Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Dalam Lukas 9:18-21,kita mempelajari pengenalan kita pada Yesus. Sekarang, kita mempelajari pengikutan pada Yesus (sebelum mengenal, kita tidak dapat mengikuti Yesus).

Lukas 9:22
9:22 Dan Yesus berkata: “Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaandan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.”

Yesus harus menanggung penderitaan, sengsara, sampai mati di kayu salib, tetapi akan dibangkitkan pada hari ketiga.

Yohanes 2:19-21
2:19 Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hariAku akan mendirikannya kembali.”
2:20 Lalu kata orang Yahudi kepada-Nya: “Empat puluh enam tahunorang mendirikan Bait Allah ini dan Engkau dapat membangunnya dalam tiga hari?”
2:21 Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Yesusbangkit pada hari ketiga untuk membangun tubuh Kristus yang sempurna.
Bangsa Israel membangun Bait Allah selama 46 tahun (46 menunjuk pada hukum taurat, dua loh batu yang terdiri dari 4 hukum dan 6 hukum). Dalam hukum taurat, Bangsa Kafir tidak mendapatkan bagian. Sementara dalam tubuh Kristus yang sempurna, Bangsa Kafir mendapatkan kesempatan.

Arah pengikutan kita kepada Yesus adalah pengikutan tubuh terhadap Kepala, yaitu pengikutan yang tidak terpisahkan.
Kita harus aktif dalam pembangunan tubuh Kristus sampai terbentuk tubuh Kristus yang sempurna, sampai siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Kita harus memiliki jabatan pelayanansehingga kita dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
Jika ketinggalan saat Tuhan datang kembali kedua kali, maka semuanya akan menjadi sia-sia.

Pelayanan pembangunan tubuh Kristus dimulai dari dalam nikah/ rumah tangga, lanjut dalam penggembalaan, antar penggembalaan, sampai Israel dan Kafir menyatu menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna. Jabatan pelayanan adalah jubah yang indah, artinya Tuhan menjamin masa depan yang indah.
Untuk membangun tubuh Kristus, Yesus mengorbankan segala sesuatu, bahkan mengorbankan Surga untuk datang ke dunia. Kita juga harus meneladani jejak Yesus, yaitu mengorbankan segala sesuatu untuk melayani Tuhan, mulai dari waktu, tenaga, uang, pikiran, sampai seluruh hidup kita diserahkan kepada Tuhan. Kecuali satu yang tidak boleh dikorbankan, yaitu firman pengajaran yang benar, sebab itu merupakan pribadi Yesus sendiri.

Jika kita aktif dalam pembangunan tubuh Kristus sesuai dengan jabatan kita masing-masing, kita menempatkan Yesus sebagai Kepala.
Jika berhenti melayani pembangunan tubuh Kristus, berarti masuk dalam pembangunan Babel dan menempatkan serigala dan burung (roh jahat dan roh najis) sebagai kepala.

Ada 2 pengertian Yesus sebagai Kepala:
  1. Yesus adalah Raja di atas segala raja.
    Efesus 1:22-23
    1:22 Dan segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristusdan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada.
    1:23 Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu.


    1 Korintus 15:25-26
    15:25 Karena Ia harus memegang pemerintahan sebagai Rajasampai Allah meletakkan semua musuh-Nya di bawah kaki-Nya.
    15:26 Musuh yang terakhir, yang dibinasakan ialah maut.


    Yesus adalah Raja segala raja, kita adalah raja-raja. Artinya, kita harus menang atas maut, yaitu dosa.
    Buktinya adalah:
    • Hidup dalam kebenaran di mana saja, kapan saja, situasi dan kondisi apa saja.
    • Tetap berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar, supaya tidak disesatkan oleh ajaran palsu atau gosip-gosip tidak benar yang membinasakan.
      2 Petrus 2:1
      2:1 Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka.

    Mazmur 5:13
    5:13 Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

    Jika kita hidup benar dan tidak disesatkan, hasilnya adalah kita dipagari dengan berkat dan anugerah Tuhan. Kita mengalami suasana Firdaus di tengah dunia yang terkutuk.

  2. Yesus adalah Mempelai Pria Surga.
    Efesus 5:22-25
    5:22 Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
    5:23 karena suami adalah kepala isterisama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
    5:24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.
    5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya


    Yesus adalah Mempelai Pria Surga, jemaat adalah mempelai wanitaNya. Hubungan Yesus dengan jemaat adalah hubungan Kepala dengan tubuh, tidak terpisahkan. Hubungan kepala dengan tubuh yang paling dekat adalah leheryaitu doa penyembahan dan penundukan.
    Doa penyembahan adalah proses perobekan daging sehingga kita bisa taat dengar-dengaran, tunduk, hanya berseru "Ya Abba, Ya Bapa".

    Markus 14:33-34
    14:33 Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar,
    14:34 lalu kata-Nya kepada mereka: “Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah.”

    Daging yang harus dirobek adalah:
    • Ketakutan daging harus diubah menjadi takut akan Tuhan.
    • Kesedihan, putus asa, kecewa juga harus dirobek menjadi mengucap syukur senantiasa kepada Tuhan.
    • Kehendak diri diserahkan kepada Tuhan, sehingga hanya kehendak Tuhan yang jadi.

