Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 21: 5-32 menunjuk pada tujuh nubuat.
Nubuat adalah sesuatu yang belum terjadi tetapi pasti akan terjadi:

  1. Lukas 21: 5-6= nubuat tentang Bait Allah di Yerusalem (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 27 Mei 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 10 Juni 2023).

  2. Lukas 21: 7-8= nubuat tentang penyesat-penyesat (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 17 Juni 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 01 Juli 2023).

  3. Lukas 21: 9-10= nubuat tentang bangsa-bangsa (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 08 Juli 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 22 Juli 2023).

  4. Lukas 21: 11= nubuat tentang malapetaka di dunia (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 29 Juli 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 19 Agustus 2023).

  5. Lukas 21: 12-19= nubuat tentang apa yang akan terjadi terhadap orang-orang kristen (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 26 Agustus 2023) sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 30 September 2023).

  6. Lukas 21: 20-24= nubuat tentang apa yang akan terjadi dengan orang-orang Yahudi/Israel (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 07 Oktober 2023).

  7. Lukas 21: 25-32= nubuat tentang kedatangan Yesus kedua kali.

AD. 6
Lukas 21: 20
21:20."Apabila kamu melihatYerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.

Nubuat tentang orang Yahudi/bangsa Israel adalah satu waktu Yerusalem akan dikepung oleh tentara-tentara dari berbagai negara, sampai mengalami keruntuhan, sehingga seluruh bangsa Israel bisa mengakui dan menerima Yesus sebagai Mesias--sampai hari ini banyak yang menolak Yesus. Saat itu Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna, yang disingkirkan ke padang gurun selama tiga setengah tahun. Kita dipelihara oleh Tuhan.

Sesudah itu Antikris akan berkuasa di bumi selama tiga setengah tahun untuk membalas dendam kepada gereja Tuhan yang tidak ikut dalam penyingkiran (ayat 22).
Lukas 21: 21-22
21:21.Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota,
21:22.sebab itulah masa pembalasandi mana akan genap semua yang ada tertulis.

Tindakan menghadapi Antikris:

  1. 'orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan'= kita harus naik ke gunung, artinya meningkatkan kerohanian kita; sama dengan memantapkan dan meningkatkan keselamatan sampai pada kesempurnaan(diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 21 Oktober 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 28 Oktober 2023).

  2. 'orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota'= tetap berada di pedusunan(diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 04 November 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 18 November 2023).
    Kita selalu berada di kebun anggur, yaitu penggembalaan, nikah, dan ibadah pelayanan yang benar.

Lukas 21: 23-24
21:23.Celakalah ibu-ibu yang sedang hamilatau yang menyusukan bayi pada masa itu! Sebab akan datang kesesakan yang dahsyat atas seluruh negeri dan murka atas bangsa ini,
21:24.dan mereka akan tewas oleh mata pedang dan dibawa sebagai tawanan ke segala bangsa, dan Yerusalem akan diinjak-injak oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sampai genaplah zaman bangsa-bangsa itu."

Sasaran dari Antikris: 'Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil', artinya:

  1. Yakobus 4: 17
    4:17.Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

    Yang pertama: di hatinya mau melakukan yang baik tetapi tidak melakukannya, berarti ia melakukan yang jahat; sama dengan berbuat dosa.

  2. Mazmur 7: 15
    7:15.Sesungguhnya, orang itu hamil dengan kejahatan, ia mengandung kelalimandan melahirkan dusta.

    Yang kedua: kehidupan yang hatinya mengandung kejahatan dan kelaliman--tidak adil--; sama dengan keturunan ular beludak.

Kehidupan inilah yang diancam oleh Antikris.

Praktikhati mengandung yang baik tetapi tidak melakukannya atau hatinya mengandung kejahatan dan kelaliman:

  1. Yesaya 59: 1-5
    59:1.Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar;
    59:2.tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.
    59:3.Sebab tanganmu cemar oleh darah dan jarimu oleh kejahatan; mulutmu mengucapkan dusta, lidahmu menyebut-nyebut kecurangan.
    59:4.Tidak ada yang mengajukan pengaduan dengan alasan benar, dan tidak ada yang menghakimi dengan alasan teguh; orang mengandalkan kesia-siaan dan mengucapkan dusta, orang mengandung bencana dan melahirkan kelaliman.
    59:5.Mereka menetaskan telur ular beludak, dan menenun sarang laba-laba; siapa yang makan dari telurnya itu akan mati, dan apabila sebutir ditekan pecah, keluarlah seekor ular beludak.

