Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Matius 24:45-51adalah tentang berjaga-jaga.
Kita harus berjaga-jaga sebab kedatangan Yesus kedua kali tidak diketahui waktunya, supaya kita tidak tertinggal dan binasa bersama dunia.

Ada 3 hal yang harus dijaga:
  1. Berjaga-jaga/ setia dan bijaksana dalam pembagian makanan rohani.
  2. Berjaga-jaga/ setia dan bijaksana dalam ibadah dan pelayanan kepada Tuhan.
  3. Berjaga-jaga dalam hal karakter/ tabiat kita.

Ad.2. Matius 24:48-51a, berjaga-jaga dalam ibadah pelayanan.
Lukas 6:13, hamba Tuhan/ pelayan Tuhan adalah kehidupan yang dipanggil dan dipilih oleh Tuhan serta diberi jabatan pelayanan.
Jabatan pelayanan merupakan tempat kita dalam tubuh Kristus.

Keadaan hamba Tuhan yang lengah, tidak berjaga-jaga/ tidak setia dan bijaksana dalam ibadah pelayanan:
  • Jatuh dalam dosa kejahatan dan kenajisan.
  • Merusak tubuh Kristus.
    Amsal 18:9,sama dengan membangun tubuh Babel
Akibatnya: tertinggal saat kedatangan Yesus kedua kali dan binasa untuk selamanya.

Yohanes 12:26.
Kalau kita berjaga-jaga, sama dengan pelayan yang bukan saja dipanggil dan dipilih, tetapi dikhususkan oleh Tuhan menjadi mempelai wanita Tuhan (hanya istri yang boleh berada di mana suami berada).
Dari banyak yang dipanggil, hanya sedikit yang dipilih. Setelah dipilih, masih bisa digugurkan sepertiga. Oleh sebab itu, kita perlu dikhususkan oleh Tuhan, sampai menjadi mempelai wanita Tuhan.

Bagaimana pelayan Tuhan bisa dikhususkan oleh Tuhan?
Imamat 21:12,pelayan Tuhan bisa dikhususkan kalau berada di ruangan Suci. Di situ ada 3 macam alat menunjuk ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok = tergembala:
  1. Pelita Emas = ketekunan dalam Ibadah Raya.
  2. Meja Roti Sajian = ketekunan dalam Ibadah Pendalaman Alkitab.
  3. Medzbah Dupa Emas = ketekunan dalam Ibadah Doa.
Dalam penggembalaan, ada jaminan kita hidup dalam kesucian dan dalam urapan Roh Kudus, sehingga tidak akan dijatuhkan, tidak akan loyo dalam pelayanan. Kehidupan kita tidak bisa diganggu gugat oleh siapa pun, sampai menjadi maha kudus, kehidupan yang sempurna sebagai mempelai wanita Tuhan (Imamat 27:28).

Imamat 27:29.
Jika tidak mau tergembala, lengah dalam ibadah pelayanan, pasti akan dikhususkan untuk dibinasakan, ketinggalan saat Yesus datang kedua kali.

Ada 3 tingkatan pelayan Tuhan yang dikhususkan:
  1. Wahyu 17:14, pelayan Tuhan yang dipanggil, dipilih, dan setia.
    Setia artinya tidak mau dihalangi sampai tidak bisa dihalangi.
    Setia = menang atas binatang.
    Tidak setia = kalah, dan akan binasa.

    Wahyu 17:3.
    Kita menang atas binatang yaitu antikris, yang mendukung gereja palsu/ Babel.
    Menang atas antikris artinya menang atas:
    • Ikatan akan uang/ mamon, yang membuat kikir (tidak bisa memberi) dan serakah (merampas milik orang lain/ Tuhan).
      Jika kita lepas dari ikatan akan uang, maka kita bisa mengembalikan perpuluhan dan persembahan khusus.

    • Mulut yang sombong dan menghujat.
      Wahyu 13:5-6.
      Mulut yang menang atas antikris hanya akan mengucap syukur dan menyembah Tuhan.

    • Kekuatan tanduk = pemberontak.
      Menang atas kekuatan tanduk adalah tunduk.
      Tunduk adalah sifat mempelai wanita, istri.
      Tunduk pada Tuhan = tunduk pada firman pengajaran yang benar, taat dengar-dengaran.
      Wasti gambaran orang yang memiliki banyak potensi, namun karena tidak taat, maka ia tersingkir untuk selamanya.
      Ester gambaran orang yang sederhana, namun tunduk sehingga ia berhasil.

