Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Bersamaan dengan Penataran Imam dan Calon Imam I

Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Wahyu 6:5-6
6:5 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang ketiga, aku mendengar makhluk yang ketiga berkata: "Mari!" Dan aku melihat: sesungguhnya, ada seekor kuda hitam dan orang yang menungganginya memegang sebuah timbangan di tangannya.
6:6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

Pembukaan meterai yang ketiga sama dengan hukuman Allah Roh Kudus yang ketiga atas dunia, yaitu terjadi kegerakan kuda hitam yang menimbulkan kelaparan jasmani dan rohani, terutama kelaparan akan firman Allah. Akibatnya adalah semua manusia termasuk hamba Tuhan, pelayan Tuhan, yang tidak mengutamakan firman pengajaran yang benar, akan rebah dan tidak bangkit-bangkit lagi. Artinya adalah hidup dalam dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan-minum (merokok, mabuk, narkoba) dan kawin-mengawinkan (dosa percabulan dengan aneka ragamnya, kawin campur, kawin cerai), sampai binasa selamanya.

Jalan keluarnya:
  1. Harus memiliki satu dinar, yaitu upah bekerja di kebun anggur. Ini menunjuk pada ibadah pelayanan yang dibina oleh firman pengajaran yang benar.
  2. Jangan rusakkan minyak, yaitu urapan Roh Kudus.
  3. Jangan rusakkan anggur, yaitu kesukaan Sorga.

Jika digabung, "janganlah rusakkan minyak dan anggur" artinya jangan merusak tahbisan.
Keluaran 29:21
29:21 Haruslah kauambil sedikit dari darah yang ada di atas mezbah dan dari minyak urapan itu dan kaupercikkanlah kepada Harun dan kepada pakaiannya, dan juga kepada anak-anaknya dan pada pakaian anak-anaknya; maka ia akan kudus, ia dan pakaiannya, dan juga anak-anaknya dan pakaian anak-anaknya.

Lukas 10:30,33-35
10:30 Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.
10:33 Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.
10:34 Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.
10:35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.


Ada seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho, menunjuk pada kemerosotan rohani. Yerusalem adalah pusat kegiatan rohani atau ibadah pelayanan. Yerikho adalah pusat kegiatan jasmani atau perdagangan. Banyak hamba Tuhan/ pelayan Tuhan yang mengalami kemerosotan rohani, kelaparan rohani, kekeringan rohani. Prakteknya adalah:
  1. Berbuat dosa kebiasaan dan dosa sengaja.
    Ibrani 10:25-27
    10:25 Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.
    10:26 Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu.
    10:27 Tetapi yang ada ialah kematian yang mengerikan akan penghakiman dan api yang dahsyat yang akan menghanguskan semua orang durhaka.


    Dosa kebiasaan artinya tidak setia dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan, dan tidak menyesal.
    Jika dilanjutkan, maka akan menjadi dosa sengaja, yaitu tidak mau beribadah melayani Tuhan sekalipun ada kesempatan. Sampai suatu waktu tidak bisa lagi beribadah melayani Tuhan.

  2. Mengalami kelaparan rohani, kekeringan rohani, sama dengan ketidakpuasan.
    Sehingga mulai bersungut-sungut, mengomel, bergosip, menyalahkan Tuhan dan sesama.

Lukas 10:30
10:30 Jawab Yesus: "Adalah seorang yang turun dari Yerusalem ke Yerikho; ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan saja merampoknya habis-habisan, tetapi yang juga memukulnya dan yang sesudah itu pergi meninggalkannya setengah mati.

Akibatnya adalah:
  1. Terlepas dari tangan Tuhan dan berada di tangan setan. Artinya dipukul oleh setan, sama dengan berbuat dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan-minum dan kawin-mengawinkan.
  2. Dirampok habis-habisan, sama dengan ditelanjangi, sama dengan kehilangan kebenaran dan kesucian, kehilangan jubah indah dan jabatan pelayanan. Semua menjadi sia-sia dan tidak indah.
  3. Ditinggal setengah mati, artinya letih lesu, beban berat, penderitaan, air mata, sampai kebinasaan selamanya.

Lukas 10:33
10:33 Lalu datang seorang Samaria, yang sedang dalam perjalanan, ke tempat itu; dan ketika ia melihat orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan.

Yang bisa menolong hanya orang Samaria yang baik hati dan berbelas kasihan.

Yohanes 8:48
8:48 Orang-orang Yahudi menjawab Yesus: "Bukankah benar kalau kami katakan bahwa Engkau orang Samaria dan kerasukan setan?"

Yesus dianggap sebagai bangsa Kafir (orang Samaria) yang kerasukan setan. Artinya Yesus rela mati terkutuk di kayu salib untuk menolong bangsa Kafir yang kerasukan setan.
Bagaimana cara Yesus menolong:
  1. Yesus menyirami luka-luka dengan minyak dan anggur, lalu membalutnya sampai tidak kelihatan lagi.
    Lukas 10:34
    10:34 Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.

