Simpang Borobudur no 27 Malang
0341-496949
Salam sejahtera dalam kasih sayang Tuhan kita Yesus Kristus.

Lukas 21: 5-32 menunjuk pada tujuh nubuat.
Nubuat adalah sesuatu yang belum terjadi tetapi pasti akan terjadi:

  1. Lukas 21: 5-6= nubuat tentang Bait Allah di Yerusalem (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 27 Mei 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 10 Juni 2023).

  2. Lukas 21: 7-8= nubuat tentang penyesat-penyesat (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 17 Juni 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 01 Juli 2023).

  3. Lukas 21: 9-10= nubuat tentang bangsa-bangsa (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 08 Juli 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 22 Juli 2023).

  4. Lukas 21: 11= nubuat tentang malapetaka di dunia (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 29 Juli 2023sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 19 Agustus 2023).

  5. Lukas 21: 12-19= nubuat tentang apa yang akan terjadi terhadap orang-orang kristen (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 26 Agustus 2023) sampai Ibadah Kaum Muda Remaja, 30 September 2023).

  6. Lukas 21: 20-24= nubuat tentang apa yang akan terjadi dengan orang-orang Yahudi/Israel (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 07 Oktober 2023).

  7. Lukas 21: 25-32= nubuat tentang kedatangan Yesus kedua kali.

AD. 6
Lukas 21: 20
21:20."Apabila kamu melihatYerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.

Nubuat tentang orang Yahudi/bangsa Israel adalah satu waktu Yerusalem akan dikepung oleh tentara-tentara dari berbagai negara, sampai mengalami keruntuhan, sehingga seluruh bangsa Israel bisa mengakui dan menerima Yesus sebagai Mesias--sampai hari ini banyak yang menolak Yesus.

Sesudah itu Antikris berkuasa di bumi selama tiga setengah tahun.
Lukas 21: 21-22
21:21.Pada waktu itu orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan, dan orang-orang yang berada di dalam kota harus mengungsi, dan orang-orang yang berada di pedusunan jangan masuk lagi ke dalam kota,
21:22.sebab itulah masa pembalasan di mana akan genap semua yang ada tertulis.

Tindakan menghadapi Antikris: 'orang-orang yang berada di Yudea harus melarikan diri ke pegunungan'= kita harus naik ke gunung, artinya meningkatkan kerohanian kita; sama dengan memantapkan dan meningkatkan keselamatan sampai pada kesempurnaan(diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 21 Oktober 2023).

Hosea 1: 7
1:7.Tetapi Aku akan menyayangi kaum Yehuda dan menyelamatkan merekademi TUHAN, Allah mereka. Aku akan menyelamatkan mereka bukan dengan panah atau pedang, dengan alat perang atau dengan kuda dan orang-orang berkuda."

Orang Yehuda gambaran dari orang yang sudah selamat.
Tadi, orang Yehuda harus lari ke pegunungan= orang yang sudah selamat harus lari ke pegunungan.

Mengapa harus lari ke pegunungan?

  1. Yosua 20: 7-9
    20:7.Lalu orang Israel mengkhususkan sebagai kota perlindungan: Kedesh di Galilea, di pegununganNaftali dan Sikhem, di pegununganEfraim, dan Kiryat-Arba, itulah Hebron, di pegununganYehuda.
    20:8.Dan di seberang sungai Yordan, di sebelah timur Yerikho, mereka menentukan Bezer, di padang gurun, di dataran tinggi, dari suku Ruben; dan Ramot di Gilead dari suku Gad, dan Golan di Basan dari suku Manasye.
    20:9.Itulah kota-kota yang ditetapkan bagi semua orang Israel dan bagi pendatang-pendatang yang ada di tengah-tengah mereka, supaya setiap orang yang membunuh seseorang dengan tidak sengaja dapat melarikan diri ke sana dan jangan mati dibunuh oleh tangan penuntut tebusan darah, sebelum ia dihadapkan kepada rapat jemaah.

    Yang pertama: di pegunungan ada kota perlindungan--kota pengungsian/penyingkiran--, sehingga tidak bisa dijamah dan dilihat oleh Antikris (diterangkan pada Ibadah Kaum Muda Remaja, 21 Oktober 2023).

