Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949

Matius 24: 28->sikap gereja Tuhan untuk menantikan kedatangan Yesus kedua kali, yaitu bagai burung nazar mengerumuni bangkai.

3 keistimewaan burung nazar: (Ayub 39: 30-33)

  1. punya sarang di tempat tinggi.
  2. ay. 32= pandangan jarak jauh= pandangan ke arah hidup kekal.
  3. ay. 33= mengerumuni bangkai.

Malam ini kita pelajari ayat 32.

AD. 2. PANDANGAN JARAK JAUH
= pandangan rohani.
2 macam pandangan dari anak Tuhan:

  1. pandangan secara jasmani; artinya kehidupan anak Tuhan yang beribadah, hanya untuk mencari perkara-perkara jasmani atau perkara daging, sehingga tidak segan-segan untuk mengorbankan perkara rohani untuk mendapat perkara jasmani.

    Di Alkitab, contohnya adalah Esau yang mengorbankan hak kesulungan untuk sepiring makanan dan akibatnya sangat fatal, binasa untuk selama-lamanya dan penuh dengan air mata.

    Ibrani 12: 16-17
    Orang kristen seperti Esau ini, disebut memiliki nafsu yang rendah= orang cabul.

  2. pandangan secara rohani; ini seperti burung nazar yang memandang jarak jauh.

    2 macam pandangan rohani:
    1. PANDANGAN SALIB(2 Korintus 4: 16-18).
      = yaitu memandang perkara-perkara yang tidak kelihatan/yang kekal dan yang mulia. Hidup semacam ini rela untuk mengorbankan yang jasmani untuk mendapatkan perkara rohani atau perkara yang kekal.

      Ini pandangan salib seperti yang sudah di teladankan oleh Abraham (Kejadian 13: 10, 14-15).
      Lot punya pandangan jasmani, sehingga memilih Sodom dan Gomora dan berakhir pada kehancuran.

      Tapi pandangan Abraham berakhir pada Kanaan dan hidup kekal.
      Kalau sesuatu enak bagi daging, tapi tidak sesuai Firman, itu adalah Sodom Gomora.
      Tapi kalau tidak enak bagi daging, tapi sesuai Firman, itu adalah Kanaan samawi.

      Praktik pandangan salib: (1 Petrus 4: 1-2) yaitu rela sengsara daging untuk berhenti berbuat dosa dan kembali untuk taat dengar-dengaran pada kehendak Allah. Kalau terus berbuat dosa, hidup itu masih berpandangan daging.

      Salah satu contoh dari praktik pandangan salib ini adalah berpuasa.
      Berpuasa ini ampuh untuk menghadapi penyakit ayan.

      Matius 17: 15, 21
      Penyakit ayan= jatuh bangun dalam dosa, sampai pada dosa kenajisan.
      Dalam terjemahan lama, ini adalah penyakit gila babi. Babi itu kalau dibersihkan, akan kembali lagi ke perkubangan. Tidak mampu keluar dari dosa.
      Hanya lewat puasa, maka sakit ini bisa di usir.

      Penyakit ayan= sembuh dan kambuh terus= masalah yang tidak pernah selesai.
      Dosa dan masalah ini satu level. Kalau dosa di pertahankan, maka masalah juga tidak akan pernah selesai. Dosa bertambah, masalah juga akan bertambah.

      Lewat puasa, kita merobek daging untuk stop dosa.
      Kalau stop dosa, maka stop masalah juga.

    2. PANDANGAN TERTUJU PADA YESUS SEBAGAI IMAM BESAR DISEBELAH KANAN ALLAH BAPA(Ibrani 12: 2).
      Praktiknya adalah:
      • pandangan iman
        2 Korintus 5: 6-9
        Pandangan iman, artinya:
        • percaya dan mempercayakan hidup hanya kepada Yesus, tidak berharap pada yang lain, seperti Abraham (Roma 4: 16-17). Percaya bahwa Firman Tuhan mampu menciptakan yang mustahil menjadi tidak mustahil.
        • tabah, tidak mudah putus asa dan kecewa, tidak meninggalkan Tuhan sekalipun harus banyak menghadapi tantangan dan rintangan.
        • hidup benar, apapun resiko yang kita hadapi.

      • Kolose 3: 1-2= memikirkan dan mencari perkara diatas dimana Yesus duduk sebagai Imam Besar, lebih dari segala perkara di bumi, memperjuangkan ibadah pelayanan lebih dari perkara dibumi. Sebab Yesus lebih dahulu memperjuangkan ibadah pelayanan bagi kita.

        Dulu, Yesus memperjuangkan ibadah Israel lewat 10 tulah pada orang Mesir.
        Dalam Perjanjian Baru, Yesus memperjuangkan ibadah kita bangsa kafir sampai rela di hukum mati di kayu salib. DarahNya untuk membebaskan kita dari dosa dan mengangkat kita menjadi imam dan raja.

        Hasilnya (1 Timotius 4: 8-10) yaitu dalam ibadah pelayanan ada janji yang dobel yaitu jaminan untuk hidup sekarang di dunia dan jaminan untuk hidup kekal di Surga.

      • memandang wajah Tuhan= menyembah Tuhan.
        Wahyu 1: 16
        = dalam penyembahan, kita bagaikan di sinari matahari (kasih Allah), sehingga rohani kita menjadi sehat.

Kegunaan matahari:

  • Mazmur 84: 12= sebagai perisai dalam hidup kita, melindungi kita dari kegelapan dosa yang semakin memuncak di akhir jaman, melindungi kita dari marabahaya, celaka yang melanda dunia, sampai melindungi kita dari hukuman Tuhan yang akan datang.

