Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat mendengarkan firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dilimpahkan Tuhan di tengah-tengah kita.

Wahyu 21: 1-8 terbagi dalam tiga bagian:

  1. Ayat 1= langit yang baru dan bumi yang baru (diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya, 29 Oktober 2023sampai Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 16 November 2023). Tidak boleh ada hati bimbang.

  2. Ayat 2-3= manusia baru (diterangkan pada Ibadah Raya Surabaya, 19 November 2023).
  3. Ayat 4-8= suasana baru.

AD. 2
Wahyu 21: 2-3

21:2. Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikanpengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
21:3. Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata: "Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia dan Ia akan diam bersama-sama dengan mereka.
Mereka akan menjadi umat-Nya dan Ia akan menjadi Allah mereka.

Manusia baru adalah mempelai wanita sorga; pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
Ini sama dengan burung nasar.

Yesaya 40: 31
40:31.tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHANmendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Di sini, manusia baru sama dengan orang-orang yang menantikan kedatangan Tuhan kedua kali; bagaikan burung rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya, yaitu firman pengajaran yang benar dan urapan Roh Kudus.

Ke mana naiknya?Lebih dulu ke gunung penyembahan.
Ayub 39: 30-32
39:30.Atas perintahmukah rajawali terbang membubung, dan membuat sarangnya di tempat yang tinggi?
39:31.Ia diam dan bersarang di bukit batu, di puncak bukit batu dan di gunung yang sulit didatangi.
39:32.Dari sana ia mengintai mencari mangsa, dari jauh matanya mengamat-amati;

Sebelum naik ke awan-awan yang permai, rajawali lebih dulu naik ke gunung yang tinggi, yang sulit didatangi oleh musuh--tempat yang aman--, itulah gunung penyembahan. Setan tritunggal tidak bisa mengganggu kita kalau kita tekun menyembah Tuhan.
Tetapi ibadah doa juga paling sulit didatangi oleh anak-anak Tuhan, karena merupakan perobekan daging--seperti naik gunung. Dari dua belas murid, hanya tiga murid yang berhasil naik ke atas--hanya dua puluh lima persen. Ini awasan bagi kita. Hanya dua puluh lima persen dari pengikut Tuhan yang berhasil sampai di gunung penyembahan, berarti masih ada halangan lagi untuk masuk Firdaus. Karena itu kita harus sungguh-sungguh.

Manusia baru sama dengan mempelai wanita yang harus meningkatkan kerohanian dan kesuciannya oleh pekerjaan firman pengajaran yang benar dalam urapan Roh Kudus sampai bisa menyembah Tuhan dalam penyembahan yang benar--didorong oleh firman dan Roh Kudus.

Untuk apa burung rajawali naik ke gunung yang tinggi?Untuk membuat sarang.
Ayub 39: 30
39:30. Atas perintahmukah rajawali terbang membubung, dan membuat sarangnya di tempat yang tinggi?

Gunung yang tinggi adalah sarang dari burung rajawali, artinya doa penyembahan harus menjadi kebutuhan pokok bagi kita semua. Doa penyembahan menjadi kegemaran dalam hidup kita, sehingga kita melakukannya dengan sukarela dan sukacita; tidak terpaksa dan dipaksa oleh siapapun.
Kalau kita ikut doa pagi, musuh-musuh tidak akan bisa mendatangi kita.

Kalau terpaksa atau dipaksa menyembah, nanti akan dipaksa menyembah oleh Antikris.

Ayub 39: 32
39:32.Dari sana ia mengintai mencari mangsa, dari jauh matanya mengamat-amati;

Dalam doa penyembahan yang benar kita mengalami mujizat Tuhan, yaitu pembaharuan, terutama pembaharuan pandangan ke arah yang jauh--'dari jauh matanya mengamat-amati'.