  2. Wahyu 21: 9-10
    21:9.Maka datanglah seorang dari ketujuh malaikat yang memegang ketujuh cawan, yang penuh dengan ketujuh malapetaka terakhir itu, lalu ia berkata kepadaku, katanya: "Marilah ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu pengantin perempuan, mempelai Anak Domba."
    21:10.Lalu, di dalam roh ia membawa aku ke atas sebuah gunung yang besar lagi tinggidan ia menunjukkan kepadaku kota yang kudus itu, Yerusalem, turun dari sorga, dari Allah.

    Yang kedua: di atas gunung ada kota Yerusalem baru.

    Setelah selamat kita harus meningkat sampai pada kesempurnaan, yaitu masuk Yerusalem baru, kota di atas gunung.

    Waktu membangun rumah Allah, zaman nabi Hagai juga naik ke gunung.
    Hagai 1: 8
    1:8.Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ, firman TUHAN.

    Sekarang, naik ke gunung menunjuk pada pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.
    Pembangunan tubuh Kristus dimulai dari nikah, penggembalaan, antar penggembalaan, sampai Israel dan kafir menjadi satu tubuh Kristus yang sempurna; mempelai wanita sorga yang siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai.
    Kita masuk perjamuan kawin Anak Domba, kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang), dan Yerusalem baru selamanya.

    Siapayang boleh melayani pembangunan tubuh Kristus yang sempurna? Imam dan raja; pelayan Tuhan; sama dengan batu hidup.
    1 Petrus 2: 5
    2:5.Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidupuntuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

    Bangsa kafir adalah batu yang keras tetapi bisa jadi batu hidup, artinya ditebus dan diselamatkan oleh darah Yesus. Setelah itu disucikan oleh firman pengajaran yang benar, sehingga bisa diperlengkapi dengan jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus.

    Jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus= jubah indah untuk dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna.

    Kalau tidak dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, pasti akan dipakai Babel yang sempurna dalam kejahatan dan kenajisan untuk dibinasakan.

    Batu hidup artinya hidup dari kemurahan Tuhan.
    Kalau kita dipakai dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna, kita akan hidup dari kemurahan Tuhan, sehingga di mana saja, kapan saja, dan situasi apa saja kita bisa hidup; hidup kita menjadi indah sampai hidup kekal.

    Hagai 2: 7-8, 22-23
    2:7.Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat;
    2:8.Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam.
    2:22."Katakanlah kepada Zerubabel, bupati Yehuda, begini: Aku akan menggoncangkan langit dan bumi
    2:23.dan akan menunggangbalikkan takhta raja-raja; Aku akan memunahkan kekuasaan kerajaan bangsa-bangsa dan akan menjungkirbalikkan kereta dan pengendaranya; kuda dan pengendaranya akan mati rebah, masing-masing oleh pedang temannya.

    Situasidalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna: menghadapi kegoncangan-kegoncangan/krisis di dunia.

    Ada tiga macam krisis/kegoncangan di dunia:

    • Kegoncangan di langit oleh Setan--naga merah padam--dengan:

      1. Roh durhakayang membuat krisis dalam nikah dan buah nikah, sehingga nikah hancur lebur.

        Contoh: suami tidak mengasihi istri, istri tidak tunduk pada suami, anak tidak taat pada orang tua.

      2. Roh najisyang memicu dosa-dosa dan puncaknya dosa, yaitu dosa makan minum (merokok, mabuk, narkoba), dan kawin mengawinkan (percabulan antara laki-laki dan perempuan yang bukan suami isteri sah, tontonan yang tidak baik, nikah yang salah: kawin lari, kawin campur, kawin cerai, dan kawin mengawinkan), sehingga dipakai Babel.

    • Kegoncangan di darat oleh nabi palsudengan ajaran-ajaran palsu, kesukaan daging yang menimbulkan krisis dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan; sama dengan menolak firman pengajaran yang benar.
      Akibatnya: tidak mengalami keubahan hidup tetapi tetap manusia darah daging dengan sifat tabiat daging yang akan dibinasakan selamanya.

