Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 20: 9=> perumpamaan tentang penggarap-penggarap kebun anggur.
20:9.Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini kepada orang banyak: "Seorang membuka kebun anggur; kemudian ia menyewakannya kepada penggarap-penggarap lalu berangkat ke negeri lain untuk waktu yang agak lama.

Seorang membuka kebun anggur. Ini menunjuk pada Tuhan Yesus yang membuka kebun anggur untuk memberi kita kesempatan seluas-luasnya bekerja di kebun anggur.

Kemudian, Ia menyewakan kepada penggarap-penggarap.
Sebenarnya, Tuhan sanggup untuk menggarap kebun anggur-Nya sendiri. Tetapi kalau Ia menyewakan kebun anggur-Nya kepada penggarap-penggarap, itu adalah semata-mata belas kasih dan kemurahan Tuhan.

Zakharia 6: 12-13, 15
6:12.katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Inilah orang yang bernama Tunas. Ia akan bertunas dari tempatnya dan ia akan mendirikan bait TUHAN.
6:13.Dialah yang akan mendirikan bait TUHAN, dan dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah di atas takhtanya. Di sebelah kanannya akan ada seorang imam dan permufakatan tentang damai akan ada di antara mereka berdua.
6:15.Orang-orang dari jauh akan datang untuk turut membangun bait TUHAN; maka kamu akan mengetahui bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu. Dan hal ini akan terjadi, apabila kamu dengan baik-baik mendengarkan suara TUHAN Allahmu."

Kebun anggur menunjuk pada pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna/Bait Suci rohani.
Yesus sebagai tunas Daud mampu untuk membangun Bait Suci rohani seorang diri, tetapi jika kita diikutsertakan dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, itu adalah kemurahan Tuhan kepada kita.
Jadi, jangan pernah sombong kalau kita dipanggil Tuhan untuk melayani.

1 Korintus 7: 22-23
7:22.Sebab seorang hamba yang dipanggil oleh Tuhan dalam pelayanan-Nya, adalah orang bebas, milik Tuhan. Demikian pula orang bebas yang dipanggil Kristus, adalah hamba-Nya.
7:23.Kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar. Karena itu janganlah kamu menjadi hamba manusia.

Untuk dipanggil Tuhan, kita harus bebas dari dosa.
Untuk memanggil kita dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, Yesus harus membayar harganya, yaitu Ia harus mati di kayu salib untuk menebus dan membebaskan manusia berdosa, supaya kita bisa melayani Tuhan.

Jadi, harga ibadah pelayanan kita adalah seharga kurban Kristus di kayu salib. Tidak bisa diperjualbelikan!
Oleh sebab itu kita harus menghargai dan memperjuangkan ibadah pelayanan kepada Tuhanapapun yang harus kita korbankan, karena semuanya tidak sebanding dengan kurban Kristus.
Semua harus dikorbankan kecuali firman pengajaran yang benar.

Tidak menghargai dan memperjuangkan ibadah pelayanan kepada Tuhan sama dengan tidak setia bahkan meninggalkan ibadah pelayanan apapun alasannya. Akibatnya: berhutang darah Yesus yang tidak bisa dibayar dengan apapun, tetapi hanya mengalami hukuman api neraka.

MengapaTuhan begitu gigih berjuang sampai mengorbankan nyawa-Nya untuk mengikutsertakan dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna?

  1. Kalau tidak masuk pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, akan masuk pembangunan Babel; mempelai wanita Setan yang sempurna dalam kejahatan dan kenajisan untuk dibinasakan selamanya.

  2. Tuhan merindu untuk menjadi kepala atas tubuh-Nya; bertanggung jawab sepenuhnya atas kehidupan kita untuk pemeliharaan, perlindungan, dan pemilikan-Nya--Ia bertanggung jawab sampai mati di kayu salib.

  3. Untuk menghasilkan air anggur yang manis dan dibawa masuk dalam perjamuan kawin Anak Domba--nikah sempurna di awan-awan yang permai antara Kristus dan sidang jemaat--sampai masuk hidup kekal.

