Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayangnya Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat malam, selamat mendengarkan Firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera bahagia dari Tuhan senantiasa dilimpahkan di tengah-tengah kita sekalian.

Ratapan 2: 18-19
2:18. Berteriaklah kepada Tuhan dengan nyaring, hai, puteri Sion, cucurkanlah air mata bagaikan sungai siang dan malam; janganlah kauberikan dirimu istirahat, janganlah matamu tenang!
2:19. Bangunlah,
mengeranglah pada malam hari, pada permulaan giliran jaga malam; curahkanlah isi hatimubagaikan air di hadapan Tuhan, angkatlah tanganmukepada-Nya demi hidup anak-anakmu, yang jatuh pingsan karena lapardi ujung-ujung jalan!

Disini kita bisa belajar sikap doa malam hari, yaitu:

  1. mencurrahkan isi hati kepada Tuhan,
  2. mengerang/berseru kepada Tuhan,
  3. mengangkat tangan pada Tuhan (menyerah sepenuh pada Tuhan).

Doa malam hari untuk menghadapi 3 hal:

  1. ay. 19= 'demi hidup anak-anakmu, yang jatuh pingsan karena lapar'= untuk menghadapi kelaparanjasmani (krisis didunia) dan rohani (krisis rohani).

    Amos 8: 11-14
    8:11. "Sesungguhnya, waktu akan datang," demikianlah firman Tuhan ALLAH, "Aku akan mengirimkan kelaparanke negeri ini, bukan kelaparan akan makanan dan bukan kehausan akan air, melainkan akan mendengarkan firman TUHAN.
    8:12. Mereka akan mengembara dari laut ke laut dan menjelajah dari utara ke timur untuk mencari firman TUHAN, tetapi tidak mendapatnya.
    8:13. Pada hari itu akan rebah lesu anak-anak dara yang cantik dan anak-anak teruna karena
    haus;
    8:14. mereka yang bersumpah demi Asima, dewi Samaria dan yang berkata: Demi allahmu yang hidup, hai Dan! serta: Demi dewa kekasihmu yang hidup, hai Bersyeba! mereka itu akan
    rebahdan tidak akan bangkit-bangkit lagi."

    = kelaparan rohaniyang akan terjadi, yaitu kelaparan akan Firman Tuhan.
    Kalau tidak ada Firman, akibatnya: tidak ada kepuasan (kering rohani), pingsan (suam-suam rohani), sampai rebahdan tidak bangkit-bangkit lagi (jatuh dalam dosa sampai puncaknya dosa dan binasa untuk selama-lamanya).

    Mengapa terjadi kelaparan rohani?

    • gembalatidak memberikan makanan rohani (Firman penggembalaan) pada sidang jemaat,
    • domba-dombatidak mau Firman penggembalaan, terutama karena Firman pengajaran merupakan makanan keras.

    Malam ini, biarlah kita sama-sama berdoa supaya kita bisa menikmati Firman penggembalaan. Selama kita bisa menikmati Firman penggembalaan, ada kuasa kebanggkitandari Tuhanuntuk memelihara kita secara jasmani dan rohani. Sekalipun kita jatuh dalam dosa, kalau ada Firman, kita masih bisa dibangkitkan kembali (tidak rebah) dan kita selalu dipuaskan oleh Firman penggembalaan (tidak lapar rohani).

  2. Matius 14: 23-24
    14:23. Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. Ketika hari sudah malam, Ia sendirian di situ
    14:24. Perahu murid-murid-Nya sudah beberapa mil jauhnya dari pantai dan diombang-ambingkan
    gelombang, karena angin sakal.

    Yang kedua: untuk menghadapi angin ribut dan gelombangdi lautan dunia yang membimbangkan dan menenggelamkan kita.

    Angin dan gelombang:

    • secara jasmani: pencobaan-pencobaan di segala bidang.
    • secara rohani: dosa-dosa sampai puncaknya dosa dan ajaran-ajaran palsu.
      Hati-hati!Karena diakhir jaman, banyakpenyesat-penyesat dan banyakyang disesatkan.
      Artinya: hanya sedikityang berpegang pada pengajaran yang benar.