    Anggur menunjuk pada darah Yesus. Minyak menunjuk pada urapan Roh Kudus.
    Di atas kayu salib, Yesus mengampuni dan menutupi (membalut) dosa-dosa kita dengan darahNya yang suci, sehingga kita mengalami urapan Roh Kudus.

    Dari pihak kita, kita harus mengaku dosa oleh dorongan firman yang lebih tajam dari pedang bermata dua. Kita mengaku dosa sejujur-jujurnya kepada Tuhan dan sesama. Maka darah Yesus mengampuni dan menutupi dosa kita sampai tidak kelihatan bekasnya lagi. Sehingga kita mengalami urapan Roh Kudus. Buktinya adalah hidup benar dan terlepas dari dosa. Kita menjadi senjata kebenaran, yaitu hamba Tuhan/ pelayan Tuhan yang beribadah melayani Tuhan dengan setia dan benar. Kita terlepas dari tangan setan untuk hidup dalam tangan anugerah Tuhan yang besar. Kita diselamatkan dan diberkati oleh Tuhan sampai ke anak cucu.

  2. Dinaikkan keledai dan dibawa ke tempat penginapan.
    Lukas 10:34b
    10:34 .... Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.

    Penginapan secara rohani adalah kandang penggembalaan. Dalam Tabernakel, menunjuk pada Ruangan Suci. Di dalamnya terdapat 3 macam alat yang menunjuk pada ketekunan dalam 3 macam ibadah pokok.
    • Pelita Emas, ketekunan dalam Ibadah Raya, persekutuan dengan Allah Roh Kudus dalam karunia-karunia Roh Kudus. Domba minum.
    • Meja Roti Sajian, ketekunan dalam Ibadah Pendalaman Alkitab dan Perjamuan Suci, persekutuan dengan Anak Allah dalam firman pengajaran yang benar dan korban Kristus. Domba makan.
    • Mezbah Dupa Emas, ketekunan dalam Ibadah Doa, persekutuan dengan Allah Bapa dalam kasihNya. Domba bernafas.
    Di dalam kandang penggembalaan, tubuh jiwa roh kita melekat pada Allah Tritunggal, seperti ranting melekat pada pokok anggur yang benar. Kita mengalami pemeliharaan jasmani dan rohani dari Tuhan, sehingga kita selalu mengucap syukur kepada Tuhan. Semua menjadi enak dan ringan.

    Tuhan membayar penginapan dengan dua dinar.
    Lukas 10:35
    10:35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.

    Satu dinar = firman dalam Perjanjian Lama.
    Satu dinar = firman dalam Perjanjian Baru.
    Jika digabungkan, maka dua dinar menunjuk pada Alkitab, yaitu firman pengajaran yang benar, ayat yang satu menerangkan ayat yang lain dalam Alkitab.

    Dalam kebun anggur, kita mengalami penyucian secara intensif dan terus-menerus oleh firman pengajaran yang benar, mulai dengan penyucian hati atau pokok kehidupan kita.

    Matius 15:19
    15:19 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

    Hati manusia berisi 7 keinginan jahat, najis, dan pahit, bagaikan pelita yang padam. Ini sama mata yang gelap, sehingga membabi-buta, tampil seperti anjing dan babi. Jika hati disucikan, maka perbuatan dan perkataan juga disucikan. Hasilnya adalah:
    • Cepat atau lambat akan berbuah manis, yaitu mengalami kebahagiaan Sorga.
    • Diperlengkapi dengan jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus, yaitu jubah Yusuf yang indah.
      Efesus 4:11-12
      4:11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
      4:12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

      Kita dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus mulai dari dalam nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai Israel dan Kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna. Maka hidup kita akan semakin indah, sampai yang terindah di awan-awan yang permai saat Yesus datang kembali kedua kali.

    Jika dikaitkan dengan upah, maka dua dinar adalah satu dinar upah suami dan satu dinar upah istri. Jadi dua-duanya harus bekerja di kebun anggur, beribadah melayani Tuhan. Jika hanya salah satu yang beribadah melayani Tuhan, satu dinar dibagi dua, tidak akan cukup untuk menembusi masa kelaparan.
    Wahyu 6:6
    6:6 Dan aku mendengar seperti ada suara di tengah-tengah keempat makhluk itu berkata: "Secupak gandum sedinar, dan tiga cupak jelai sedinar. Tetapi janganlah rusakkan minyak dan anggur itu."

    Dua dinar akan menembusi masa kelaparan di bumi mulai sekarang sampai masa antikris berkuasa di bumi 3.5 tahun.

  3. Jika ada kekurangan, akan dibayar saat Yesus kembali.

    Lukas 10:35
    10:35 Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali.

    Seringkali kita sudah dibasuh oleh darah Yesus, sudah dirawat (disucikan) dalam penggembalaan, namun masih ada kekurangan/ kelemahan secara jasmani (dalam ekonomi, dll) dan secara rohani (masih ada dosa, tabiat daging yang tidak baik), masih ada yang belum beres.
    Jangan putus asa/ kecewa, jangan menyerah kalah, dan juga jangan tinggal dalam kelemahan, tapi kita harus bergumul menghadapi kelemahan lewat doa penyembahan. Kita mengakui segala kekurangan/ kelemahan kita kepada Tuhan, berserah dan berseru kepada Tuhan, mengulurkan tangan kepada Tuhan. Maka Tuhan akan mengulurkan tangan anugerah-Nya yang besar kepada kita untuk melunaskan/ menyelesaikan semua tepat pada waktunya. Apa yang belum beres secara jasmani dan rohani, dalam nikah, semua akan Tuhan bereskan, sampai sempurna saat Tuhan datang kedua kali, kita bersama Tuhan selama-lamanya.



Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Paskah Malang, 27 Maret 2016 (Minggu Pagi)
    ... mendapatkan naungan Yesus sebagai Mempelai Pria Surga dalam persekutuan tubuh Kristus yang benar yang berdasarkan firman pengajaran yang benar. Persekutuan tubuh Kristus yang benar dimulai dengan nikah yang benar penggembalaan yang benar antar penggembalaan fellowship yang benar sampai Israel dan Kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna. Siapa yang mendapat ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 16 Juni 2016 (Kamis Sore)
    ... orang-orang durhaka karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik. Pahlawan iman saksi iman adalah orang-orang yang brilian cemerlang gemilang menonjol pada jamannya sebab memiliki iman sehingga hidupnya selalu memuliakan Tuhan dan memiliki kesaksian Yesus. ad. . Batu permata Sardis berwarna merah . Ini menunjuk mezbah korban bakaran. Artinya adalah bertobat ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 07 April 2009 (Selasa Pagi)
    ... Kudus pada sidang jemaat. Kalau Yesus pergi Roh Kudus akan datang. Sekarang artinya jika kita mengalami salib sengsara bersama Tuhan maka Roh Kudus akan datang bersama kehidupan kita mengurapi bahkan memenuhi kehidupan kita. Aktivitas Roh Kudus Yohanes Roh Kudus Roh Penolong yaitu menolong manusia supaya Manusia insyaf sadar akan dosa ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 14 Maret 2015 (Sabtu Sore)
    ... sakit dan hampir mati tidak ada harapan. Perempuan dengan pendarahan tahun menunjuk pada jiwa yang letih lesu merana tidak ada perhentian dan damai sejahtera bagaikan darah yang terus meleleh selama tahun. Di dalam darah terdapat jiwa. Darah meleleh menunjuk pada jiwa yang letih lesu. Anak perempuan yang sakit sampai mati menunjuk ...
  • Ibadah Kunjungan Jakarta IV, 19 November 2015 (Kamis Pagi)
    ... kehendak-Ku. melakukan segala kehendak-Ku Daud taat. Samuel Kemudian Daud menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di daerah orang Aram dari Damsyik. Orang Aram itu takluk kepada Daud dan harus mempersembahkan upeti. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke manapun ia pergi berperang. Daud taat dengar-dengaran dan selalu menang atas musuh-musuh. Musuh kita bukan darah daging tetapi ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 07 Agustus 2010 (Sabtu Sore)
    ... lagi Kamu sudah mendengar hujat-Nya terhadap Allah. Bagaimana pendapat kamu Lalu dengan suara bulat mereka memutuskan bahwa Dia harus dihukum mati. Yesus tetap bersaksi sekalipun menghadapi kebencian dunia menghadapi siksaan dan kematian. Yohanes - . Jikalau dunia membenci kamu ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 06 Maret 2021 (Sabtu Sore)
    ... kejahatan. Raja-raja - . berpikirlah Gehazi bujang Elisa abdi Allah Sesungguhnya tuanku terlalu menyegani Naaman orang Aram ini dengan tidak menerima persembahan yang dibawanya. Demi TUHAN yang hidup sesungguhnya aku akan berlari mengejar dia dan akan menerima sesuatu dari padanya. . Baru saja Gehazi masuk dan tampil ke depan tuannya ...
  • Ibadah Doa Malang, 21 Februari 2019 (Kamis Sore)
    ... atas bumi dan kepadanya diberikan anak kunci lobang jurang maut. Lucifer dari malaikat terang jatuh menjadi setan karena sombong tidak taat kepada Tuhan . Adam dan Hawa jatuh karena keinginan sehingga tidak taat kepada Tuhan. Supaya kasih tidak dingin tidak jatuh kita harus hidup dalam kasih yang bertambah-tambah sampai kasih ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 02 Januari 2013 (Rabu Sore)
    ... itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini. PENYEBARAN KEGELAPAN penyebaran kesaksian palsu berita palsu ajaran palsu yang menolak kematian dan kebangkitan Yesus MENOLAK SALIB YESUS. Penyebaran kegelapan ini didorong oleh dua kekuatan besar yaitu Kekuatan mammon uang roh jual ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 24 Agustus 2018 (Jumat Malam)
    ... pintu tirai tabir. Keluaran . Haruslah kaubuat tabir dari kain ungu tua dan kain ungu muda kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya haruslah dibuat dengan ada kerubnya buatan ahli tenun. Jadi warna yang sama dari ketiga tirai yaitu pintu gerbang pintu kemah dan tabir menunjuk pada kesatuan atau keesaan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.