Bagaimanacara melayani dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna? Yesus sebagai Tunas Daud yang membangun, dan kita hanya diikutsertakan.
Zakharia 6: 12-13, 15
6:12.katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Inilah orang yang bernama Tunas. Ia akan bertunas dari tempatnya dan ia akan mendirikan bait TUHAN.
6:13.
Dialah yang akan mendirikan bait TUHAN, dan dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah di atas takhtanya. Di sebelah kanannya akan ada seorang imam dan permufakatan tentang damai akan ada di antara mereka berdua.
6:15.
Orang-orang dari jauh akan datang untuk turut membangun bait TUHAN; maka kamu akan mengetahui bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu. Dan hal ini akan terjadi, apabila kamu dengan baik-baik mendengarkan suara TUHAN Allahmu."

Pembangunan tubuh Kristus dimulai dari nikah.
Jadi, cara melayani pembangunan tubuh Kristus yang sempurna adalah meneladani pelayanan Yesus sebagai Tunas Daud, sehingga kita pasti berhasil. Yesus tidak pernah gagal, berarti kita juga tidak akan gagal, dan tidak ada yang bisa menghancurkan.

Kalau kita merasa berat dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, berarti kita melayani diri sendiri, bukan ikut serta dengan Tuhan. Kalau melayani sendiri, satu waktu akan pensiun dan menyangkal Tuhan.
Tetapi kalau ikut serta Tuhan, kita akan melayani selamanya.

Kegiatan Yesus sebagai Tunas Daud yang harus diteladani: tampil sebagai bintang timur yang gilang-gemilang dengan kegiatan kasih Allah.
Wahyu 22: 16
22:16."Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang."

Yesaya 14: 12-15
14:12."Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!
14:13.Engkau yang tadinya berkata dalam hatimu: Aku hendak(1)naik ke langit, aku hendak(2)mendirikan takhtaku mengatasi bintang-bintang Allah, dan aku hendak(3)duduk di atas bukit pertemuan, jauh di sebelah utara.
14:14.Aku hendak(4)naik mengatasi ketinggian awan-awan, hendak(5)menyamai Yang Mahatinggi!
14:15.Sebaliknya, ke dalam dunia orang mati engkau diturunkan, ke tempat yang paling dalam di liang kubur.

Sebelum Yesus, sudah ada Bintang Timur di sorga, yaitu malaikat Lucifer, pemimpin puji-pujian dan musik di sorga. Tetapi karena kesombongannya--'lima kali: Aku hendak..', ia tidak taat kepada Tuhan. Akibatnya: ia dijatuhkan ke tempat paling dalam di alam maut.
Lima kali: Aku hendak= puncak kesombongan.

Yesaya 53: 1-3
53:1.Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?
53:2.Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
53:3.Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

Filipi 2: 8-9
2:8.Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nyadan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
2:9. Itulah sebabnya
Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,

Sebaliknya, Yesus sangat merendahkan diri dan direndahkan serendah-rendahnya sampai tidak ada yang mau memandang wajah-Nya untuk taat sampai mati di kayu salib dengan lima luka utama--puncak kerendahan hati--, sehingga Ia diangkat setinggi-tingginya untuk mendapatkan nama di atas segala nama dan menjadi bintang timur yang gilang-gemilang. Artinya: bercahaya selamanya dan tidak pernah jatuh, untuk menggantikan Lucifer.

Ini pelajaran bagi kita. Kerajaan sorga tidak pernah kosong. Oleh sebab itu, jangan melepaskan jubah pelayanan karena tempat yang kita tinggalkan akan digantikan oleh orang lain, dan kita tidak bisa kembali lagi ke sana sekalipun kita mencucurkan air mata darah.
Contoh: Lucifer digantikan Yesus; Esau digantikan Yakub; Yudas Iskariot digantikan Matias.

Yohanes 2: 19-21
2:19.Jawab Yesus kepada mereka: "Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali."
2:20.Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: "Empat puluh enam tahun orang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?"
2:21.Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Aktivitas kasih Allah dalam pribadi Yesus adalah taat sampai mati di kayu salib; bagi kita artinya taat sampai daging tidak bersuara lagi.
Yesus taat sampai mati, tetapi Ia bangkit dan dipermuliakan untuk:

  • Membangun tubuh Kristus di bumi,.
  • Mengisi tempat yang kosong di sorga karena ditinggalkan Lucifer.
  • Ia menyediakan tempat bagi kita semua di sorga.

