Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 21: 5-32 menunjuk pada tujuh nubuat.
Nubuat adalah sesuatu yang belum terjadi tetapi pasti akan terjadi:

  1. Lukas 21: 5-6= nubuat tentang Bait Allah di Yerusalem (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 27 Mei 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 10 Juni 2023).

  2. Lukas 21: 7-8= nubuat tentang penyesat-penyesat (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 17 Juni 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 01 Juli 2023).

  3. Lukas 21: 9-10= nubuat tentang bangsa-bangsa (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 08 Juli 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 22 Juli 2023).

  4. Lukas 21: 11= nubuat tentang malapetaka di dunia (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 29 Juli 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 19 Agustus 2023).

  5. Lukas 21: 12-19= nubuat tentang apa yang akan terjadi terhadap orang-orang kristen (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 26 Agustus 2023) sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 30 September 2023).

  6. Lukas 21: 20-24= nubuat tentang apa yang akan terjadi dengan orang-orang Yahudi/Israel.
  7. Lukas 21: 25-32= nubuat tentang kedatangan Yesus kedua kali.

AD. 6
Lukas 21: 20
21:20."Apabila kamu melihat Yerusalemdikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.

Nubuat tentang orang Yahudi/bangsa Israel adalah satu waktu Yerusalem akan dikepung oleh tentara-tentara, sampai mengalami keruntuhan.
Sebenarnya ini sudah dinubuatkan di perjanjian lama; ketika Israel menuju Kanaan.

Yosua 7: 5
7:5.Sebab orang-orang Ai menewaskan kira-kira tiga puluh enam orang dari mereka; orang-orang Israel itu dikejar dari depan pintu gerbang kota itu sampai ke Syebarim dan dipukul kalah di lereng. Lalu tawarlah hati bangsa itu amat sangat.

Saat menuju Kanaan dari tanah Mesir, bangsa Israel menang atas Yerikho, tetapi kalah menghadapi kota Ai--kota yang kecil.
Tiga puluh enam orang dari Israel tewas dan mereka tawar hati.

Saat itu Israel menyerang kota Ai, tetapi justru tiga puluh enam dari mereka tewas.
Ai adalah kota kecil.
Ai artinya keruntuhan. Inilah keruntuhan dari bangsa Israel.

Tiga puluh enam--9 x 4--secara rohani menunjuk pada:

  1. 9 karunia dari Roh Kudus.
  2. 9 jabatan pelayanan oleh Anak Allah.
  3. 9 perbuatan kasih dari Allah Bapa.
  4. 9 buah Roh.

Jadi, dalam kegerakan Roh Kudus hujan akhir, kita bisa mengalami keruntuhan karena dikepung oleh Setan tritunggal. Hati-hati!
Dikepung Setan tritunggal= dikepung dosa dan puncaknya dosa, ajaran palsu, dan masalah-masalah, sampai kehilangan 4 x 9 secara rohani: karunia Roh Kudus, jabatan pelayanan, perbuatan kasih, dan buah Roh.

Akibatnya:

  1. Runtuh.
    Artinya: perkara kecil bisa meruntuhkan perkara besar--dosa-dosa kecil bisa meruntuhkan kegerakan besar yaitu pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.

    Jangan meremehkan dosa kecil!
    Menghadapi Yerikho bisa menang, tetapi kalah menghadapi Ai yang kecil. Jangan sampai kita dikepung oleh Setan tritunggal dengan dosa, ajaran palsu dan sebagainya. Jangan sampai berhenti melayani di tengah jalan! Saat kegerakan semakin besar, jangan sampai malah mundur dari pelayanan karena perkara remeh.

  2. 4 x 9 secara rohani hilang, akan diganti dengan ranjang besi yang tidak wajar--panjang 9 hasta sama dengan 9 x 45 cm.
    Ulangan 3: 11
    3:11.Hanya Og, raja Basan, yang tinggal hidup dari sisa-sisa orang Refaim. Sesungguhnya, ranjangnya adalah ranjang dari besi; bukankah itu masih ada di kota Raba bani Amon? Sembilanhasta panjangnya dan empathasta lebarnya, menurut hasta biasa."

    Artinya:

    1. Terjadi kekerasan dalam rumah tangga.
      Bicara kasar pada orang tua juga termasuk kekerasan dalam rumah tangga.

    2. Dipakai dalam dosa kenajisanuntuk masuk dalam pembangunan tubuh Babel--mempelai wanita palsu yang sempurna dalam kejahatan dan kenajisan.

  3. Tidak disertai Allah Roh Kudus, Anak Allah, dan Allah Bapa; ditinggalkan Allah Tritunggal, sehingga tidak mungkin menghasilkan sembilan buah roh. Hidupnya tidak mungkin berubah menjadi sama dengan Allah Tritunggal, berarti harus binasa selamanya.

