Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 18 dalam susunan Tabernakel terkena pada pakaian Imam Besar dan imam-imam.
Ayat 15-17= pakaian Imam Besar dan imam-imam dikaitkan dengan anak-anak, yang menunjuk pada sifat tabiat anak-anak kecil.

Lukas 18 terbagi menjadi 3 bagian:

  1. Ayat 1-14= pakaian anak-anak kecil atau sifat anak-anak kecil (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 14 Agustus 2021sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 18 September 2021):

    1. Ayat 1= tidak jemu-jemu dalam berdoa--tidak putus harapan--(diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 14 Agustus 2021).
    2. Ayat 2-5= tekun dan sabar (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 21 Agustus 2021).
    3. Ayat 5-8= berseru/berdoa siang dan malam (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 28 Agustus 2021).

  2. Ayat 15-17= Yesus memberkati anak-anak kecil. Kalau ada sifat anak kecil, akan ada berkat (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Malang, 25 September 2021).

  3. Ayat 18-43= penyerahan diri.

AD. 2
Lukas 18: 15
18:15. Maka datanglah orang-orang membawa anak-anaknya yang kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka. Melihat itu murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.

'Ia menjamah mereka'= tujuan beribadah melayani Tuhan adalah mengalami jamahan tangan Tuhan; sama dengan menerima meterai Tuhan, sehingga kita bisa menjadi milik Tuhan selamanya (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Malang, 25 September 2021).
Tetapi murid-murid memarahi orang-orang itu (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 02 Oktober 2021).

Lukas 18: 16
18:16. Tetapi Yesus memanggil mereka dan berkata: "Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku, dan jangan kamu menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah.

Di sini, murid-murid bukan hanya memarahi tetapi juga menghalangi anak kecil datang kepada Yesus, sehingga tidak bisa dijamah oleh Tuhan; tidak bisa dimeteraikan oleh Tuhan, berarti dijamah oleh Antikris.

Waspada!Pelayan Tuhan yang menghalangi ibadah pelayanan yang benar atau tidak sungguh-sungguh dalam ibadah pelayanan yang benar, ia pasti beribadah melayani dan menyembah Antikris.
Orang yang tidak sungguh-sungguh pasti mengajak orang lain pada yang tidak benar.

Siapa yang masuk ibadah pelayanan kepada Antikris dan menyembah Antikris?

  1. Wahyu 13: 8
    13:8. Dan semua orang yang diam di atas bumi akan menyembahnya, yaitu setiap orang yang namanya tidak tertulissejak dunia dijadikan di dalam kitab kehidupandari Anak Domba, yang telah disembelih.

    Yang pertama: pelayan Tuhan yang namanya tidak tertulis dalam kitab kehidupan.

    Siapa itu?
    Wahyu 21: 27
    21:27. Tetapi tidak akan masuk ke dalamnyasesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejianatau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.


    • Pelayan Tuhan yang najis, yaitu dosa makan-minum dan kawin mengawinkan.
    • Pelayan Tuhan yang keji/jahat/durhaka, yaitu hanya berbuat jahat; menyakiti orang lain; menjadi sandungan.
      Titus 1: 16
      1:16. Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka kejidan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.

      Orang semacam ini tidak bisa berbuat baik, malah membalas kebaikan dengan kejahatan.

    • Pelayan Tuhan yang berdusta.

  2. Wahyu 13: 16-18
    13:16. Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,
    13:17. dan tidak seorangpun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.
    13:18. Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

    Yang kedua: pelayan Tuhan yang menerima cap 666 dari Antikris. Ia memang bisa berjual beli tetapi nanti akan dibinasakan.

    Praktikmenerima meterai 666:

    • Sama seperti wanita bungkuk delapan belas tahun di Bait Allah. Ia ada di Bait Allah tetapi sebenarnya beribadah melayani Antikris.
      Amsal 12: 25
      12:25. Kekuatirandalam hati membungkukkanorang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.

      Bungkuk sama dengan kekhawatiran pada perkara dunia menyangkut hidup sekarang dan masa depan--ada di dalam ibadah tetapi dikuasai kekhawatiran.

      Kalau khawatir, kita akan menjadi pelayan Tuhan yang tidak sungguh-sungguh--tidak setia dan tidak benar--; sama dengan beribadah dan menyembah Antikris.