Meneladani aktivitas Yesus dalam kasih Allah artinya kita harus rela mati dan bangkit bersama Yesus, mulai dari baptisan air yang benar.
Roma 6: 4
6:4.Dengan demikian kita telah dikuburkanbersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkandari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Baptisan air yang benar adalah orang yang sudah percaya Yesus dan bertobat--mati terhadap dosa--harus dikuburkan dalam air bersama Yesus di dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus, dan bangkit--keluar dari dalam air--bersama Yesus sehingga mendapatkan hidup baru/hidup sorgawi yaitu hidup dalam urapan Roh Kudus/hidup dalam kasih Allah.

Apa yang harus dibaharui?Tadi, Bait Allah dibangun empat puluh enam tahun, ini menunjuk pada sepuluh hukum; sama dengan angka kasih.
Dulu sepuluh pengintai tidak tabah; sama dengan bimbang dan tanpa kasih.

Bilangan 13: 27-28
13:27.Mereka menceritakan kepadanya: "Kami sudah masuk ke negeri, ke mana kausuruh kami, dan memangnegeri itu berlimpah-limpah susu dan madunya, dan inilah hasilnya.
13:28.Hanya, bangsa yang diam di negeri itu kuat-kuat dan kota-kotanya berkubu dan sangat besar, juga keturunan Enak telah kami lihat di sana.

'memang'= tahu kalau firman Allah benar.
'Hanya'= suara daging.
Tidak tabah artinya

  • Tidak berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar tetapi membesarkan pencobaan dari pada firman.
  • Tidak berharap kepada Yesus yang sudah mati dan bangkit.

Tidak tabah harus diubah menjadi kuat teguh hati. Artinya: tetap percaya pada firman pengajaran yang benar apapun yang dihadapi; tetap berharap sepenuh pada Yesus, Tunas Daud.

Buktikita kuat teguh hati: hati damai sekalipun mata melihat pencobaan yang mustahil.
Roma 15: 12-13
15:12.Dan selanjutnya kata Yesaya: "Taruk dari pangkal Isai akan terbit, dan Ia akan bangkit untuk memerintah bangsa-bangsa, dan kepada-Nyalah bangsa-bangsa akan menaruh harapan."
15:13.Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahteradalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Hati damai artinya semua sudah diambil alih oleh Tuhan.
Hati kita damai karena mata kita hanya memandang kepada Yesus sebagai Imam Besar yang duduk di sebelah kanan takhta Allah Bapa.

Kalau hati damai, Tuhan akan bekerja untuk menghancurkan Setan.
Roma 16: 20
16:20.Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblisdi bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!

Setan adalah sumber segala yang tidak baik. Setan dihancurkan berarti kita benar-benar hidup dalam tangan belas kasih Tuhan.

Hasilnya:

  1. Tunas selalu tumbuh melalui tanah kering berbatu-batu= tidak bisa dihalangi apapun.
    Artinya: tangan belas kasih Tuhan sanggup melindungi dan memelihara kitasampai berkelimpahan di tengah kesulitan dunia yang semakin meningkat sampai Antikris berkuasa di bumi.

  2. Tunas bertumbuh artinya ada masa depan berhasil dan indah pada waktunya.
  3. Tangan belas kasih Tuhan menyelesaikan semua masalah yang mustahil.
  4. Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yeruslem baru selamanya.