    • Kegoncangan di laut oleh Antikrisdengan kekuatan Mamon, yang menimbulkan krisis ekonomi.

    Dalam keadaan krisis inilah Tuhan mau memakai kita.

    Mengapa dalam keadaan krisis terjadi pembangunan tubuh Kristus?Supaya kita tidak berharap pada sesuatu di dunia, tetapi hanya berharap sepenuh pada Tuhan, yang mampu menciptakan dari tidak ada menjadi ada--Jehovah Jireh.

    Dulu, Abraham bertemu dengan Jehovah Jireh saat ia hendak mempersembahkan Ishak. Dan di sana dibangun Bait Allah Salomo.
    Sekarang, dalam pembangunan tubuh Kristus yang sempurna kita hanya berharap pada Yesus. Kita hanya melaksanakan, selebihnya adalah tanggung jawab Tuhan. Dia yang menciptakan dari tidak ada menjadi ada.

    Sikapdalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna:

    • Hagai 1: 14
      1:14.TUHAN menggerakkan semangatZerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan semangat Yosua bin Yozadak, imam besar, dan semangat selebihnya dari bangsa itu, maka datanglah mereka, lalu melakukan pekerjaan pembangunan rumah TUHAN semesta alam, Allah mereka,

      Yang pertama: kita harus semangatdalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna sesuai dengan jabatan masing-masing.

      Lukas 24: 32
      24:32.Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Sucikepada kita?"

      Semangat sama dengan setia berkobar-kobar oleh dorongan firman pengajaran yang benar.

      Yesaya 50: 4
      50:4.Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat barukepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengarseperti seorang murid.

      Dengar firman! Itu yang memberikan kita semangat baru.

      Setelah kita setia berkobar-kobar, kita juga bisa memberikan semangat kepada yang lain; bersaksi kepada yang lain untuk semangat dalam mendengar firman pengajaran yang benar dan beribadah melayani Tuhan.

    • Hagai 2: 4-5
      2:4.Masih adakah di antara kamu yang telah melihat Rumah ini dalam kemegahannya semula? Dan bagaimanakah kamu lihat keadaannya sekarang? Bukankah keadaannya di matamu seperti tidak ada artinya?
      2:5. Tetapi sekarang, kuatkanlah hatimu, hai Zerubabel, demikianlah firman TUHAN;
      kuatkanlah hatimu, hai Yosua bin Yozadak, imam besar; kuatkanlah hatimu, hai segala rakyat negeri, demikianlah firman TUHAN; bekerjalah, sebab Aku ini menyertai kamu, demikianlah firman TUHAN semesta alam,

      Yang kedua: kuat teguh hatioleh dorongan Roh Kudus, sehingga tidak kecewa, putus asa, dan tinggalkan Tuhan menghadapi apa saja, tetapi hanya mengucap syukur pada Tuhan.

    Kalau melayani Tuhan dengan semangat dan kuat teguh hati, akan ada upah menanti, yaitu kemuliaan Tuhan.
    2 Tawarikh 15: 7
    15:7.Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!"

    Hagai 1: 8
    1:8.Jadi naiklah ke gunung, bawalah kayu dan bangunlah Rumah itu; maka Aku akan berkenan kepadanya dan akan menyatakan kemuliaan-Ku di situ, firman TUHAN.

    Roh Kemuliaan dicurahkan atas hidup kita.

    Kegunaan Roh kemuliaan:

    • Roma 8: 15
      8:15.Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

      Yang pertama: Roh kemuliaan sanggup mengubahkan kitadari manusia daging menjadi manusia rohani seperti Yesus, mulai dari jujur dan taat
      Kita menjadi rumah doa. Ini adalah bukti kalau ada Roh kemuliaan.

    • Mujizat jasmani terjadi.
      Keluaran 14: 16, 18, 21-22
      14:16.Dan engkau, angkatlah tongkatmudan ulurkanlah tanganmu ke atas laut dan belahlah airnya, sehingga orang Israel akan berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering.
      14:18.Maka orang Mesir akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, apabila Aku memperlihatkan kemuliaan-Kuterhadap Firaun, keretanya dan orangnya yang berkuda."
      14:21.Lalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timuryang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu.
      14:22.Demikianlah orang Israel berjalan dari tengah-tengah laut di tempat kering; sedang di kiri dan di kanan mereka air itu sebagai tembokbagi mereka.