    • Beribadah melayani tetapi tidak berubah; tetap mempertahankan manusia darah daging dengan delapan belas sifat tabiat daging, sehingga dicap 666.
      2 Timotius 3: 1-9

      3:1. Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.
      3:2. Manusia akan mencintai dirinya sendiri
      (1: egois)dan menjadi hamba uang(2). Mereka akan membual(3)dan menyombongkan diri(4), mereka akan menjadi pemfitnah(5), mereka akan berontak terhadap orang tua(6)dan tidak tahu berterima kasih(7), tidak mempedulikan agama(8: mencampuradukkan agama),
      3:3. tidak tahu mengasihi
      (9), tidak mau berdamai(10), suka menjelekkan orang(11), tidak dapat mengekang diri(12), garang(13), tidak suka yang baik(14),
      3:4. suka mengkhianat
      (15), tidak berpikir panjang(16), berlagak tahu(17), lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah(18: tidak taat).
      3:5. Secara lahiriah mereka
      menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!
      3:6. Sebab di antara mereka terdapat orang-orang yang menyelundup ke rumah orang lain dan menjerat perempuan-perempuan lemah yang sarat dengan dosa dan dikuasai oleh berbagai-bagai nafsu,
      3:7. yang walaupun selalu ingin diajar, namun tidak pernah dapat mengenal
      kebenaran.
      3:8. Sama seperti Yanes dan Yambres menentang Musa, demikian juga mereka menentang kebenaran. Akal mereka bobrok dan iman mereka tidak tahan uji.
      3:9. Tetapi sudah pasti mereka tidak akan lebih maju, karena seperti dalam hal Yanes dan Yambres, kebodohan merekapun akan nyata bagi semua orang.

      'kebenaran'= firman pengajaran yang benar, yang menyucikan kita (Yohanes 17: 17).

      Mengapabisa terjadi demikian sekalipun sudah beribadah melayani Tuhan? Karena menolak kuasa ibadah--'memungkiri kekuatannya'.

      Kuasa ibadah adalah

      1. Firman pengajaran yang benar--pedang. Ini yang ditolak seperti Yudas Iskariot.
        Matius 26: 23-25
        26:23. Ia menjawab: "Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku.
        26:24. Anak Manusia memang akan pergi sesuai dengan yang ada tertulis tentang Dia, akan tetapi celakalah orang yang olehnya Anak Manusia itu diserahkan. Adalah lebih baik bagi orang itu sekiranya ia tidak dilahirkan."
        26:25. Yudas, yang hendak menyerahkan Dia itu menjawab, katanya: "
        Bukan aku, ya Rabi?" Kata Yesus kepadanya: "Engkau telah mengatakannya."

        Yudas menolak saat firman menunjuk dia. Dia mengelak dari firman pengajaran yang benar bahkan menolak karena mempertahankan keinginan akan uang, sehingga ia menjadi kikir dan serakah--ia marah saat ada perempuan mengurapi kaki Yesus.

      2. Salib dan penggembalaan yang benar dan baik.
        Keluaran 7: 10-13
        7:10. Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu mereka berbuat seperti yang diperintahkan TUHAN; Harun melemparkan tongkatnya di depan Firaun dan para pegawainya, maka tongkat itu menjadi ular.
        7:11. Kemudian Firaunpun memanggil orang-orang berilmu dan ahli-ahli sihir; dan merekapun, ahli-ahli Mesir itu, membuat yang demikian juga dengan ilmu mantera mereka.
        7:12. Masing-masing mereka melemparkan tongkatnya, dan tongkat-tongkat itu menjadi ular; tetapi tongkat Harun menelan tongkat-tongkat mereka.
        7:13. Tetapi hati Firaun berkeras, sehingga tidak mau mendengarkan mereka keduanya--seperti yang telah difirmankan TUHAN.

        Tadi disebutkan Yanes dan Yambres menentang Musa.
        Siapa mereka ini? Yanes dan Yambres adalah kehidupan yang menolak kebenaran. Di sini kebenaran adalah tongkat.
        Tongkat menunjuk pada salib dan tongkat penggembalaan.

        Menolak salib= tidak mau mengalami sengsara daging bersama Yesus; tidak mau membendung daging dengan segala keinginan dan hawa nafsunya, malah mengumbar hawa nafsu daging.

        Kalau menolak salib, ia pasti akan menolak tongkat penggembalaan; tidak mau tergembala tetapi hanya beredar-edar untuk mengumbar daging--tidak tekun dalam tiga macam ibadah pokok: ibadah raya, ibadah pendalaman alkitab, dan ibadah doa.