Apa yang menyebabkan keruntuhan?

  1. Lukas 16: 10-11
    16:10."Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.
    16:11.Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?

    Mamon adalah perkara kecil.

    Yang pertama: ikatan akan uang; keinginan akan uang.

    Keinginan akan uang membuat kikir dan serakah.
    Kikir= tidak bisa memberi untuk pekerjaan Tuhan dan sesama yang membutuhkan.
    Serakah= mencuri milik orang lain terutama milik Tuhan yaitu persepuluhan dan persembahan khusus.

    Kikir dan serakah membuat iman kita runtuh--kecewa dan putus asa. Tidak lagi bergantung pada Tuhan tetapi uang, sehingga meninggalkan Tuhan untuk melayani dan menyembah uang/Antikris.
    Jaga hati!

  2. Amsal 11: 11
    11:11.Berkat orang jujur memperkembangkan kota, tetapi mulut orang fasik meruntuhkannya.

    Lidah adalah bagian tubuh yang kecil.

    Yang kedua: lidah kecil yang mengeluarkan perkataan sia-sia: dusta, gosip, fitnah, dan hujat.

    Batasi perkataan kita dengan perkataan benar dan baik!

Contoh: Yudas Iskariot. Benar-benar hidupnya runtuh sampai perutnya pecah.

  1. Hatinya Yudas dikuasai keinginan akan uang sehingga mencuri milik Tuhan.
    Yohanes 12: 6

    12:6.Hal itu dikatakannya bukan karena ia memperhatikan nasib orang-orang miskin, melainkan karena ia adalah seorang pencuri; ia sering mengambil uangyang disimpan dalam kas yang dipegangnya.


  2. Mulutnya Yudas berdusta.
    Matius 26: 23-25
    26:23.Ia menjawab: "Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku.
    26:24.Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan."
    26:25.Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: "Bukan aku, ya Rabi?" Kata Yesus kepadanya: "Engkau telah mengatakannya."

MengapaYudas Iskariot menjadi demikian? Karena ia tidak sungguh-sungguh, yaitu:
1 Yohanes 2: 18-19
2:18.Anak-anakku, waktu ini adalah waktu yang terakhir, dan seperti yang telah kamu dengar, seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.
2:19.Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguhtermasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.

  1. Tidak sungguh-sungguh dalam penggembalaan yang benar; masih mendengar pengajaran yang bertentangan dengan Yesus.

  2. Tidak sungguh-sungguh dalam mendengar firman; bahkan tidak sungguh-sungguh dalam perjamuan suci, yaitu tidak menguji diri sehingga ia kerasukan Setan.

  3. Tidak sungguh-sungguh dalam penyucian--tetap mempertahankan dosa--, dan tidak sungguh-sungguh dalam ibadah pelayanan, karena ibadahnya hanya untuk mencari keuntungan jasmani.

Akhirnya, imannya runtuh.--Yudas meninggalkan Yesus (ibadah pelayanan, penggembalaan, dan firman yang benar), lalu ia menggantung diri.
Artinya: kecewa dan putus asa.
Perutnya pecah dan isi perutnya terburai ke luar. Hidupnya busuk, dipermalukan, dan jadi sama dengan Antikris yang dibinasakan selamanya.

Tuhan tidak melihat kehebatan dan kelemahan kita, tetapi Ia melihat kesungguhan kita.

Hosea 6: 3
6:3.Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi."

Kalau kita sungguh-sungguh, Tuhan akan datang seperti hujan. Artinya: Ia membaptis kita dengan Roh Kudus. Ia mengurapi dan memenuhi kita sampai meluap-luap dalam kita.

Hasilnya:

  1. Titus 3: 5
    3:5.pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

    Yang pertama: Roh Kudus membaharui kitadari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus, yaitukuat teguh hati.
    Artinya: tidak kecewa, putus asa, dan tawar hati menghadapi apapun juga tetapi tetap setia berkobar dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan; tetap dalam damai. Semua menjadi enak dan ringan.

  2. Roma 8: 11
    8:11.Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

    Yang kedua: Roh Kudus sanggup menghidupkan apa yang sudah mati.
    Artinya: Roh Kudus memelihara kehidupan jasmani kita di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa di bumi.

    Kita tetap berusaha yang baik, selanjutnya serahkan pada Roh Kudus. Biar Dia yang bekerja untuk memelihara hidup jasmani kita.

    Secara rohani, Roh Kudus memelihara kita di tengah dosa dan puncaknya dosa, sehingga kita tetap hidup benar dan suci.