    Praktik pertama: hidup dalam dosa, yaitu

    • Hatinya tidak tulus/jujur, tetapi berbelit-belit seperti ular karena menyembunyikan sesuatu.

    • 'tangan cemar'= perbuatan dosa sampai puncaknya dosa, yaitu dosa makan minum dan kawin mengawinkan.
      Kalau sudah menyembunyikan sesuatu, pasti akan berbuat dosa.

    • Perkataannya dusta, termasuk gosip, fitnah, dan hujat--pengajaran yang benar disalahkan; orang benar dimusuhi, tetapi orang yang salah malah didukung.

      Hati-hati! Kalau ada satu ular saja di dalam nikah, semuanya akan belat-belit.

    Akibatnya: terpisah dari Tuhan dan sesama, sehingga Tuhan tidak bisa menolong.

  2. Hidup dalam kutukan.
    Setiap dosa mengandung kutukan dosa, yaitu letih lesu, beban berat, susah payah, kepedihan hati, dan air mata.
    Kalau diteruskan, akan terpisah dari Tuhan dan sesama; hanya ada penderitaan dan air mata.

Akibat dosa dan kutukan dosa
: menjadi sasaran dari Antikris. Ini yang dimaksud dengan istilah 'ibu hamil'.
Pelayan Tuhan yang menjadi keturunan ular beludak pasti tidak akan tahan saat menghadapi aniaya Antikris, karena ia hanya mencari yang enak bagi daging, sehingga ia pasti menyembah Antikris. Ia jadi sama dengan Antikris untuk dibinasakan saat Yesus datang kembali.

Apa yang dikandung hati kita? Hanya kita sendiri, Tuhan, dan Setan yang tahu.
Tetapi semoga firman menolong kita. Kalau ada benih ular beludak, berhenti, jangan lanjutkan, supaya kita tidak jadi sasaran dari Antikris dan binasa selamanya.

Matius 3: 7-9
3:7.Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang?
3:8.Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.
3:9.Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!

Farisi dan Saduki adalah orang Israel asliyang mewarisi janji Tuhan, tetapi Tuhan sebut sebagai ular beludak karena mereka keras hati.Hati-hati! Orang keras hati tidak akan bisa lurus sekalipun ditegor dan dinasihati.
Orang semacam ini akan jadi sasaran dari Antikris sampai menyembah Antikris untuk dibinasakan selamanya.

Karena sebagian dari Israel menjadi keturunan ular beludak, maka terbuka kesempatan dan kemurahan Tuhan bagi bangsa kafir. Bangsa kafir memang keturunan ular beludak--hatinya tidak pernah lurus, perbuatannya dosa, dan perkataannya dosa--tetapi bisa menjadi keturunan Abraham secara rohani lewat baptisan air yang benar.

Roma 6: 1-2, 4
6:1.Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu?
6:2.Sekali-kali tidak! Bukankah kita telah mati bagi dosa, bagaimanakah kita masih dapat hidup di dalamnya?
6:4.Dengan demikian kita telah dikuburkanbersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkandari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalamhidup yang baru.

Baptisan air yang benar, yaitu baptisan sesuai dengan kehendak Allah/alkitab, dan kita dibaptis seperti Yesus dibaptis.
Syarat baptisan air yang benar: percaya Yesus dan bertobat--mati terhadap dosa.
Pelaksanaanbaptisan air yang benar adalah orang yang sudah percaya Yesus dan bertobat--mati terhadap dosa--harus dikuburkan dalam air bersama Yesus dalam nama Bapa, Anak Laki-laki, dan Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus, dan bangkit--keluar dari dalam air--bersama Yesus sehingga mendapatkan hidup baru/hidup sorgawi--langit terbuka--yaitu hidup dalam urapan Roh Kudus.

Hidup dalam urapan Roh Kudus= hidup dalam kebenaran.
Ini bukti bahwa tidak ada ular dalam hidup kita.
Mulai dari hati, perbuatan, dan perkataan kita benar.

Galatia 3: 7-9
3:7.Jadi kamu lihat, bahwa mereka yang hidup dari iman, mereka itulah anak-anak Abraham.
3:8.Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudioleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: "Olehmu segala bangsa akan diberkati."
3:9.Jadi mereka yang hidup dari iman, merekalah yang diberkatibersama-sama dengan Abraham yang beriman itu.

