAHARI sehingga matahari menjadi api yang menghanguskan manusia diterangkan pada Ibadah Pendalaman Alkitab Malang Mei . Istilah menghanguskan artinya mengalami hukuman di dunia ini sampai binasa selamanya. Matahari adalah gambaran dari kasih Allah yang benar adil dan sempurna ...
  • Ibadah Doa Malang, 27 September 2016 (Selasa Sore)
    ... Saat Yesus masuk baptisan air yang benar. Matius - Sesudah dibaptis Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan Inilah Anak-Ku yang Kukasihi kepada-Nyalah Aku berkenan. Baptisan air yang ...
  • Ibadah Raya Malang, 31 Januari 2010 (Minggu Pagi)
    ... bekerja tidak sesuai panggilan atau pilihan karena hanya mencari keuntungan jasmani sehingga tidak peduli firman pengajaran yang benar. Keluaran pengerah orang Mesir menunjuk pada orang dunia yang memang tidak bertobat sehingga berbuat dosa sampai puncaknya yaitu dosa kejahatan dan kenajisan. Akibatnya adalah dibunuh yaitu kering mati rohani sampai ketinggalan saat Yesus ...
  • Ibadah Raya Malang, 07 Maret 2010 (Minggu Pagi)
    ... diketahui orang lain. Memberi sedekah untuk dipuji disanjung orang lain. Memberi sedekah untuk mendapat keuntungan secara jasmani lewat korupsi mencuri. Yohanes - . Yakobus - memberi sedekah adalah ibadah bukan sosial. Memberi sedekah adalah ibadah kepada Tuhan yang harus disertai dengan kesucian hati dan kesucian mulut. Petrus jika kita taat dengar-dengaran pada firman ...
  • Ibadah Doa Malang, 23 Mei 2017 (Selasa Sore)
    ... berbuah sama dengan kehidupan yang suci diurapi Roh Kudus dan dipakai oleh Tuhan sama dengan melarikan diri dari hukuman Tuhan sehingga tidak binasa. Prosesnya Tongkat adalah kayu kecil yang cukup ukurannya sesuai kebutuhan dan terpisah dari akar mati . Artinya Oleh dorongan firman pengajaran yang benar yang lebih tajam dari ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 15 Agustus 2012 (Rabu Sore)
    ... mengambil mayat itu mengapaninya dengan kain lenan yang putih bersih . lalu membaringkannya di dalam kuburnya yang baru yang digalinya di dalam bukit batu dan sesudah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu pergilah ia. . Tetapi Maria Magdalena dan Maria yang lain tinggal di situ duduk di depan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 27 Januari 2013 (Minggu Sore)
    ... hujan akhir kegerakan dalam cahaya injil tentang kemuliaan Kristus Firman pengajaran kabar mempelai. Malam ini kita masih membahas ayat mulai diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya Januari . Injil keselamatan Firman penginjilan kabar baik untuk membawa orang berdosa percaya pada Yesus dan diselamatkan lewat BAPTISAN AIR. Jadi baptisan air merupakan amanat agung Tuhan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 09 Agustus 2015 (Minggu Sore)
    ... telanjang di Taman Eden--mereka diusir ke dunia-- maka semua manusia sudah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah--telanjang dan harus binasa untuk selama-lamanya. Roma - . Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah . dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus. . ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.