2 Korintus 4: 18
4:18.Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

Pandangan ke arah yang jauh= ke masa depan yang jauh, yaitu pandangan ke arah perkara rohani dan kekal.
Buktinya: berani mengorbankan perkara jasmani untuk mendapatkan perkara rohani.

Esau justru mengorbankan yang rohani untuk mendapatkan yang jasmani. Akibatnya: mencucurkan air mata selama-lamanya.

Tiga pengertian pandangan rohani dan kekal:

  1. Pandangan iman.
    2 Korintus 5: 6-9
    5:6.Maka oleh karena itu hati kami senantiasa tabah, meskipun kami sadar, bahwa selama kami mendiami tubuh ini, kami masih jauh dari Tuhan,
    5:7.--sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat--
    5:8.tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan.
    5:9.Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.

    Praktiknya:

    1. Kita bisa percaya dan mempercayakan diri sepenuh kepada Tuhansekalipun memiliki pekerjaan bagus. Atau pekerjaannya kurang bagus, tetapi tetap percaya dan mempercayakan diri pada Tuhan.

      Roma 4: 16-17
      4:16.Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tetapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah bapa kita semua, --
      4:17.seperti ada tertulis: "Engkau telah Kutetapkan menjadi bapa banyak bangsa" --di hadapan Allah yang kepada-Nya ia percaya, yaitu Allah yang menghidupkan orang mati dan yang menjadikan dengan firman-Nya apa yang tidak ada menjadi ada.

      Secara pandangan manusia, Abraham tidak mungkin punya anak, karena ia sudah tua dan istrinya mandul bahkan mati haid. Tetapi ia yakin Tuhan menggenapi janji-Nya,dan Ishak lahir.
      Kemudian Tuhan uji lagi mempersembahkan Ishak. Abraham taat, karena ia yakin bahwa Tuhan sanggup menghidupkan apa yang sudah mati.

      Pandangan iman adalah kita percaya bahwa firman Allah mampu menciptakan dari tidak ada menjadi ada dan mampu menghapus segala kemustahilan, sehingga kita tidak berharap pada yang lain; kita percaya sepenuh kepada Tuhan.

    2. Tabah= tidak bambang pada pribadi Tuhan; tidak kecewa dan putus asa apapun yang kita hadapi tetapi tetap percaya dan berharap Tuhan.
      2 Korintus 5: 8
      5:8.tetapi hati kami tabah, dan terlebih suka kami beralih dari tubuh ini untuk menetap pada Tuhan.


    3. Berusaha untuk selalu berkenan pada Tuhan; sama dengan hidup dalam kebenaran.
      2 Korintus 5: 9
      5:9.Sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya.

      Iman sama dengan kebenaran; termasuk berpegang teguh pada firman pengajaran yang benar apapun risiko yang harus kita hadapi.
      Contoh: rasul-rasul mati syahid karena mempertahankan kebenaran, sehingga saat Tuhan datang kembali mereka akan dibangkitkan dalam tubuh kemuliaan.

      Sebaliknya, kalau tidak benar karena takut mati, sebenarnya ia sudah mati secara tubuh, jiwa, dan roh untuk selamanya.

  2. Pandangan salib.
    Kejadian13: 14-15
    13:14. Setelah Lot berpisah dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pandanglahsekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan,
    13:15. sebab seluruh negeri yang kaulihat itu akan Kuberikan kepadamu dan kepada keturunanmu untuk selama-lamanya.


    'timur dan barat, utara dan selatan' jika ditarik garis akan membentuk salib.

    Praktiknya: rela sengsara daging untuk berhenti berbuat dosa--bertobat--dan kembali pada kehendak Tuhan--taat dengar-dengaran.
    1 Petrus 4: 1-2
    4:1.Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, --karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa--,
    4:2.supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan manusia, tetapi menurut kehendak Allah.

    Yesus taat sampai mati di kayu salib. Kita bertobat dan taat sampai daging tidak bersuara lagi.