      Saat itu bangsa Israel sudah tidak ada jalan keluar. Tetapi Musa mendengar firman.
      Sebenarnya, saat-saat mendengar firman adalah saat yang paling indah, karena Tuhan sedang berkarya dalam hidup kita sesuai dengan kehendak-Nya.

      Kalau setia berkobar dan kuat teguh hati dalam ibadah pelayanan kepada Tuhan, maka akan ada kemuliaan Tuhan. Jangan takut!

      'angin timur'= Roh kemuliaan.
      Jujur dan taat= mengulurkan tangan kepada Tuhan, dan Roh kemuliaan akan mengadakan mujizat jasmani.

      Laut Kolsom terbelah artinya semua masalah yang mustahil diselesaikan.
      Roh Kudus sanggup menjadi tembok, artinya memelihara dan melindungi kita di tengah kesulitan dunia sampai Antikris berkuasa di bumi selama tiga setengah tahun.

      Roh Kudus juga menjadi tembok rohani untuk memelihara dan melindungi kita di tengah dosa dan puncaknya dosa, ancaman, dan aniaya, sehingga kita tetap damai sejahtera. Semua enak dan ringan.

      Yohanes 11: 39-40
      11:39.Kata Yesus: "Angkat batu itu!" Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: "Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati."
      11:40.Jawab Yesus: "Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?"

      Jujur dan taat, maka Roh kemuliaan sanggup menjadikan yang busuk jadi harum.
      Malam ini, kembali pada ketaatan, maka Roh kemuliaan akan membuat kita harum. Ada masa depan berhasil dan indah.

      Jika Yesus datang kembali kita akan diubahkan menjadi sempurna seperti Dia untuk layak menyambut kedatangan-Nya kembali kedua kali di awan-awan yang permai. Kita bersorak: Haleluya. Kita masuk kerajaan Seribu Tahun Damai (Firdaus yang akan datang) dan Yerusalem baru selamanya.

Kita sedang menghadapi akhir zaman, seperti Israel menghadapi keruntuhan. Kita harus benar-benar naik ke gunung. Kita melayani pembangunan tubuh Kristus yang sempurna dengan setia berkobar dan kuat teguh hati. Ada kemuliaan Tuhan bekerja dalam hidup kita.
Biar Roh kemuliaan berkarya dalam hidup kita. Serahkan semua kepada Tuhan!

Tuhan memberkati.