    Yang mustahil jadi tidak mustahil. Semua masalah yang mustahil diselesaikan oleh Roh Kudus; ada masa depan berhasil dan indah.

    Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita kembali pada gambar Allah Tritunggal--sembilan buah Roh. Kita bersorak: Haleluya. Kita masuk kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang) dan Yerusalem baru selamanya.

Kita mohon Roh Kudus untuk menolong kita. Mungkin sudah runtuh rohani kita, Roh Kudus akan menolong dan membuat kita kuat teguh hati.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Doa Malang, 05 Desember 2023 (Selasa Sore)
    ... bungkuk rohani. Lukas Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak. Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu dan memuliakan Allah. Amsal Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 15 Februari 2012 (Rabu Sore)
    ... Mesir maka orang Israel di tempatkan di Gosyen ini menunjuk tempat penggembalaan . Ada perbedaan antara orang Mesir yang tinggal di luar Gosyen dengan orang Israel yang tinggal di dalam Gosyen yaitu orang Mesir mengalami tulah hukuman dari Tuhan tetapi orang Israel bebas dari tulah. Keluaran Tetapi pada hari itu ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 02 Maret 2018 (Jumat Sore)
    ... selalu membuahkan kejahatan semata-mata Praktik pertama hati nurani yang tidak tulus hati nurani yang jahat yaitu cinta akan uang--akar kejahatan itulah cinta akan uang--sehingga menjadi kikir dan serakah tidak mengasihi Tuhan tetapi menyembah antikris--dikuasai antikris. Kikir dan serakah menyembah uang penyembahan berhala. Kalau menyembah antikris berarti juga dikuasai nabi palsu ajaran palsu ...
  • Ibadah Raya Malang, 13 Oktober 2019 (Minggu Pagi)
    ... bisa menjadi sama sempurna seperti Dia. ad. . Muka sama seperti matahari. Muka wajah menunjuk tentang panca indra. Jadi panca indra harus dipercik dengan darah supaya kita sama mulia dengan Dia. Yohanes - Tidak lama kemudian tibalah hari raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem ketika itu musim dingin. Dan Yesus ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 11 November 2017 (Sabtu Sore)
    ... ujian. Saya belajar tetapi waktu itu sibuk sekali dalam kegiatan di gereja--saya pengurus kaum muda seluruh Indonesia-- tetapi saya berusaha belajar. Tetapi masih rasa kurang mantap. Jadi saya datang ujian lihat teman-teman saya sudah siap semua saya tambah takut. Ternyata setelah dibagikan soalnya bukan teori tetapi menghitung. Saya sudah senang ...
  • Ibadah Doa Semalam Suntuk Malang Session II, 10 September 2009 (Kamis Tengah Malam)
    ... melihat manusia maka nanti akan menjadi tidak taat dan terkena ajaran sesat. Roh tidak taat dan ajaran sesat akan mengenai kehidupan kita kalau tidur saat doa semalam suntuk. Pelayanan tanpa firman pengajaran yang benar tanpa ketaatan akibatnya adalah mengalami krisis secara jasmani dan rohani Yohanes . Krisis secara rohani adalah telanjang ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 16 Juli 2016 (Sabtu Sore)
    ... melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus yang memimpin kita dalam iman dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. Ada persiapan untuk masuk dalam perlombaan rohani pelayanan pembangunan ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 16 Juni 2019 (Minggu Siang)
    ... bahaya. Gembala palsu pemimpin palsu--orang upahan--yaitu gembala yang tidak mau memberi makanan rohani yang benar kepada sidang jemaat sehingga ia membiarkan makanan rohani yang palsu--ajaran palsu--di dalam sidang jemaat. Akibatnya dosa dan puncaknya dosa termasuk nikah yang salah berkembang dalam sidang jemaat tidak ada suasana taman Eden dan ketinggalan saat ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 24 Oktober 2020 (Sabtu Sore)
    ... ia berbuat zinah dan barangsiapa kawin dengan perempuan yang diceraikan suaminya ia berbuat zinah. Kita harus setia-benar dan setia-jujur dalam hal nikah sebagai suami istri anak orang tua dan saudara. Setia dan benar artinya nikah harus sesuai dengan kebenaran firman. Setia dan jujur artinya menerima apa adanya dalam nikah sama dengan saling ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 28 Februari 2019 (Kamis Sore)
    ... kudus yang telah memanggil kamu sebab ada tertulis Kuduslah kamu sebab Aku kudus. Seluruh hidup kita tubuh jiwa roh masa lalu masa kini masa akan datang harus suci seperti Yesus suci sempurna seperti Yesus sempurna. Yesus adalah Kepala Mempelai Pria Sorga yang suci. Kita adalah tubuh Kristus yang sempurna mempelai wanita ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.