    1 Petrus 1: 22
    1:22.Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraanyang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

    Kalau taat, hasilnya:

    1. Kita akan disucikan, dan saing mengasihi.
      Kita hanya berbuat baik bahkan membalas kejahatan dengan kebaikan.

      Kalau suci, kita akan diperlengkapi dengan jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus untuk dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.

      Efesus 4: 11-12
      4:11.Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,
      4:12.untuk memperlengkapi orang-orang kudusbagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

      Ayat 11= lima jabatan pokok, bisa dijabarkan jadi tim doa, pemain musik dan sebagainya.

      Pembangunan tubuh Kristus dimulai dari nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna.
      Kalau suci, pasti akan bisa melayani dalam nikah.

    2. Kita diberkati untuk hidup sekarang sampai hidup kekal.
      Ulangan 28: 1-8
      28:1."Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nyayang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
      28:2.Segala berkat ini akan datang kepadamudan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:
      28:3.Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.
      28:4.Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
      28:5.Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.
      28:6.Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar.
      28:7.TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.
      28:8.TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmudi dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.

      Tuhan memerintahkan berkat jasmani dan rohani sampai berkat hidup kekal selamanya.

  3. Pandangan kepada Yesus sebagai Imam Besaryang duduk di sebelah kanan takhta Allah Bapa.
    Ibrani 12: 2
    12:2.Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.

    Praktiknya:

    1. Mengutamakan ibadah pelayanan lebih dari segala perkara; setia berkobar-kobardalam ibadah pelayanan.
      Kolose 3: 1
      3:1.Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.


    2. Menyembah Tuhan--memandang wajah Yesus yang bersinar bagaikan matahari terik.

      Hasilnya:

      1. Mengalami sinar kemuliaandari wajah Yesus, sehingga kita mengalami pembaharuan hidup dari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus, yaitu jujur.
        Kita menjadi rumah doa, dan doa kita berkenan pada Tuhan.

      2. Tuhan menyinari dengan sinar belas kasih.
        Bilangan 6: 25
        6:25.TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;

        Kapan Yesus berbelas kasih? Saat memberi makan lima ribu orang laki-laki dengan lima roti dan dua ikan.
        Tuhan melindungi dan memelihara kita di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa di bumi.

        Kalau Tuhan berbelas kasih, yang sakit akan disembuhkan, yang mati dibangkitkan; semua masalah yang mustahil akan diselesaikan
        Pandang wajah Yesus sampai Ia berbelas kasihan!

      3. Tuhan menyinari dengan sinar damai sejahtera.
        Bilangan 6: 26
        6:26.TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.

        Hati kita damai di tengah badai lautan dunia. Semua menjadi enak dan ringan di dalam Tuhan.
        Lebih suci, akan lebih enak dan ringan.

        Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Burung nasar terbang ke awan-awan yang permai. Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yerusalem baru selamanya.

Inilah manusia baru yang berdandan untuk suaminya. Pandangannya baru, yaitu pandangan iman, pandangan salib, dan hanya memandang Yesus yang duduk di sebelah kanan takhta Allah Bapa.
Menghadapi apapun, yang penting percaya bahwa Tuhan menolong kita. Pegang salib! Kembali pada ketaatan! Dan pandang wajah Yesus! Jangan pandang persoalan kita! Jangan pandang manusia! Pandanglah Yesus!