        Tidak mau tergembala sama dengan merasa lebih pandai dan bijaksana dari pada Tuhan.
        Tidak mau tergembala=

        1. Ranting yang terlepas dari pokok anggur yang benar, sehingga kering rohani--dideteksi dari perkataan yang kering: dusta, gosip, fitnah, dan hujat.

        2. Keledai liar dan keledai jalang yang hanya berbuat dosa dan puncaknya dosa.
        3. Rambut terlepas dari kepala sampai gundul; sehelai rambutpun tidak dihitung. Benar-benar gugur! Ia hanya menuju pada kebinasaan.

        4. Digembalakan oleh maut sampai binasa selamanya.
          Mazmur 49: 15
          49:15. Seperti domba mereka meluncur ke dalam dunia orang mati, digembalakan oleh maut; mereka turun langsung ke kubur, perawakan mereka hancur, dunia orang mati menjadi tempat kediaman mereka.

Siapapun kita, biarlah kita tergembala dengan benar dan baik, supaya kita dihitung oleh Tuhan, artinya diperhatikan dan dipedulikan Tuhan, bahkan Dia bergumul bagi kita.
Yehezkiel 20: 37
20:37. Aku akan membiarkan kamu lewat dari bawah tongkat gembala-Ku dan memasukkan kamu ke kandang dengan menghitung kamu.

Hasilnya:

  1. Matius 10: 30=> perikop: penganiayaan yang akan datang (zaman Antikris)
    10:30. Dan kamu, rambut kepalamupun terhitung semuanya.

    Hasil pertama: Tuhan memperhatikan, mempedulikan, dan bergumul untuk memelihara kitayang kecil tak berdaya seperti sehelai rambut di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa di bumi.
    Semakin kita menyerah, semakin besar perhatian Tuhan.

    Tuhan juga bergumul untuk menyatukan kitasemua mulai dari dalam nikah.

  2. Ayub 31: 4
    31:4. Bukankah Allah yang mengamat-amati jalanku dan menghitung segala langkahku?

    Hasil kedua: Tuhan memperhatikan, mempedulikan, dan bergumul untuk setiap langkah hidup kita. Jangan ragu-ragu!
    Terima pedang dan salib, sehingga kita bisa menerima tongkat penggembalaan.

    Asalkan kita beribadah sungguh-sungguh--setia dan benar--, ditambah dengan menerima pedang dan tongkat--tergembala--, semua jadi urusan Tuhan.

    Ayub 7: 17-18
    7:17. Apakah gerangan manusia, sehingga dia Kauanggap agung, dan Kauperhatikan,
    7:18. dan Kaudatangi setiap pagi, dan Kauuji setiap saat?

    Salah satu bentuk perhatian Tuhan adalah ujian/percikan darah.
    Ujian harus diimbangi dengan doa penyembahan sehingga terjadi shekinah glory, yaitu taat sampai daging tidak bersuara lagi--emas murni.

    Langkah-langkah hidup kita adalah langkah iman kepada Tuhan. Setiap langkah kita dijamah oleh Tuhan, sehingga Antikris dan maut tidak bisa menjamah. Ini adalah langkah-langkah berhasil dan indah. Pintu terbuka sampai pintu sorga terbuka bagi kita.

  3. Keluaran 3: 7-8
    3:7. Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.
    3:8. Sebab itu
    Aku telah turun untuk melepaskan merekadari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.

    Hasil ketiga: Tuhan memperhatikan, mempedulikan, dan bergumul untuk melepaskan kita dari segala sengsara, letih lesu, penderitaan, sakit hati dan sebagainya, sehingga kita merasa damai sejahtera, semua enak dan ringan. Dalam kesesakan, luka di hati, Tuhan yang mengobati.