      Ester 2:7,10,15,tunduk itu yang akan menjamin keberhasilan, mulai keberhasilan di dunia sampai keberhasilan tertinggi menjadi mempelai wanita Tuhan.
      Tunduk dimulai dari tunduk pada orang tua sesuai dengan firman pengajaran yang benar, tunduk pada gembala sesuai dengan firman pengajaran yang benar, dan tunduk pada Tuhan sesuai dengan firman pengajaran yang benar.
      Tunduk = menyelesaikan masalah.
      Tidak tunduk = menambah masalah.
      Kalau tidak tunduk, maka akan mengarah pada mempelai wanita Babel.

  2. Zakharia 2:7-8, pelayan Tuhan yang bagaikan biji mata Tuhan sendiri.
    Biji mata Tuhan adalah:
    1. Kehidupan pelayan Tuhan yang terlepas dari dosa-dosa sampai puncaknya dosa (dosa Babel), yaitu dosa makan-minum (merokok, mabuk, judi, narkoba) dan dosa kawin-mengawinkan (kawin campur, kawin cerai, dosa seks) = pelayan Tuhan yang hidup dalamkesucian.

    2. Efesus 4:11-12, diperlengkapi Tuhan dengan jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus = aktifdalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus.

    Hasil menjadi biji mata Tuhan:
    1. Mazmur 17:8,dilindungi dan dipelihara secara langsung oleh Tuhan di tengah padang gurun dunia yang sudah tandus, sulit untuk menabur dan menuai.
      Kalau antikris berkuasa 100 persen, maka kita tidak bisa bergantung pada apa-apa lagi, hanya bisa bergantung pada Tuhan. Perlindungan dan pemeliharaan Tuhan ini adalah bagaikan naungan sayap burung nasar.

    2. Wahyu 12:14,kita diberi dua sayap burung nasar yang besar untuk menerbangkan kita ke padang gurun yang jauh dari mata ular.
      Kita akan dipelihara oleh Tuhan selama 3.5 tahun antikris berkuasa. Kita semua akan menjadi full timer dan setiap hari hanya beribadah dan melayani Tuhan.

  3. Yohanes 12:26, pelayan Tuhan yang berada di mana Tuhan berada.
    Posisi ini bagaikan rasul Yohanes bersandar di dada Tuhan (terjemahan lama Yohanes 13:23).
    Bersandar di dada Tuhan artinya percaya dan mempercayakan diri sepenuh kepada Tuhan, mengasihi Tuhan lebih dari segala sesuatu.

    Yohanes 13:27,dalam Perjamuan Suci ada 2 kemungkinan terjadi:
    1. Terpisah dari Tuhan untuk selamanya seperti Yudas, sebab menerima Perjamuan Suci tanpa menguji diri, tanpa firman pengajaran yang benar atau menolak firman pengajaran yang benar, sehingga semua hanya menjadi kebiasaan bahkan menjadi kecelakaan.

    2. Bersandar di dada Tuhan seperti rasul Yohanes, karena menerima Perjamuan Suci dengan menguji diri lewat firman pengajaran yang benar, yang menunjuk dosa-dosa, dan kita mengakui dosa-dosa pada Tuhan dan sesama.

      Hasil bersandar di dada Tuhan:
      1. Tangan kasih Tuhan akan menuntun kita sehingga kita tidak tersandung oleh dosa, halangdan, sehingga kita tetap setia beribadah dan melayani Tuhan sampai Tuhan datang (2 Petrus 1:10-11), sampai punya hak penuh masuk Kerajaan Sorga.
        Jangan bersandar pada manusia, nanti akan tersandung. Lebih dari itu kita harus bersandar pada Tuhan, sehingga kita tidak pernah tersandung.

      2. 2 Tawarikh 14:9,11,tangan kasih Tuhan memberi kemenangan pada kita yang tidak berdaya melawan musuh yang lebih kuat, tangan kasih Tuhan menyelesaikan masalah yang sudah mustahil bagi kita, tangan kasih Tuhan menjadikan yang hancur jadi baik.