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Kaum Muda Remaja, 03 Maret 2012 (Sabtu Sore)
    ... bersekutu yaitu persekutuan dengan sesama anggota tubuh Kristus. Dalam Yohanes ini menunjuk pada persekutuan carang dengan carang pada pokok anggur yang benar. Syarat bersekutu adalah Berdasarkan pokok anggur yang benar yaitu SATU pengajaran yang benar. Zakharia mendengar berita dari Gabriel demikian juga Maria mendengar berita dari Gabriel. Didorong oleh kebenaran ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 29 November 2014 (Sabtu Sore)
    ... juga apa yang ia anggap ada padanya. Perumpamaan tentang pelita menunjuk pada kehidupan anak Tuhan atau pelayan Tuhan yang hidup dalam terang bercahaya. Syarat untuk kehidupan kita bisa bercahaya atau menjadi terang Tidak ada sesuatu yang tersembunyi ayat . Memperhatikan cara kita mendengar firman Allah ayat . Kita membahas syarat kedua memperhatikan cara ...
  • Ibadah Raya Malang, 23 September 2018 (Minggu Pagi)
    ... di situ Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu Sebab Aku berkata kepadamu Banyak orang akan berusaha untuk masuk tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata Tuan bukakanlah kami pintu dan Ia akan ...
  • Ibadah Raya Malang, 21 Oktober 2012 (Minggu Pagi)
    ... semua langit yaitu Yesus Anak Allah baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Besar yang kita punya bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita sebaliknya sama dengan kita Ia telah dicobai hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 23 Juli 2015 (Kamis Sore)
    ... menghasilkan manusia darah daging yang tidak layak untuk masuk kerajaan Surga. Oleh sebab itu kita harus mengalami kelahiran baru untuk menjadi anak kecil bayi secara rohani sama dengan Anak Allah yang berhak untuk masuk kerajaan Surga. Yohanes - Yesus menjawab kata-Nya Aku berkata kepadamu sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali ...
  • Ibadah Raya Malang, 16 Februari 2014 (Minggu Pagi)
    ... tubuh Kristus Yesus harus mati dan bangkit untuk memberikan jabatan pelayanan kepada kita sama dengan untuk memanggil dan memilih kita atau mengangkat kita menjadi imam-imam dan raja-raja. Imam adalah seorang yang suci seorang yang memangku jabatan pelayanan dari Tuhan dan seorang yang beribadah melayani Tuhan. Keluaran Kamu akan menjadi bagi-Ku ...
  • Ibadah Kunjungan Ciawi I, 27 Juli 2010 (Selasa Sore)
    ... kegelapan dosa sampai puncaknya dosa. Bagaimana kita bisa terlepas dari kegelapan dosa Dari diri kita sendiri tidak akan mampu terlepas dari dosa. Satu-satunya jalan adalah lewat TUHAN MENERANGI menyinarkan terang kepada manusia dalam kegelapan dosa. macam terang yang Tuhan sinarkan dikaitkan dengan tabernakel terang kebenaran keselamatan. Yesaya . Bangsa yang berjalan di dalam ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 27 Juni 2012 (Rabu Sore)
    ... segala kutukan dan penderitaan yang diterima oleh manusia terlebih yang diterima oleh anak-anak Tuhan. Awalnya manusia hidup dalam kebahagiaan. Tetapi karena tidak taat maka manusia hidup dalam kepahitan sampai saat ini. Yesaya - . Aku hendak menyanyikan nyanyian tentang kekasihku nyanyian kekasihku tentang kebun anggurnya Kekasihku itu mempunyai kebun anggur di lereng ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 26 September 2017 (Selasa Sore)
    ... Tuliskanlah Berbahagialah mereka yang diundang ke perjamuan kawin Anak Domba. Katanya lagi kepadaku Perkataan ini adalah benar perkataan-perkataan dari Allah. Oleh sebab itu kita harus menjaga nikah yang jasmani mulai permulaan nikah perjalanan nikah harus dijaga kebenaran kesucian dan kesatuan nikah supaya bisa mencapai nikah yang rohani. Sampai masuk ke ...
  • Ibadah Doa Malang, 16 April 2024 (Selasa Sore)
    ... seorang raja yang mengadakan perjamuan kawin untuk anaknya. Ia menyuruh hamba-hambanya memanggil orang-orang yang telah diundang ke perjamuan kawin itu tetapi orang-orang itu tidak mau datang. Masuk pintu gerbang Yerusalem baru sama dengan menerima undangan pesta kawin Anak Domba. Tuhan mengutus hamba-hamba Tuhan untuk mengundang orang-orang lewat pemberitaan firman Allah ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.