    Tuhan juga melepaskan kita dari dosa dan puncaknya dosa, sehingga kita hidup suci. Dan semua masalah yang mustahil diselesaikan oleh Tuhan, sampai Dia menuntun kita ke negeri perjanjian.
    Artinya: Dia terus menyucikan dan mengubahkan kita sampai sempurna untuk layak menyambut kedatangan-Nya kedua kali. Kita masuk Firdaus dan Yerusalem baru selamanya.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 08 Desember 2011 (Kamis Sore)
    ... pendengaran dan pendengaran oleh firman Kristus. Iman yang benar berasal dari mendengar Firman dalam urapan Roh Kudus Firman Kristus . Firman Kristus Firman yang dibukakan rahasiaNya dalam urapan Roh Kudus ayat menerangkan ayat Firman Pengajaran yang benar. Jika kita diurapi Roh Kudus maka kita bisa mendengar Firman Pengajaran benar dengan sungguh-sungguh mengerti ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 08 September 2017 (Jumat Sore)
    ... akan meningkat menjadi dosa sengaja yaitu sengaja tidak beribadah melayani Tuhan sekalipun ada kesempatan--meninggalkan ibadah pelayanan tidak mau sampai tidak bisa lagi beribadah melayani Tuhan. Ini orang durhaka yang akan dibinasakan--dosa tak terampunkan-- mendapatkan hukuman api. Ciri kedua durhaka pada Tuhan tidak taat. Samuel - . Tetapi jawab Samuel Apakah TUHAN ...
  • Ibadah Raya Malang, 19 September 2010 (Minggu Pagi)
    ... talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu. Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Hamba yang menerima talenta ini menyimpan talentanya dalam tanah sehingga disebut hamba yang jahat dan malas. Hamba ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 19 April 2015 (Minggu Sore)
    ... penggembalaan dan karena Daud taat dengar-dengaran dan setia setia dalam ibadah pelayanan sesuai dengan jabatan yang TUHAN berikan. Ini adalah ciri penggembalaan. Daud memegang kunci Daud untuk membuka pintu kerajaan Israel. Tetapi Yesus memegang kunci Daud untuk membuka pintu-pintu sampai membuka pintu Sorga bagi kita semua. Yesus tampil sebagai 'Yang memegang kunci ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 01 Desember 2019 (Minggu Siang)
    ... . Lalu aku pergi kepada malaikat itu dan meminta kepadanya supaya ia memberikan gulungan kitab itu kepadaku. Katanya kepadaku Ambillah dan makanlah dia ia akan membuat perutmu terasa pahit tetapi di dalam mulutmu ia akan terasa manis seperti madu. . Lalu aku mengambil kitab itu dari tangan malaikat itu dan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 27 Februari 2018 (Selasa Sore)
    ... baptisan air kita harus menjadi imam dan raja yang diutus oleh Tuhan. Jika tidak maka akan diutus oleh setan dalam pembangunan Babel. Contoh angin adalah Yesus utusan Tuhan yang pertama. Filipi - Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus yang walaupun dalam ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 18 Mei 2013 (Sabtu Sore)
    ... iman sehingga memiliki iman yang teruji sehingga bisa menghadapi dua keadaan Lukas - Yesus kembali ke Galilea diterima dan dipuji. Lukas - Yesus ditolak di Nazaret. Dua keadaan ini juga bisa kita alami dalam kehidupan sehari-hari dan dalam ibadah pelayanan. Kita membahas keadaan yang pertama. Lukas - Dalam kuasa Roh kembalilah ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 08 Juli 2015 (Rabu Sore)
    ... jemaat yang kosong gelap gulita dan tidak berbentuk tidak bisa ditempati oleh pribadi TUHAN tidak bisa menjadi rumah doa tetapi menjadi sarang penyamun. Rumah doa adalah tempat hadirat TUHAN kita terdorong untuk banyak beribadah menyembah TUHAN mendengar firman TUHAN sehingga kita diberkati. Kalau sarang penyamun adalah tempat hadirat setan sehingga ...
  • Ibadah Doa Malang, 08 Mei 2012 (Selasa Sore)
    ... pada saat itu berkokoklah ayam. Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya Sebelum ayam berkokok engkau telah menyangkal Aku tiga kali. Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya. Mengutuk sama dengan mempertahankan suasana kutukan berada dalam suasana kutukan suasana duri yaitu suasana penderitaan kepedihan air mata ...
  • Ibadah Raya Malang, 14 Februari 2010 (Minggu Pagi)
    ... baru lahir manusia baru yang berhak mewarisi Kerajaan Sorga. Tanda-tanda bayi secara rohani manusia baru Petrus membuang lima dosa yang utama yaitu Kejahatan termasuk juga kemalasan. Matius malas tidak setia dalam ibadah pelayanan tidak setia dalam nikah tidak setia dalam aktifitas di dunia. Jahat dan malas penderitaan. Matius manusia yang baru adalah setia dan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.