Versi Cetak

Transkrip
  • Ibadah Raya Malang, 27 September 2015 (Minggu Pagi)
    ... dengan setia dan benar setia dan berkobar-kobar dalam jabatan pelayanan yang Tuhan berikan sampai garis akhir yaitu sampai meninggal dunia atau sampai Yesus datang kedua kali. Tahan uji selalu mengucap syukur dan taat dengar-dengaran kepada Tuhan menghadapi apa pun juga. Yakobus Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan sebab apabila ia ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 09 Maret 2017 (Kamis Sore)
    ... firman Allah. Wahyu Berbahagialah ia yang membacakan dan mereka yang mendengarkan kata-kata nubuat ini dan yang menuruti apa yang ada tertulis di dalamnya sebab waktunya sudah dekat. Wahyu Sesungguhnya Aku datang segera. Berbahagialah orang yang menuruti perkataan-perkataan nubuat kitab ini Oleh sebab itu kita harus menggunakan waktu yang singkat untuk Membaca Alkitab ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 15 September 2022 (Kamis Sore)
    ... yang akan membawa kita pada kebenaran dan kesucian. Kita pasti hidup terpelihara dalam menghadapi keadaan apapun menghadapi siapapun termasuk antikris yang akan berkuasa sepenuhnya di bumi selama tahun. Kita tidak akan menyembah antikris. Kita tetap menyembah Tuhan. Jadi pada akhir zaman ini saat kita menghadapi kesulitan adalah saat paling tepat untuk ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 18 Mei 2024 (Sabtu Sore)
    ... delapan dosa yang menenggelamkan kita dalam lautan api dan belerang. Bagaimana bisa terlepas dari ikatan dosa Lewat makan firman pengajaran yang benar dan perjamuan suci. Kehidupan yang mengalami kelepasan dari delapan dosa adalah seperti Nuh sekeluarga--delapan orang--yang masuk ke dalam bahtera Nuh. Sekarang adalah baptisan air. Petrus - . yaitu kepada roh-roh mereka ...
  • Ibadah Raya Surabaya, 27 Oktober 2019 (Minggu Siang)
    ... dan tekun. Sidang jemaat yang beredar-edar adalah sidang jemaat yang tidak bisa makan firman penggembalaan di kandang penggembalaan tidak tekun dalam tiga macam ibadah pokok. Inilah kekuatan dari singa Iblis. Dia beredar-edar supaya gembala dan sidang jemaat juga beredar-edar--tidak berada di dalam kandang-- karena kalau ada di kandang dia sulit untuk menerkam. ...
  • Ibadah Kunjungan Batam V, 30 Agustus 2013 (Jumat Sore)
    ... oleh Tuhan. Tandanya Masuk Pintu Gerbang Tabernakel yaitu percaya dan iman kepada Yesus sebagai satu-satunya Juru Selamat. Bertobat berhenti berbuat dosa dan kembali kepada Tuhan. Dalam Tabernakel ini ditunjukkan oleh alat Mezbah Korban Bakaran. Lahir baru dari air dan roh yaitu baptisan air Kolam Pembasuhan dan baptisan Roh Kudus Pintu Kemah . ...
  • Ibadah Kaum Muda Remaja Malang, 06 Juli 2013 (Sabtu Sore)
    ... Mertua Petrus menunjuk pada orang yang mempersiapkan mempelai wanita bagi mempelai pria. Bagi kita sekarang ini menunjuk pada orang yang sudah lama berada dalam firman pengajaran kabar mempelai yang sayangnya mengalami sakit demam keras. Demam artinya tidak dingin tidak panas tidak setia tidak berkobar-kobar dalam ibadah pelayanan. Akibat demam Kulit menjadi hitamAyub ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 15 Februari 2017 (Rabu Malam)
    ... Kita harus hati-hati dan tetap berjaga. Nabi palsu--binatang buas di darat--dengan kekuatan roh dusta yaitu ajaran-ajaran palsu suara asing gosip-gosip yang tidak benar yang membuat kita gugur dari iman pengajaran yang benar. Justru yang benar yang dilepaskan. Sebab itu jangan sampai dengar suara asing Kalau kita mendengar suara asing kita akan ...
  • Ibadah Doa Malam Surabaya, 22 Februari 2019 (Jumat Malam)
    ... kepadanya dalam mimpi dan berkata Yusuf anak Daud janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. . Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka. 'sebab anak yang di ...
  • Ibadah Pendalaman Alkitab Malang, 18 April 2024 (Kamis Sore)
    ... yang disembah oleh jemaat. Zakharia - Mintalah hujan dari pada TUHAN pada akhir musim semi TUHANlah yang membuat awan-awan pembawa hujan deras dan hujan lebat akan diberikan-Nya kepada mereka dan tumbuh-tumbuhan di padang kepada setiap orang. Sebab apa yang dikatakan oleh terafim adalah jahat dan yang dilihat oleh juru-juru tenung adalah ...

Siaran Langsung

Live Streaming GPTKK

Rekaman

Ikuti rekaman ibadah kami

Transkrip

Ringkasarn Firman Tuhan

Kesaksian

Pengalaman hidup bersama Firman Tuhan

Untuk Koneksi Lambat, silakan buka https://id.gptkk.org

Silakan kontak ke info@gptkk.org apabila bapak/ibu/sdr/sdri ada pertanyaan atau ingin berlangganan majalah Manna, dan silakan kirim email ke widjaja_h@yahoo.com apabila ingin konsultasi pribadi dengan bapak gembala.