Bawa semua yang sudah 'mati' dalam tangan Tuhan! Biar semua bertunas, bertumbuh, sampai berbuah mempelai wanita.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Malang Session I, 10 Juni 2010 (Kamis Malam)
    ... Korban domba jantan pertama korban penyerahan diri sepenuh. Jika dosa sudah diperdamaikan akan dengan mudah menyerahkan diri sepenuh kepada Tuhan. Praktiknya adalah tunduk taat dengar-dengaran. Korban domba jantan kedua korban tahbisan. Korban domba jantan pertama korban penyerahan diri sepenuh. Kegunaan korban ini adalah untuk menghasilkan bau harum di hadapan Tuhan. Keluaran - Kemudian ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 13 Desember 2009 (Minggu Sore)
    ... ketinggalan untuk binasa dengan dunia. Tapi kalau kita berjaga-jaga maka kita akan diangkat bersama dengan Tuhan untuk selama-lamanya. Markus - jaga malam menjelang malam - . tengah malam - larut malam - pagi-pagi buta - Kita harus berjaga pada waktu jaga malam ini MENJELANG MALAM Lukas - Menjelang malam yang ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 30 Januari 2016 (Sabtu Sore)
    ... yang dikatakannya itu. Sementara ia berkata demikian datanglah awan menaungi mereka. Dan ketika mereka masuk ke dalam awan itu takutlah mereka. Kebahagiaan Surga adalah kebahagiaan sejati yang tidak bisa dipengaruhi oleh apa pun di dunia bahkan dalam penderitaan sekalipun kita bisa berbahagia. Kebahagiaan Surga dikaitkan dengan kemah suci yaitu Tabernakel miniatur Kerajaan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 16 Januari 2012 (Senin Sore)
    ... sebab mereka penjala ikan. . Yesus berkata kepada mereka Mari ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia. . Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. . Dan setelah Yesus pergi dari sana dilihat-Nya pula dua orang bersaudara yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya bersama ayah mereka Zebedeus ...
  • Ibadah Raya Malang, 09 Februari 2014 (Minggu Pagi)
    ... jalan salib maka akan binasa selamanya. Di Taman Getsemani Yesus sempat meminta untuk melalukan cawan Yesus sendiri bergumul untuk melalui jalan kematian tetapi Yesus berhasil. Jadi dalam persahabatan dalam nikah rumah tangga dalam gereja persekutuan yang sejati justru adalah dalam masa kesusahan. Petrus - Sebab adalah kasih karunia jika seorang ...
  • Ibadah Doa Malang, 10 Februari 2009 (Selasa Sore)
    ... yang permai. Ayat . Kita masih membahas tanda kedua. Wahyu Salah satu penampilan Yesus di awan-awan sebagai Mempelai Pria Sorga maka gereja Tuhan harus tampil sebagai mempelai wanita yang siap sedia. Matius - Yang harus disiapkan mempelai wanita adalah pelita harus tetap menyala. Supaya pelita menyala maka kita harus memiliki Minyak persediaan Roh Kudus ...
  • Ibadah Raya Malang, 31 Oktober 2021 (Minggu Pagi)
    ... dan anak cicitnya demikianlah firman TUHAN. Aku akan membuat Babel menjadi milik landak dan menjadi air rawa-rawa dan kota itu akan Kusapu bersih dan Kupunahkan demikianlah firman TUHAN semesta alam. Kehidupan yang egois digambarkan sebagai rawa hanya menerima air tetapi tidak mengalirkannya hanya menerima berkat tetapi tidak mau memberi kepada ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 10 Oktober 2011 (Senin Sore)
    ... seorang dari kedua belas murid itu dan bersama-sama dia serombongan besar orang yang membawa pedang dan pentung disuruh oleh imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi. Pribadi yang kedua adalah Yudas Iskariot. pribadi yang TIDAK berjaga-jaga dan berdoa sehingga tidak mengalami perobekan daging mempertahankan kehendak daging yang kuat . 'serombongan besar orang' kekuatan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 08 Desember 2019 (Minggu Siang)
    ... penggembalaan sanggup untuk menyucikan kita secara dobel--'ia akan membuat perutmu terasa pahit tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu'--yaitu penyucian lahir perbuatan dan perkataan --'mulut'--dan batin--'perut'-- sama dengan seluruh hidup kita. Kolose - . Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi yaitu percabulan kenajisan hawa nafsu ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 08 Januari 2009 (Kamis Sore)
    ... oleh kekuatan antikris mammon menuju kebinasaan Wahyu - Jika gereja hanya menonjolkan hal-hal yang jasmani tidak mengutamakan Firman maka ini adalah gereja palsu menuju kebinasaan. JADI. . . . . Hari-hari ini kita harus mengutamakan Firman dan mempraktekkan. Seringkali kita senang mendengar tapi tidak mampu untuk mempraktekkan. Jalan Keluar Lewat Doa Penyembahan kita mampu ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.