Hidup dalam kebenaran= hidup dari iman. Inilah keturunan Abraham secara rohani.
'orang-orang bukan Yahudi'= bangsa kafir.
'diberkati'=kita berhak menerima berkat Abraham. Bangsa kafir yang adalah batu bisa menerima berkat Abraham sehingga tidak bisa dijamah oleh Antikrisyang berkuasa di bumi selama tiga setengah tahun.

Galatia 3: 13-14
3:13.Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!"
3:14.Yesus Kristus telah membuat ini, supaya di dalam Dia berkat Abraham sampai kepada bangsa-bangsa lain, sehingga oleh iman kita menerima Rohyang telah dijanjikan itu.

'bangsa-bangsa lain'= bangsa kafir.
Yesus menanggung segala dosa dan kutukan dosa yang ada pada bangsa Israel dan kafir untuk memberikan berkat Abraham, terutama berkat Roh Kudus.

Kalau ada Roh Kudus, hati kita akan mengandung Roh Kudus, bukan lagi ular beludak.
Roh Kudus yang berkarya dalam hidup kita.

Sehebat apapun kita, kita hanya seperti bayi yang sangat terbatas; tidak bisa apa-apa. Selebihnya adalah tangan Tuhan yang tak terbatas. Itu yang menolong kita.
Karena itu jangan ada yang disembunyikan, dan jangan berbelit-belit!

Kegunaan Roh Kudus:

  1. Roma 15: 16
    15:16.yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

    Yang pertama: Roh Kudus sanggup menyucikan dan mengubahkanbangsa kafir--anjing dan babi--menjadi persembahan yang harum dan berkenan di hadapan Tuhan.

    Kita berbau harum saat kita taat dengar-dengaranpada kehendak Tuhan sampai daging tidak bersuara lagi, kemudian setia berkobar-kobardalam ibadah pelayanan.
    Kalau sudah bisa taat dan setia kepada Tuhan, akan bisa taat dan setia dalam segala hal.

    Matius 7: 21
    7:21.Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Kuyang di sorga.

    Kalau taat dan setia, maka pintu sorga akan terbuka.
    Artinya: kita merasakan kebahagiaan sorga. Hidup di dunia yang penuh penderitaan tetapi bahagia seperti di sorga.

    Taat dan setia adalah rahasia kebahagiaan di dalam dunia yang sudah terkutuk.

    Kalau pintu sorga terbuka, pintu di dunia juga akan terbuka. Ketaatan adalah permulaan keberhasilan hidup di dunia. Kalau tidak taat, hanya kelihatannya berhasil padahal tidak berhasil.
    Kalau taat dan setia, akan benar-benar berhasil dan bahagia.

  2. Roma 8: 11
    8:11.Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka Ia, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu.

    Yang kedua: Roh Kudus sanggup membangkitkan apa yang sudah mati.
    Artinya: Roh Kudus sanggup untuk memelihara kehidupan kita secara jasmani di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa di bumi.

    Secara rohani, hati yang tidak tulus bahkan perbuatan dan perkataannya dosa akan dibangkitkan menjadi hidup benar dan suciuntuk dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
    Biar Roh Kudus menjamah kita.

    Roh Kudus sanggup menyelesaikan semua masalah yang mustahil.

    Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita bersorak: Haleluya. Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yerusalem baru selamanya.

Apa kandungan hati kita? Kandungan yang baik tetapi tidak pernah dilakukan? Atau kandungan yang jahat? Lepaskan! Biarlah kita mengandung Roh Kudus. Roh Kudus benar-benar membuat kita berkenan pada Tuhan. Kita hidup benar dan suci, dipelihara oleh Tuhan, sampai pada kesempurnaan.
Biar tangan Tuhan bekerja dalam hidup kita. Biar Roh Kudus menjamah hidup kita.
Jangan salahkan orang lain tetapi koreksi diri!
Biar Roh Kudus yang menolong kita semua.