  • matahari adalah kasih dan kebaikan Tuhan untuk menolong kita saat kita menghadapi mendung dan hujan yang lebat. Kalau ada kasih kebaikan Tuhan, maka akan ada pelangi pertolongan Tuhan pada kita, menyelesaikan segala masalah.

  • matahari adalah kemuliaan Tuhan yang mengubahkan kita dan memuliakan kita, sehingga terjadi keubahan hidup dari manusia daging menjadi manusia yang rohani.
    Keubahan itu mulai dari wajah. Mungkin ada wajah muramseperti Kain (ada dendam), seperti ibu Hana (karena depresi), seperti 2 murid ke Emaus (kecewa dan putus asa), atau wajah buruk(tabiat buruk seperti anjing dan babi, bahkan seperti setan), bisa menjadi wajah berseri seperti Yesus. Dan satu waktu, kita bisa bercahaya sama seperti Yesus untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali.

Tuhan memberkati.


Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 06 Juli 2021 (Selasa Sore)
    ... binatang buas yang tidak tergembala. Korintus . Kalau hanya berdasarkan pertimbangan-pertimbangan manusia saja aku telah berjuang melawan binatang buas di Efesus apakah gunanya hal itu bagiku Jika orang mati tidak dibangkitkan maka marilah kita makan dan minum sebab besok kita mati . Kalau tidak tergembala manusia akan memburu daging dan dunia ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session I, 11 Agustus 2009 (Selasa Pagi)
    ... berbuat baik pada sesama tidak memfitnah sesama. Yeremia - mengembara tidak tergembala. Zakharia - keras hati tidak taat tidak dengar-dengaran pada firman pengajaran yang benar. Tuhan Yesus taat sampai mati di kayu salib Abraham taat saat disuruh mempersembahkan Ishak kita harus taat dengar-dengaran pada firman apapun resikonya. Matius - tanda puasa yang benar dan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 12 Desember 2009 (Sabtu Sore)
    ... harta sorgawi yaitu firman pengajaran yang keras yang lebih tajam dari pedang bermata dua II Korintus - . Proses bagi buli-buli tanah liat untuk diisi dengan firman pengajaran yang keras Mendengar firman pengajaran yang keras dengan sungguh-sungguh. Mengerti firman pengajaran yang keras. Percaya yakin pada firman pengajaran yang keras. Mempraktikkan ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 06 Januari 2016 (Rabu Sore)
    ... dalam hidup kita. Oleh sebab itu hari-hari ini kita harus menjaga saat-saat mendengar firman. Kita harus mendengar firman dengan sungguh-sungguh mengerti percaya sampai praktik firman. Ada jawaban dari pertanyaan 'Apa yang kamu kehendaki Aku perbuat bagimu ' seputar kebutuhan jasmani keuangan. Kesehatan pekerjaan dan lain-lain. Kalau hanya sampai di sini saja ini ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 24 Desember 2008 (Rabu Sore)
    ... akan datang seperti pencuri sehingga dia akan tertinggal dan betul-betul binasa bersama dunia. Yang benar adalah jangan tidur dan mabuk tapi berjaga-jaga dan sadar. Jangan dipusingkan dengan dunianya. Bagaimana berjaga-jaga dan sadar Lukas - yaitu Tetap berikat pinggang. Artinya secara rohani adalah berikat pinggang kebenaran Efesus artinya berpegang pada Firman pengajaran yang ...
  • Ibadah Raya Malang, 14 Februari 2016 (Minggu Pagi)
    ... halaman Bait Allah. Ia membalikkan meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dan berkata kepada mereka Ada tertulis Rumah-Ku akan disebut rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun. Tanda menjadi rumah doa adalah gemar untuk bersaksi gemar untuk berdoa dan menyembah Tuhan. Kemungkinan negatif jika keras hati dan menolak firman ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 23 Maret 2015 (Senin Sore)
    ... kita tidak akan duduk makan sebelum ia datang ke mari. Samuel diperintahkan oleh Tuhan ke rumah Isai untuk mencari pengganti raja Saul. Raja Saul digantikan sebab ia tidak taat dengar-dengaran kepada Tuhan. Semua anak Isai yang hebat-hebat tidak terpilih tidak cocok menjadi raja sebab Tuhan berkata kepada Samuel bahwa yang ...
  • Ibadah Doa Puasa Malang Session II, 08 Januari 2013 (Selasa Siang)
    ... Yesus. Roma Sebab saudara-saudara supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk. Maka aku bertanya Adakah mereka tersandung dan harus jatuh Sekali-kali tidak Tetapi oleh pelanggaran mereka keselamatan telah sampai ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 29 Maret 2009 (Minggu Sore)
    ... Roh Kudus hujan akhir yang digambarkan dengan Yesus menunggang keledai muda untuk masuk kota Yerusalem. Markus - sasaran kegerakan Roh Kudus hujan akhir adalah keledai muda. 'keledai' bangsa kafir Hakim-hakim . 'keledai muda' bangsa kafir yang masih muda. Dulu Musa dipakai Tuhan dan Yosua yang muda mendukung Musa. Di jaman akhir keledai muda yang ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 06 Oktober 2011 (Kamis Sore)
    ... tidak berharga di hadapan Tuhan. Hidupnya seperti anjing dan babi sampai mengalami kehancuran dan kebinasaan di neraka untuk selama-lamanya. Wahyu Tetapi orang-orang penakut orang-orang yang tidak percaya orang-orang keji orang-orang pembunuh orang-orang sundal tukang-tukang sihir penyembah-penyembah berhala dan semua pendusta mereka akan mendapat bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.