      3. Yohanes 21:20-23,hidup mati kita ada di dalam tangan kasih Tuhan, tangan kasih Tuhan yang mampu melakukan segala sesuatu dalam hidup kita.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Surabaya, 24 Maret 2013 (Minggu Sore)
    ... dingin. diakhir jaman ada ancaman dimana kasih menjadi dingin dan kedurhakaan meningkat sekalipun kita sudah menerima kasih Allah. Ini yang harus kita jaga sebab ini terjadi justru saat kedatangan Tuhan semakin dekat. Kalau kasih makin meningkat maka kedurhakaan akan hilang. Kalau kasih semakin dingin kedurhakaan akan semakin meningkat. macam kedurhakaan yang ...
  • Ibadah Doa Malang, 12 Januari 2016 (Selasa Sore)
    ... tidak membongkar serta mencurinya. Waspada ada musuh yang mengincar harta Surga Ngengat merusak pakaian putih. Karat merusak logam. Pencuri mencuri minyak urapan. Kita mempelajari ngengat yang merusak pakaian putih. Pakaian putih adalah pakaian pelayanan jabatan pelayanan yang dipercayakan Tuhan kepada kita supaya suatu waktu kita memiliki pakaian putih berkilau-kilau. Roma - Kamu ...
  • Ibadah Raya Surabaya,19 November 2017 (Minggu Siang)
    ... Yesus dalam kemuliaan Korintus - . Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga maka ia tertutup untuk mereka yang akan binasa . yaitu orang-orang yang tidak percaya yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus yang adalah gambaran Allah. Ilah berhala. Yang ...
  • Ibadah Natal Mojoagung, 09 Desember 2011 (Jumat Sore)
    ... Anak Allah. Yohanes . Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Yohanes - . Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 04 November 2015 (Rabu Sore)
    ... dingin tidak panas. Ini sama dengan keadaan bangsa Israel ketika di kaki gunung Sinai sementara Musa naik ke gunung Sinai untuk menerima loh batu dan Tabernakel saat itu keadaan bangsa Israel juga suam-suam kuku yaitu menyembah lembu emas sama dengan tidak kalah tidak menang 'bukan nyanyian kemenangan bukan bunyi nyanyian ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 13 September 2016 (Selasa Sore)
    ... gosip-gosip yang tidak benar. Sehingga menimbulkan pertanyaan sama dengan mulai bimbang terhadap suara Tuhan atau firman pengajaran yang benar sampai akhirnya meninggalkan firman pengajaran yang benar. Lukas Karena itu perhatikanlah cara kamu mendengar. Karena siapa yang mempunyai kepadanya akan diberi tetapi siapa yang tidak mempunyai dari padanya akan diambil juga ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 27 Desember 2015 (Minggu Sore)
    ... ini membenci gereja TUHAN padahal gereja membangun gereja sendiri--tidak tergantung pada pemerintah dan sebagainya--tetapi tetap dibenci. Yohanes - . Jikalau dunia membenci kamu ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. . Sekiranya kamu dari dunia tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia ...
  • Ibadah Raya Malang, 16 Oktober 2016 (Minggu Pagi)
    ... dalam suasana takhta Sorga di tengah dunia yang bengkok jahat dan najis. Sehingga suatu waktu kita juga benar-benar terangkat ke takhta Sorga saat kedatangan Yesus kedua kali. Takhta Sorga dikelilingi empat makhluk. Di bumi Yesus dikelilingi empat murid. Matius - - Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea Ia ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 10 Maret 2018 (Sabtu Sore)
    ... Manusia ia akan diampuni tetapi barangsiapa menghujat Roh Kudus ia tidak akan diampuni. . Apabila orang menghadapkan kamu kepada majelis-majelis atau kepada pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. . Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 24 Maret 2020 (Selasa Sore)
    ... Karena Musa dan Elia sudah mempunyai pengalaman menghadapi penyembahan berhala dari bangsa Israel dan mereka menang. Musa menghadapi penyembahan lembu emas yaitu keras hati dan suam-suam. Malam ini kita belajar tentang Elia. raja-raja . Lalu Elia mendekati seluruh rakyat itu dan berkata Berapa lama lagi kamu berlaku timpang dan bercabang hati Kalau ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.