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Surabaya, 20 Agustus 2023 (Minggu Siang)
    ... tentara-Nya. 'binatang' Antikris. 'tentara-Nya' pelayan Tuhan yang sudah sempurna. Yang kedua orang-orang di luar Yesus atau imam-imam yang dikuasai oleh Antikris bahkan nanti menyembah Antikris sehingga dicap --tubuh jiwa dan rohnya daging. Ia tidak mengalami keubahan hidup tetapi tetap manusia daging yang hidupnya seperti binatang buas--tidak punya pikiran dan perasaan-- diterangkan pada Ibadah ...
  • Ibadah Doa Surabaya, 29 Oktober 2008 (Rabu Sore)
    ... melihat kilat Keluaran - berkemah di depan gunung. 'gunung' soal penyembahan. Jadi artinya berkemah didepan gunung disini adalah rindu untuk selalu menyembah Tuhan. 'gunung' juga tempat Musa menerima loh batu rindu untuk menerima dan mendengar sampai melakukan Firman. kalau sudah rindu menyembah dan menerima Firman hasilnya Keluaran - adalah kita ...
  • Ibadah Raya Malang, 27 Juni 2010 (Minggu Pagi)
    ... kebinasaan. Praktek sehari-hari gadis bodoh adalah mencemoohkan korban tebusan menghina korban Kristus. Amsal . Orang bodoh mencemoohkan korban tebusan tetapi orang jujur saling menunjukkan kebaikan. Dalam Perjanjian Lama korban tebusan ini berupa binatang. Tetapi dalam Perjanjian Baru korban tebusan ini sudah digenapkan oleh korban Kristus. Ibrani - Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 21 Oktober 2018 (Minggu Siang)
    ... yang disebut dengan firman pengajaran yang benar. Firman Allah yang mengungkapkan tentang segala sesuatu yang akan terjadi terutama tentang penghukuman yang akan melanda dunia--tiga kali tujuh penghukuman kiamat dan neraka-- dan tentang kedatangan Yesus kedua kali dalam kemuliaan sebagai Raja dan Mempelai Pria Sorga di awan-awan yang permai. Ini yang ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 24 Juli 2016 (Minggu Sore)
    ... tidak akan terjadi lagi-- sampai dipancung kepalanya. Ini sama dengan mati syahid mati syahid yang terakhir terjadi pada zaman antikris. Mati syahid mati karena TUHAN. Dari dulu sudah banyak orang yang mati syahid mulai dari Habel yang mati karena TUHAN--dia mempersembahkan korban yang berkenan pada TUHAN lalu Kain iri dan Habel dibunuh-- terjadi ...
  • Ibadah Doa Malang, 04 Oktober 2016 (Selasa Sore)
    ... seperti muka manusia menunjuk tabiat Yesus sebagai Manusia yang sengsara sampai mati di kayu salib. Muka seperti burung nasar menunjuk tabiat Yesus sebagai Anak Allah yang mulia. Jika dihubungkan maka terbentuk salib. Anak Allah Raja ---------- Hamba ManusiaJadi empat makhluk adalah empat pribadi manusia yang sudah mengalami salib sehingga bisa hidup ...
  • Ibadah Raya Malang, 24 Mei 2020 (Minggu Pagi)
    ... lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum. 'mengecap firman yang baik' gereja Tuhan hamba Tuhan pelayan Tuhan di akhir zaman yang sudah pernah menerima firman pengajaran yang benar dan urapan Roh Kudus bahkan dipakai Tuhan tetapi bisa murtad lagi. Ini sama dengan menyalibkan Yesus kedua kali sama ...
  • Ibadah Kaum Muda Malang, 09 Mei 2009 (Sabtu Sore)
    ... bertahan menghadapi pembunuhan dan kebencian di dunia. Praktek mengasihi Tuhan Mazmur membenci kejahatan membenci dosa. Amsal - kalau mengasihi Tuhan maka kita harus membenci dosa terutama dosa mata sombong lidah bercabang bersilat kata perbuatan dosa hati jahat dan najis perjalanan hidup yang jahat saksi dusta bertengkar. Kalau dosa ini disingkirkan kita akan ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 06 Maret 2021 (Sabtu Sore)
    ... kejahatan. Raja-raja - . berpikirlah Gehazi bujang Elisa abdi Allah Sesungguhnya tuanku terlalu menyegani Naaman orang Aram ini dengan tidak menerima persembahan yang dibawanya. Demi TUHAN yang hidup sesungguhnya aku akan berlari mengejar dia dan akan menerima sesuatu dari padanya. . Baru saja Gehazi masuk dan tampil ke depan tuannya ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Surabaya, 04 Juli 2016 (Senin Sore)
    ... Allah. Ayat harus sampai ke Yerikho. Ayat dan harus menyeberangi sungai Yordan. Setelah itu baru terangkat ke sorga ayat . Inilah proses Elia naik ke sorga. Kita sudah pelajari tahap pertama yaitu harus sampai ke Gilgal. Di sini terjadi penyunatan untuk menghapuskan cacat cela. Sekarang menunjuk pada baptisan air dan ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.