    Matius 14: 29-32
    14:29. Kata Yesus: "Datanglah!" Maka Petrus turun dari perahu dan berjalan di atas air mendapatkan Yesus.
    14:30. Tetapi ketika dirasanya tiupan angin, takutlah ia dan
    mulai tenggelamlalu berteriak: "Tuhan, tolonglah aku!"
    14:31. Segera
    Yesus mengulurkan tangan-Nya, memegang dia dan berkata: "Hai orang yang kurang percaya, mengapa engkau bimbang?"
    14:32. Lalu mereka naik ke perahu dan anginpun redalah.

    = Tuhan ijinkan Petrus hampir tenggelam, supaya Petrus bisa mengangkat tangan pada Tuhan dan mulutnya mengerang (berseru nama Yesus). Inilah sikap doa malam.

    Kalau malam ini, kita diijinkan mulai tenggelam dalam segala hal, ada kesempatan seluas-luasnya untuk mengangkat tangan dan berseru nama Yesus dengan iman sungguh-sungguh. Dan Tuhan akan mengulurkan tangan untuk memulihkan segala sesuatu dan kita mendapatkan damai sejahtera.

    Kalau sudah mengangkat tangan dan berseru Yesus, maka hidup kita akan tenang dan kita ada dalam tangan Tuhan.

  3. Ratapan 2: 19
    2:19. Bangunlah, mengeranglah pada malam hari, pada permulaan giliran jagamalam; curahkanlah isi hatimu bagaikan air di hadapan Tuhan, angkatlah tanganmu kepada-Nya demi hidup anak-anakmu, yang jatuh pingsan karena lapar di ujung-ujung jalan!

    Yang ketiga: 'untuk berjaga-jaga'= untuk menantikan kedatangan Tuhan kedua kali, sebab kedatangan Tuhan seperti pencuri.

    Yang harus dijaga:

    • Lukas 6: 12-13, 16
      6:12. Pada waktu itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah.
      6:13. Ketika hari siang, Ia
      memanggilmurid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilihdari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul:
      6:16. Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi
      pengkhianat.

      = memantapkan panggilan dan pilihan.
      Artinya:

      1. jangan berkhianat dalam jabatan pelayanan, tetapi setia berkobar-kobardalam ibadah pelayanan.
      2. kita menerima karunia Roh Kudusyang bertambah-tambah supaya pelayanan kita lebih berkenan pada Tuhan sampai pada kesempurnaan.

    • Markus 3: 13-15
      3:13. Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya.
      3:14. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil
      3:15. dan
      diberi-Nya kuasauntuk mengusir setan.

      = menerima kuasa dari Tuhanutnuk mengusir setan.
      Artinya:

      1. kuasa pertolonganTuhan untuk menyelesaikan semua masalah, sebab setan merupakan sumbernya masalah dan air mata,
      2. kuasa penyucian dan keubahan hidup, sebab setan merupakan sumbernya dosa, sampai kita sempurna seperti Dia dan kita layak menyambut Dia di awan-awan yang permai.

      Kita dilepaskan dari setan mulai dengan tidak berdusta dan tidak boleh ada kebencian(setan adalah bapa pendusta dan bapa pembunuh).