    Lukas 22:39-43

    22:39 Lalu pergilah Yesus ke luar kota dan sebagaimana biasa Ia menuju Bukit Zaitun. Murid-murid-Nya juga mengikuti Dia.
    22:40 Setelah tiba di tempat itu Ia berkata kepada mereka: “Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan.”
    22:41 Kemudian Ia menjauhkan diri dari mereka kira-kira sepelempar batu jaraknya, lalu Ia berlutut dan berdoa, kata-Nya:
    22:42 “Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau mau, ambillah cawan ini dari pada-Ku; tetapi bukanlah kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang terjadi.
    22:43 Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya.


    Kalau bisa taat dengar-dengaran sampai tunduk, hanya berseru "Ya Abba, ya Bapa", maka Roh Kudus turun atas kita. Roh Kudus memenuhi dan mengurapi kita. Hasilnya:
    • Roh Kudus membaharui kehidupan kita dari manusia jasmani menjadi manusia rohani.
      Titus 3:5
      3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

      Kita jujur dan taat. Jika "ya" katakan "ya", jika "tidak" katakan "tidak". Maka kita menjadi kehidupan yang bisa diharapkan.

    • Roh Kudus mampu mengadakan mujizat jasmani, meratakan gunung yang besar.
      Zakharia 4:6-7
      4:6 Maka berbicaralah ia, katanya: “Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.
      4:7 Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!”

      Roh Kudus sanggup menyelesaikan semua masalah yang mustahil pada waktuNya.
      Roh Kudus juga mampu membuat semua berhasil dan indah pada waktuNya.
      Sampai terakhir saat Yesus datang kembali kedua kali, kita diubahkan menjadi sama mulia dengan Dia, Kepala dan tubuh menjadi satu dan tidak terpisahkan selamanya.


Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 16 Juni 2012 (Sabtu Sore)
    ... ini yang menentukan nasib masa depan kita baik di dunia sampai hidup kekal. Kalau pertumbuhan jasmani lebih besar daripada pertumbuhan rohani maka dia akan menjadi manusia daging yang hanya untuk dibinasakan. Tetapi kalau pertumbuhan rohani lebih besar daripada pertumbuhan daging maka kehidupan itu akan menjadi manusia rohani seperti Yohanes Pembaptis ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 15 Agustus 2012 (Rabu Sore)
    ... mengambil mayat itu mengapaninya dengan kain lenan yang putih bersih . lalu membaringkannya di dalam kuburnya yang baru yang digalinya di dalam bukit batu dan sesudah menggulingkan sebuah batu besar ke pintu kubur itu pergilah ia. . Tetapi Maria Magdalena dan Maria yang lain tinggal di situ duduk di depan ...
  • Ibadah Persekutuan Tubuh Kristus Medan II, 23 April 2013 (Selasa Sore)
    ... satu laki-laki untuk membawa kamu sebagai perawan suci kepada Kristus. Tetapi aku takut kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. Sebab kamu sabar saja jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 26 Juli 2017 (Rabu Sore)
    ... sama seperti burung nasar yang sedang terbang. Makhluk keempat adalah sama seperti burung nasar yang sedang terbang. 'Burung nasar' sama dengan kehidupan yang menantikan kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Jadi untuk menghadapi maut CARANYA adalah kita harus menantikan kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai. Wahyu - . Aku bersaksi ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 10 September 2016 (Sabtu Sore)
    ... Yesus dan diselamatkan. Penuaian. Yaitu kegerakan Roh Kudus hujan akhir kegerakan firman pengajaran yang memberitakan tentang kedatangan Yesus kedua kali untuk memilih orang-orang yang sudah selamat untuk disucikan sampai sempurna seperti Yesus. Nikah kita dituntun untuk masuk dalam kegiatan penuaian yaitu masuk dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus mulai dari dalam nikah ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 04 Februari 2016 (Kamis Sore)
    ... karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Waspada ada musuh utama yang mengincar harta Surga Ngengat merusak pakaian putih. Karat merusak logam Pencuri mencuri minyak urapan. ad. . Pencuri mencuri minyak urapan. Praktek pencuri ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 11 Desember 2010 (Sabtu Sore)
    ... berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah Ada macam pakaian yang diberikan oleh Tuhan Yesus di kayu salib pakaian keselamatan pakaian kebenaran. Yohanes - Sesudah prajurit-prajurit itu menyalibkan Yesus mereka mengambil pakaian-Nya lalu membaginya menjadi empat bagian untuk tiap-tiap prajurit satu bagian - dan jubah-Nya juga mereka ambil. Jubah itu tidak ...
  • Ibadah Raya Malang, 13 Juli 2014 (Minggu Pagi)
    ... bisa melihat wajah Yesus yang bersinar-sinar bagaikan matahari terik Matius - Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus Yakobus dan Yohanes saudaranya dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 08 Desember 2020 (Selasa Sore)
    ... perempuan itu supaya ia dihanyutkan sungai itu. Tetapi bumi datang menolong perempuan itu. Ia membuka mulutnya dan menelan sungai yang disemburkan naga itu dari mulutnya. Maka marahlah naga itu kepada perempuan itu lalu pergi memerangi keturunannya yang lain yang menuruti hukum-hukum Allah dan memiliki kesaksian Yesus. Dan ia tinggal berdiri ...
  • Ibadah Doa Malang, 09 Desember 2014 (Selasa Sore)
    ... bersyukur kepada Dia yang menguatkan aku yaitu Kristus Yesus Tuhan kita karena Ia menganggap aku setia dan mempercayakan pelayanan ini kepadaku aku yang tadinya seorang penghujat dan seorang penganiaya dan seorang ganas tetapi aku telah dikasihani-Nya karena semuanya itu telah kulakukan tanpa pengetahuan yaitu di luar iman. Malah kasih karunia ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.