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 26 Agustus 2012 (Minggu Pagi)
    ... Tuhan. Petrus Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya sebab Ia yang memelihara kamu. Kuatir sama dengan penakut takut akan sesuatu yang belum terjadi sehingga kita tidak takut pada Tuhan tidak takut pada firman Tuhan. Wahyu Tetapi orang-orang penakut orang-orang yang tidak percaya orang-orang keji orang-orang pembunuh orang-orang sundal tukang-tukang sihir penyembah-penyembah berhala dan semua ...
  • Ibadah Raya Malang, 07 Desember 2008 (Minggu Pagi)
    ... Ini adalah mujizat terbesar. Natal itu mujizat terbesar pertama. Sekarang kita juga harus tekun mengikuti proses pembaharuan sampai puncak pembaharuan di Yerusalem baru. Wahyu yang harus dibaharui adalah laut pengertian rohaninya Yakobus - hati yang bimbang Bimbang saat menghadapi pencobaan tidak berharap Tuhan tapi berharap yang lain Bimbang terhadap pengajaran ...
  • Ibadah Doa Malam Session II Malang, 29 Agustus 2012 (Rabu Dini Hari)
    ... Menghadapi maut secara langsung. Menghadapi sengsara tanpa dosa percikan darah. Lazarus mati dan dikubur hari artinya Tidak ada pengharapan lagi tidak ada masa depan. Nikah dan buah nikah yang hancur. Kebusukan dosa puncaknya dosa yaitu dosa makan-minum dan dosa kawin-mengawinkan. Kemustahilan. Kebinasaan di neraka. Kalau Tuhan ijinkan ujian percikan darah ini terjadi itu supaya kita bisa mengalami ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 15 Februari 2020 (Sabtu Sore)
    ... orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang . Jikalau tidak ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian. . Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya tidak dapat menjadi murid-Ku. Praktik pengikutan kepada Yesus ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 16 Maret 2014 (Minggu Sore)
    ... fungsi kegunaan dari korban Kristus didalam Bait Allah kehidupan kita Korban Kristus sebagai korban penghapus dosaYohanes Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata Lihatlah Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia. Yesus Anak Domba Allah harus mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa kita sehingga kita ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 08 Oktober 2009 (Kamis Sore)
    ... TuhanPerhatian pada kerajaan Surga. ad. . Petrus perhatian kita yang utama sekarang adalah untuk masuk kerajaan Surga yang kekal. Bagaimana caranya Markus - masuk Surga bukan hanya permohonan tapi Tuhan menunjukkan jalannya. Yesus menunjukkan hal untuk kita bisa masuk kerajaan Surga yaitu Meminum cawan yang diminum oleh Yesus sengsara bersama Yesus. Petrus ...
  • Ibadah Doa Malang, 01 September 2009 (Selasa Sore)
    ... bagaikan pohon ara yang melembut bertunas dan berbuah. Kalau tidak berubah maka manusia daging tidak bisa terangkat ke Surga. Matius - . pembaharuan keubahan hidup dikaitkan dengan langit dan bumi yang berlalu pembaharuan PERHATIAN. Perhatian kita jangan hanya tertuju kepada perkara dunia yang akan berlalu sebab jika demikian akan ikut lenyap ...
  • Ibadah Persekutuan di Ciawi V, 19 November 2009 (Kamis Siang)
    ... mempelai laki-laki berpuasa sedang mempelai itu bersama mereka Selama mempelai itu bersama mereka mereka tidak dapat berpuasa. Waktu berpuasa adalah jika terjadi jarak antara mempelai wanita dengan mempelai pria saat terjadi jarak antara kita dengan Tuhan. Wujud terjadi jarak dengan Tuhan Secara jasmani ada masalah yang tidak terselesaikan. Saat Yesus di gunung ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 19 Juli 2009 (Minggu Sore)
    ... Kristus yang paling kecil adalah nikah. Kalau nikah mau jadi satu HARUS terima firman pengajaran. Yesaya nubuat dari nabi Yesaya yaitu bahwa Yesus datang untuk Israel itu terlalu sedikit karena itu Yesus jadi terang bagi bangsa kafir bagi kita sekalian. Keselamatan itu sesungguhnya hanya untuk bangsa Israel. Tapi karena menolak ...
  • Ibadah Doa Malang, 06 Desember 2016 (Selasa Sore)
    ... segala pengajaran itu Yesus membawa Petrus Yohanes dan Yakobus lalu naik ke atas gunung untuk berdoa. Ketika Ia sedang berdoa rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan. Proses untuk memiliki pakaian putih berkilau-kilau Harus mengalami penyucian oleh firman pengajaran yang benar. Ibrani Sebab firman Allah hidup dan kuat dan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.